Bantuan
Free Tele x

Harus Diwaspadai! Inilah Beberapa Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Nov 2021

Bagikan

5 Penyebab Buang Air Besar Berdarah, Apa Saja?

Kenapa BAB berdarah? Terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab buang air besar berdarah. Buang air besar yang berdarah akan menyebabkan kepanikan, ini tentu wajar saja karena kondisi ini dapat menjadi sebuah tanda terjadinya gangguan di saluran pencernaan Anda. Beberapa kasus dimana terjadinya buang air besar yang keluar dengan warna merah segar, bisa menjadi tanda perdarahan usus besar di bagian rektum atau bawah. Sementara itu, darah berwarna yang lebih gelap bisa menjadi sebuah tanda, adanya perdarahan di bagian usus kecil. Juga atau pada usus besar bagian atas, sedangkan darah yang lebih gelap sering kali dihubungkan dengan perdarahan ada lambung atau organ yang lainnya pada sistem pencernaan.

Penyebab buang air besar berdarah

Dokter yang mana telah mempertimbangkan berbagai penyebab buang air besar berdarah, berdasarkan riwayat kesehatan pasien, tes diagnostik, pemeriksaan fisik, dan lainnya. Di bawah ini adalah penyebab yang mungkin menjadi faktor terjadinya buang air besar berdarah:

  1. Perdarahan pada saluran pencernaan bagian atas

Diketahui bahwa terjadinya perdarahan di bagian atas saluran pencernaan, dapat menjadi penyebab buang air besar berdarah. Perdarahan pada struktur anatomi proksimal ke ligamen menjadi yang sering terjadi di saluran pencernaan di bagian atas. Ligamen tersebut adalah Treitz, yang mana masih jadi bagian usus dua belas jari. Dokter perlu melakukan endoskopi, guna memastikan Anda mengalami perdarahan saluran pencernaan atas. Sebelum melakukan endoskopi, dokter akan melakukan tes pemeriksaan fisik dengan menyeluruh. Tak hanya itu, dokter juga akan melakukan tes penunjang yakni seperti rontgen serta pemeriksaan darah. 

  1. Fisura ani

Penyebab buang air besar berdarah selanjutnya adalah fisura ani, yang mana merupakan robekan pada dinding anus. Hal ini bisa menjadi penyebab buang air besar yang berdarah. Fisura ani bisa terjadi pada anak kecil dan bayi, bukan hanya pada orang dewasa saja. Lalu apa yang menyebabkan robekan terjadi? Ini karena terjadinya sembelit juga atau feses yang keras dan besar. Pelunakan feses dengan cara menggunakan krim seperti petroleum jelly, bisa bantu mengatasi nyeri dan rasa tidak nyaman. 

  1. Polip

Polip adalah tonjolan yang muncul di usus, kondisi ini bisa menjadi penyebab buang air besar berdarah. Polip memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah polip adenomatosa yang mana merupakan jenis yang umum terjadi. Jenis polip ini memengaruhi 25 persen orang dewasa berusia lebih dari 50 tahun. Polip perlu Anda waspadai karena banyaknya kasus kanker kolorektal yang berevolusi dari polip adenomatosa ini. Dengan adanya kemajuan pengobatan maka jenis polip ini bisa diangkat dengan cara pembedahan. Kemoterapi juga dapat dilakukan guna membatasi adanya potensi penyebaran. 

  1. Ambeien

Ambeien diketahui menjadi faktor yang cukup sering menjadi penyebab buang air besar berdarah. Ambeien terjadi saat pembuluh darah yang berada di sekitar anus, mengalami pembengkakan serta pecah. Hal ini nantinya akan menyebabkan perdarahan. Ada beberapa faktor risiko yang sering dihubungkan adalah seperti kehamilan, penuaan, mengejan, sembelit kronis, kegemukan, kurang serat, dan lainnya. Ambeien bisa dikenal dari adanya gejala lain seperti gatal, benjolan, nyeri, dan rasa tidak nyaman pada area anus. Ambeien dapat memberi respons yang baik terhadap krim yang dijual secara bebas di apotek, yang mana mengandung hidrokortison. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ambeien, yakni seperti mengonsumsi makanan berserat tinggi. Tak hanya itu, menggunakan pelunak feses juga bisa dilakukan, ini sangat berguna untuk meredakan ketidaknyamanan karena ambeien. 

  1. Kanker kolorektal

Kanker ini merupakan kanker yang tumbuh di kolon atau usus besar, atau bagian bawah usus besar yang mana terhubung dengan anus. Jumlah kematian karena kanker kolorektal diketahui sempat mengalami penurunan, ini karena adanya deteksi sejak dini dan juga pengobatan dini. Buang air besar dapat menjadi sebuah tanda awal adanya kanker kolorektal ini. 

Jangan anggap remeh jika Anda mengalami kondisi buang air besar berdarah, karena bisa menjadi sebuah tanda adanya masalah pada kesehatan tubuh Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Referensi:

Verywell Health

 

Medical News Today

Bagikan artikel ini