Bantuan

Gejalanya Sangat Mengganggu! Ini Pilihan Obat Nyeri Sendi Lutut di Apotek yang Bisa Dipilih

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Apr 2022

Bagikan

obat nyeri sendi lutut

Jika Anda mengalami nyeri sendi di bagian lutut, cobalah untuk mengonsumsi obat nyeri sendi lutut di apotek. Mengonsumsi obat-obatan dari apotek sedikit banyak bisa membantu mengurangi rasa nyeri di area lutut. Meski beberapa obat di apotek dibanderol dengan harga terjangkau, tapi jangan ragukan khasiatnya! 

Obat-obatan yang dijual di apotek memiliki kualitas bahan yang hampir sama dengan obat yang diresepkan dokter. Itu sebabnya, Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi obat dari apotek ketika sedang sakit. Selain harganya terjangkau, khasiat yang dihasilkan pun tak beda jauh dengan resep obat dokter. 

Jenis Obat Nyeri Sendi Lutut di Apotik yang Direkomendasi 

Seiring dengan bertambahnya umur, sendi-sendi dan tulang akan mengalami penurunan fungsi. Tak heran kalau Anda akan mengalami nyeri sendi atau tulang ketika memasuki usia lanjut. Meski umumnya dialami oleh kalangan orang tua, tidak menutup kemungkinan pula kalau anak muda mengalami masalah nyeri sendi semacam ini. 

Karena nyeri sendi lutut bisa dialami oleh siapapun, Anda sepatutnya waspada dengan gejala-gejala yang ditunjukkan. Untuk antisipasi, Anda boleh menyediakan beberapa obat untuk meredakan sensasi nyeri yang muncul di lutut Anda. Sebagai referensi, inilah beberapa jenis obat nyeri sendi lutut yang bisa Anda beli di apotek terdekat: 

1. Naproxen Sodium 

Rekomendasi obat nyeri sendi lutut di apotek yang bisa membantu mengurangi sensasi nyeri lutut adalah obat yang terbuat dari bahan Naproxen Sodium. Obat dengan bahan baku ini disinyalir bisa mengatasi sensasi sakit yang muncul akibat peradangan pada sendi. Jika rasa nyeri di lutut kambuh, konsumsi saja Naproxen Sodium untuk meredakan gejala nyerinya. 

Naproxen Sodium juga memiliki fungsi sebagai obat anti inflamasi. Obat ini akan bekerja mengurangi rasa nyeri sekaligus pembengkakan yang terjadi di lutut Anda. Mengonsumsi obat ini dalam jangka waktu yang ditentukan dokter akan membuat proses penyembuhan sendi lutut Anda menjadi lebih maksimal. Ikuti jadwal terapi dan konsumsi obat sesuai dengan yang ditulis dokter agar lebih terkontrol. 

Untuk mengukur efektivitas dari obat yang Anda konsumsi, lakukan saja pengecekan dengan cara melihat hasilnya. Beri batasan dalam jangka waktu tertentu untuk mengukur hasilnya. Bila gejala nyeri lutut yang Anda rasakan tak juga mereda, maka gantilah jenis obat yang Anda konsumsi ke jenis obat lainnya. 

2. Ibuprofen 

Jenis obat lain yang dipercaya manjur untuk mengobati rasa nyeri lutut adalah Ibuprofen. Sebelum mengonsumsi obat ini, cari tahu dulu penyebab sendi lutut Anda terasa nyeri. Jika penyebabnya karena peradangan, maka obat ini cocok untuk Anda konsumsi sebagai cara mengobati nyeri lutut. 

Namun, jika penyebabnya bukan karena radang atau inflamasi, maka cari saja jenis obat lain yang lebih sesuai. Meski kandungan Ibuprofen terbukti bisa menyembuhkan nyeri lutut, tapi Anda juga wajib mewaspadai efek sampingnya. Maka dari itu, penggunaan obat ini harus di bawah pengawasan dokter. 

Apabila Anda mengabaikan risiko efek sampingnya, maka kondisi kesehatan Anda yang akan terancam. Beberapa efek samping akan Anda alami bila mengonsumsi Ibuprofen tanpa resep atau pengawasan dokter. Efek yang bisa Anda rasakan diantaranya adalah stroke, pendarahan di lambung, hingga serangan jantung. 

3. Asetaminofen 

Ternyata, asetaminofen bisa menjadi salah satu obat nyeri sendi lutut di apotek paling manjur. Bagaimana tidak, asetaminofen terbukti bisa meringankan gejala nyeri akibat artritis ringan. 

Namun, konsumsi asetaminofen ini juga tidak boleh melebihi batas dosis yang ditentukan. Per harinya Anda cuma diperbolehkan mengonsumsi asetaminofen dengan dosis sekitar 3 ribu miligram saja. Kalau lebih dari dosis itu, organ hati Anda yang akan mengalami kerusakan. Itulah efek samping asetaminofen yang perlu Anda hindari sejak awal. 

Itulah rekomendasi obat nyeri sendi lutut di apotik yang bisa menjadi opsi untuk dibeli. Bila setelah mengonsumsi obat lutut Anda tidak menunjukkan tanda-tanda pemulihan, segera periksakan lutut Anda ke dokter ortopedi terdekat. Hanya dengan cara itulah Anda bisa meminimalisir rasa sakit yang terjadi di bagian sendi lutut Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Jangan Sampai Kekurangan! Inilah Vitamin untuk Tulang dan Sendi yang Baik Bagi Anda

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Yoffee, Lynn. 2009. Medication That Knocks Out Knee Pain. https://www.everydayhealth.com/pain-management/knee-pain/medications-for-joint-pain 

Gasnick, Kristen. 2021. Medications for Knee Pain. https://www.verywellhealth.com/knee-pain-medicine-50959095 

Mayo Clinic. 2021. Knee Pain: Diagnosis and Treatment. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/knee-pain/diagnosis-treatment/drc-20350855 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Ortopedi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang