Bantuan
Free Tele x

Gunakan Obat Luka Tradisional Ini agar Cepat Sembuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Apr 2022

Bagikan

obat luka tradisional

Sudahkah Anda mengetahui apa saja obat luka tradisional yang bisa ditemukan dengan mudah? Tentunya tidak ada yang ingin mendapatkan luka pada dirinya. Akan tetapi, luka bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun tanpa diketahui. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja obat luka untuk menyembuhkan luka. 

Saat ini obat luka medis sudah banyak tersedia, namun tidak ada salahnya Anda juga mengetahui obat-obat tradisional yang digunakan untuk mengobati luka. Obat-obat ini bisa Anda gunakan jika, sewaktu-waktu tidak menemukan obat luka. Lantas apa saja obat-obat luka tradisional tersebut? 

Obat Luka Tradisional

Perlu diketahui, walaupun obat-obat luka ini sudah digunakan sejak zaman dahulu sebaiknya tidak menjadikannya sebagai obat utama. Hal ini karena, ditakutkan beberapa obat ini akan menimbulkan efek samping yang belum diketahui. Adapun obat luka tradisional yang bisa Anda gunakan yaitu sebagai berikut. 

  1. Madu

Obat luka tradisional yang pertama yaitu madu. Madu ini dapat mengobati luka karena memiliki kandungan antioksidan, antibakteri dan antiradang. Jika Anda ingin mengobati luka bakar, cukup oleskan madu dengan perlahan di area yang terdapatkan. Dengan begitu, madu akan merangsang penutupan luka bakar. Namun, untuk luka selain luka bakar hindari mengoleskannya saat luka masih terbuka. Anda bisa mengoleskan madu saat luka mulai mengering agar menyamarkan bekas luka. 

  1. Bawang putih

Tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga bisa digunakan untuk mengobati luka. Hal ini karena, bawang putih memiliki kandungan antibiotik dan antimikroba. Berkat kandungan tersebut, bawang putih mampu mengurangi rasa sakit, menghentikan pendarahan luka terbuka dan mempercepat penyembuhan. Cara menggunakannya yaitu dengan mengonsumsi ekstrak bawang putih atau mengoleskan langsung ke area yang luka. 

Baca juga: Diklaim Efektif, Bagaimana Cara Mengobati Cacing Kremi dengan Bawang Putih

  1. Lidah buaya

Sudah menjadi rahasia umum, lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kulit salah satunya yaitu mengobati luka. Hal ini karena lidah buaya memiliki kandungan antiradang dan sensasi sejuk yang akan mempercepat penyembuhan luka terbuka. Selain itu, lidah buaya memiliki fitokimia yang dapat meringankan rasa sakit. Anda juga bisa mengobati luka bakar dengan mengoleskan gel lidah buaya secara langsung.

Baca juga: Segudang Manfaat Lidah Buaya, Dari Kesehatan Hingga Kecantikan

  1. Kunyit

Tahukah Anda, ternyata rempah yang sering ditemukan di dapur ini bisa digunakan untuk mengobati luka. Bahkan, kunyit bisa menjadi antibiotik dan antiseptik alami untuk pengobatan. Selain itu, kandungan curcumin dalam kunyit dapat mempercepat penyembuhan luka dengan memodulasi kolagen. Tidak hanya itu, kunyit ini juga dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan. Cukup oleskan kunyit pada luka yang berdarah, maka pendarahan akan berhenti. 

Baca juga: Mengenal Manfaat Kunyit Putih dan Berbagai Efek Samping yang Ditimbulkannya

  1. Gandum

Apabila Anda mengalami luka bakar, maka cobalah menggunakan gandum. Hal ini karena, gandum memiliki sifat antiradang yang mempercepat penyembuhan luka. Tidak hanya itu, gandum juga akan melembapkan kulit yang terbakar serta memberikan efek yang dingin. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan gandum dengan air hingga memiliki tekstur seperti bubur. Setelah itu, oleskan campuran gandum dan air di area luka dan diamkan selama 20 menit. 

Baca juga: Beragam Jenis Gandum Terbaik untuk Kesehatan

  1. Air dingin

Walaupun hanya air, namun obat yang satu ini penting dilakukan agar luka tidak menjadi lebih parah. Saat Anda mendapatkan luka, sebaiknya segera bersihkan dengan air bersih yang mengalir untuk menghilangkan bakterinya. Terlebih lagi jika Anda mengalami luka bakar, maka air dingin ini merupakan pertolongan pertama yang perlu Anda lakukan. 

Baca juga: Manfaat Mandi Air Dingin yang Wajib Anda Ketahui

  1. Minyak kelapa

Obat luka tradisional yang bisa Anda gunakan terakhir yaitu minyak kelapa. Hal ini karena, minyak kelapa memiliki kandungan antibakteri dan antiradang sehingga mampu mencegah infeksi dan meringankan rasa sakit. Tidak hanya itu, minyak kelapa ini mampu mencegah terjadinya jaringan parut pada bekas luka. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak ke area yang terbuka. Jangan lupa untuk menutup area yang luka dengan kain yang bersih setelah dioleskan minyak. 

Baca juga: Apa Saja Manfaat Minyak Kelapa? Mari Ketahui Bersama

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai obat luka tradisional yang bisa Anda gunakan. Apabila luka yang Anda alami tidak kunjung membaik atau justru semakin parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Deretan Obat Tipes dari Medis Hingga Alami yang Bisa Anda Gunakan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cafasso, Jacquelyn. 2017. Home Remedies for Burns. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-burns#best-remedies

Fletcher, Jenna. 2022. Home remedies for burns: What to put on burns, and prevention. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319768#aloe-vera

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami