Bantuan

Hal Penting Mengenai Facial Wajah yang Penting untuk Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Oct 2021

Bagikan

Hal Penting Mengenai Facial Wajah yang Penting untuk Diketahui

Banyak orang yang mendambakan kulit cerah dan berseri, beralih ke facial wajah sebagai salah satu alternatif jenis perawatan kulit yang ada. Selain tergolong efektif, jenis perawatan ini sangat mudah ditemukan, mulai dari spa, salon, hingga pada klinik-klinik kecantikan. 

Meskipun jenis perawatan yang satu ini banyak dilakukan, pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai ketika menjalankannya. Dalam hal ini, facial wajah yang dilakukan harus dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih dan di bawah pengawasan dokter. 

Untuk lebih jelasnya lagi, mari simak penjelasan mengenai overview facial, siapa yang melakukan perawatan wajah hingga bagaimana perawatan kulit yang satu ini dilakukan. 

Apa Itu Facial?

Termasuk salah satu jenis perawatan yang banyak disukai dan umum dilakukan, facial merupakan salah satu metode perawatan kulit yang mampu mengatasi berbagai macam masalah di wajah. Mulai dari masalah jerawat dan komedo hingga permasalahan flek hitam, semuanya dapat ditangani oleh jenis perawatan kulit yang satu ini. 

Mengapa facial terbilang cukup efektif dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit? Hal ini karena tujuan dari prosedur facial itu sendiri yang bertujuan untuk membersihkan wajah Anda dari berbagai kotoran, minyak, debu hingga sel-sel kulit mati dan juga komedo. Kondisi wajah yang bersih inilah yang menjadikannya terhindar dari jerawat, kulit kusam, flek hitam, dan beragam permasalahan kulit lainnya. 

Prosedur wajah dilakukan dengan menjalankan tahapan cleansing, exfoliating, pemijatan hingga penguapan dan ekstraksi komedo. Setelah itu, proses facial akan ditutup dengan pemakaian masker yang telah disesuaikan dengan permasalahan atau kondisi kulit masing-masing orang.

Siapa yang Melakukan Perawatan Kulit Wajah?

Prosedur perawatan wajah sejatinya tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, hanya tenaga ahli di bawah pengawasan dokter saja yang dapat menjalankan prosedur perawatan kulit wajah ini. 

Dengan memercayakan prosedur facial pada tenaga profesional ini, Anda dapat meminimalkan dampak yang dapat ditimbulkan oleh facial wajah. Untuk itu, cobalah untuk memilih klinik kecantikan dan dokter tepercaya untuk menjalankan prosedur facial wajah. Dokter dalam hal ini dapat memberikan penanganan yang tepat apabila wajah Anda mengalami efek samping atau reaksi negatif.

Untuk peruntukannya sendiri, setiap orang sejatinya bisa melakukan perawatan kulit, apapun bentuknya. Untuk facial sendiri, mereka yang tengah memiliki kondisi kulit iritasi dan infeksi sangat tidak dianjurkan untuk menjalankannya. Mengapa demikian? Hal ini karena memaksakan perawatan kulit wajah berupa facial pada kondisi kulit terinfeksi atau teriritasi kemungkinan besar hanya akan semakin memperparah kondisi tersebut. 

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Setrika Wajah dan Efek Sampingnya?

Bagaimana Perawatan Kulit Wajah Dilakukan?

Terdapat beberapa tahapan yang akan dijalankan dalam prosedur perawatan kulit wajah. Beberapa tahapan facial ini tentunya memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri untuk kulit Anda.

  1. Cleansing

Tahap pertama sebelum prosedur perawatan kulit wajah dilakukan adalah cleansing. Dalam hal ini akan dilakukan pembersihan permukaan kulit secara mendalam dan menyeluruh.

  1. Penguapan

Setelah kulit dibersihkan, kemudian akan dilakukan prosedur penguapan dengn menggunakan alat penghasil uap khusus untuk wajah. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk membuka pori-pori agar kotoran menyumbat dapat dibersihkan dengan lebih mudah.

  1. Exfoliating

Selanjutnya akan dilakukan prosedur exfoliating yang bertujuan untuk mengangkat kulit mati dan juga kotoran yang menyumbat permukaan kulit Anda. Biasanya, tahapan exfoliating ini akan menggunakan produk berbentuk scrub sebagai physical exfoliating ataupun produk chemical exfoliating.

  1. Extraction

Apabila kulit telah dieskfoliasi, selanjutnya akan dijalankan tahapan extraction yang bertujuan untuk mengeluarkan komedo dengan alat khusus pencabut komedo. 

  1. Penggunaan masker

Setelah tahapan pencabutan komedo selesai, terapis biasanya akan memberikan masker wajah untuk Anda gunakan. Masker ini akan menyesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit Anda.

  1. Penggunaan toner

Tahapan terakhir dari perawatan wajah facial adalah pemberian toner ke kulit. Pemberian toner ini diharapkan dapat membuat wajah Anda lebih lembap. Sebagai tambahan, Anda juga akan disarankan untuk menggunakan moisturizer dan sunscreen.

Demikianlah penjelasan mengenai facial wajah dan beberapa informasi mengenainya yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda memutuskan untuk menjalani prosedur perawatan kulit wajah yang satu ini, pastikan Anda benar-benar memperhatikan kredibilitas dari klinik yang dipilih agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Wajib Tahu! 7 Manfaat Air Mawar untuk Kulit Wajah

 

Sumber:

Sharkey, Lauren. 2019. Which Facial Works Best for My Acne?. 

Meridian College. What are the Benefits of a Facial: A Cosmetologist’s Guide. 

Groupon. 2017. What is a Facial, and What Should You Expect?.

Tag :
Bagikan artikel ini