Bagaimana fitur Online Booking membantu Faskes melayani Pasien

Ditinjau oleh Harianus Zebua • 23 May 2023

Bagikan

Fitur Online Booking Membantu Faskes Melayani Pasien

Fitur Online booking merupakan bagian dari fitur sistem informasi faskes yang dapat diakses pada perangkat digital dan dapat diakses kapan saja. Pada saat pandemi, permasalahan terbesar yang sering dialami oleh faskes adalah mengatur antrian pasien yang berduyun-duyun datang yang kemudian mengakibatkan penumpukan massa di ruang tunggu pasien. Hal ini menyebabkan meingkatnya resiko penularan silang dan menurunkan mutu kualitas pelayanan faskes. Padahal seharusnya mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas baik adalah hak dasar setiap warga negara yang harus dipenuhi oleh Pemerintah.

Jika hal ini tidak diatasi dengan segera, maka alih-alih mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, pasien malah akan tertunda untuk terlayani atau bahkan tertolak dari antrian dan harus pindah ke faskes lain untuk mendapatkan layanan Kesehatan. Sebuah rumah sakit yang berlokasi di Cirebon misalnya, di tengah-tengah puncak pandemi bahkan memiliki antrian pasien hampir mencapai 1.000 orang per harinya memaksa rumah sakit untuk mengeluarkan biaya ekstra untuk memberikan akomodasi antrian di area parker rumah sakit. Hal ini dapat dihindari jika Rumah sakit tersebut menggunakan fitur Online Booking yang dapat membantu pihak administrasi rumah sakit mengatur antrian pasien yang memadati area tunggu untuk mendapatkan layanan Kesehatan.

Lalu bagaimanakah fitur Online booking tersebut dapat membantu faskes dalam meningkatkan pelayanan? Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian, dan fungsi fitur Online booking yang perlu Anda ketahui selaku bagian dari manajemen faskes.

Apakah yang Dimaksud dengan Fitur Online Booking?

Fitur Online booking merupakan bagian dari fitur sistem informasi faskes yang dapat diakses pada perangkat digital (komputer kantor, laptop atau bahkan smartphone Anda) dan dapat diakses kapan saja. Dengan bantuan fitur ini Anda dapat mengatur lalu lintas antrian secara online. Pasien pun tidak perlu lagi datang hanya untuk registrasi, karena semuanya dapat dilakukan melalui sebuah website yang dapat diakses langsung oleh pasien melalui perangkat digital.

Bayangkan fitur ini layaknya mesin pencetak nomor antrian yang ada di rumah sakit. Hanya saja, alih-alih pasien harus datang untuk mendapatkan nomor antrian, mereka hanya perlu mengakses website dan registrasi untuk mendapatkan nomor antrian dengan mudah, tanpa harus mengunduh aplikasi apapun yang mungkin akan menyita memori smartphone pasien.

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian dari fitur Online booking faskes, maka selanjutnya Anda juga perlu mengetahui fungsi utama dari fitur Online booking agar dapat memutuskan, apakah keberadaaannya dibutuhkan atau tidak pada faskes Anda.

Beberapa Kelebihan Fitur Online Booking:

  • Mengurai penumpukan antrian pasien, pasien tidak perlu mengantri langsung di loket registrasi.

  • Membantu Tenaga Kesehatan mengatur jadwal, staf admin dapat mengatur antrian pasien sesuai dengan jadwal praktik dari tiap poli berdasarkan waktu pendaftaran bukan waktu kedatangan pasien.

  • Informasi yang lebih cepat, staf admin dapat memantau ketersediaan nakes dan jumlah antrian di hari tertentu yang dapat dipantu secara real time.

  • Fitur pembayaran non-tunai mempermudah pasien, dengan berbagai pilihan pembayaran non-tunai yang terintegrasi dengan sistem akan memberikan layanan kepada pasien yang terkendala melakukan pembayaran tunai.

Pilihan sulit: membuat fitur ini sendiri atau menggunakan layanan yang sudah ada?

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian dan fungsi dari fitur Online booking faskes, kemungkinan besar Anda juga berniat untuk menggunakan fitur tersebut. Pertanyaan berikutnya adalah “apa yang saya harus lakukan, apakah saya membuat fitur online booking sendiri atau menggunakan fitur antrian yang disediakan oleh penyedia sistem?” Jika pertanyaan tersebut terlintas, maka jawabannya tergantung dari kebutuhan Anda, khususnya dari jumlah pasien harian yang Anda terima.

Jika anda berkeputusan membuat fitur Online Booking sendiri, ada beberapa hal yang Anda dapatkan misalnya Anda akan mendapatkan akses langsung ke database pasien dengan cepat melalui server yang Anda miliki di lokasi faskes, dan Anda juga dapat mengatur siapa saja yang memiliki akses ke database tersebut sehingga keamanan database dapat Anda kendalikan. Namun membuat fitur Online Booking sendiri membutuhkan sumber daya yang berpengalaman dan modal yang tidak sedikit.

Sekiranya Anda memiliki sumber daya yang terbatas, maka sistem informasi manajemen faskes Hospita/Klinika by Aido Health dapat Anda pertimbangkan sebagai solusi. Fitur Online Booking dari Hospita/Klinika dapat membantu Anda untuk mengelola Online booking. Dengan kemampuan Full Customization, Hospita/Klinika mampu membantu Anda untuk membangun sistem informasi manajemen komprehensif mengatur antrian pasien yang datang ke faskes dalam volume besar. Selain itu sistem Hospita/Klinika bersifat web-based yang tidak memerlukan proses instalasi dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun menggunakan perangkat digital yang terhubung dengan sambungan internet.

Sistem Hospita/Klinika by Aido juga memiliki fitur lain seperti e-medical record system, telemedicine (dapat anda lakukan sendiri mengurangi ketergantungan terhadap platform telemedicine lain) dan juga sistem manajemen inventori farmasi berikut dengan fitur Pengantaran Obat yang memberikan kenyamanan bagi pasien yang tidak memiliki waktu banyak untuk mendapatkan obat. Menggunakan sistem Hospita/Klinika, faskes Anda dapat melayani pasien dengan lebih cepat, efisien dan meningkatkan potensi pendapatan faskes Anda.

AIDO HEALTH dapat membantu meningkatkan efisiensi fasilitas kesehatan Anda dengan penyediaan sistem informasi manajemen rumah sakit, klinik, laboratorium dan apotek Anda!

Bagikan artikel ini