Hati-Hati dengan 5 Diet Paling Esktrim Ini!

04 Sep 2020 • Tips Kesehatan

Saat merencanakan diet untuk menurunkan berat badan, sangat penting untuk mengetahui efek yang diberikan terhadap kesehatan tubuh kita.

Beberapa diet memberikan konsekuensi kesehatan yang serius jika dilakukan dalam jangka panjang, menurut penjelasan oleh ahli diet. Berikut ini merupakan 5 diet yang paling esktrem bagi kesehatan:

Diet jus

Seperti namanya, diet jus hanya mengkonsumsi jus buah dan sayuran segar, biasanya dilakukan minimal tiga hari. Beberapa jus yang disarankan adalah jus timun, jus wortel, jus delima, jus semangka, dan jus jeruk.

Diet jus ini tidak seimbang secara nutrisi. Dengan hanya makan buah dan sayuran, energi dari karbohidrat, protein, lemak esensial, dan mineral seperti kalsium, akan hilang. 

Berat badan yang turun karena diet jus sebagian besar merupakan air dan otot, bukan lemak, sehingga berat badan akan naik dengan cepat segera setelah makan kembali normal.

Diet jus dalam jangka waktu panjang juga dapat menyebabkan anemia dan kekurangan kalsium bagi tulang. Jus juga berbahaya bagi penderita diabetes karena jus buah dalam jumlah besar dapat mempengaruhi gula darah dan kadar HbA1c.

Efek samping lain yang mungkin terjadi, antara lain kelelahan, diare, sakit kepala, sembelit dan bau mulut.

Diet paleo mentah

Diet paleo merupakan replikasi dari diet yang dahulu dilakukan oleh nenek moyang kita pada zaman paleolitikum. Diet paleo umumnya membatasi kacang-kacangan, karbohidrat bertepung, sayuran bertepung, dan produk susu.

Ada banyak versi berbeda diet paleo, tetapi salah satu versi yang paling ekstrem adalah "paleo mentah" di mana hanya diperbolehkan untuk memakan makanan mentah. Mengonsumsi daging mentah memiliki risiko lebih tinggi untuk keracunan makanan.

Diet bebas gula

Terdapat banyak versi dari diet ini, mulai dari yang menghindari gula dan karbohidrat saja, hingga yang menghindari gula alami dalam buah-buahan dan juga produk susu.

Sekalipun dianjurkan untuk mengurangi jumlah gula dalam makanan dan mengurangi asupan makanan dan minuman bergula, menghilangkan semua gula dan karbohidrat dari makanan tidak realistis dan tidak sehat.

Menghindari karbohidrat bertepung dapat mengurangi risiko anemia dan sembelit, serta kelelahan dan rendah energi.

Membatasi konsumsi produk susu tanpa menggantinya dengan alternatif yang diperkaya kalsium dapat membuat tulang berisiko terkena osteoporosis.

Diet makanan tunggal

Diet yang sangat ketat ini hanya mengonsumsi satu jenis makanan. Misalnya jeruk atau sup kol saja. Penurunan berat badan karena diet ini sebagian besar merupakan air dan otot, bukan lemak.

Jika diikuti dalam jangka panjang, masalah kesehatan serius dapat terjadi, seperti anemia dan osteoporosis. Efek samping yang umum biasanya seperti rendah energi, kelelahan, lekas marah dan bau mulut. 

Diet kombinasi makanan

Dasar teori di balik diet kombinasi makanan berkaitan dengan keasaman makanan tertentu, dan kemampuan tubuh untuk mencerna kombinasi makanan tertentu.

Tidak ada bukti bahwa diet ini meningkatkan pencernaan atau merangsang penurunan berat badan. Oleh karena sulitnya mengikuti jenis diet ini dan kurangnya bukti yang mendukung, diet kombinasi makanan tidak direkomendasikan.

Referensi:

  1. British Heart Foundation. 5 of the most extreme diets (and what they could do to your body) [Internet]. Date unknown [cited 2020 Jul 25]. Available from: https://www.bhf.org.uk/informationsupport/heart-matters-magazine/nutrition/weight/diets/extreme-diets
  2. Harris, S. Juice diet plan: the best juices to help burn belly fat in 2 weeks and keep it off [Internet]. 2020 Jun 23 [cited 2020 Jul 25]. Available from: https://www.express.co.uk/life-style/diets/1299604/juice-detox-diet-plan-weight-loss-best-juices-burn-belly-fat