Bantuan

Fakta Anxiety ring yang Diklaim Mampu Atasi Gejala Gangguan Kecemasan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Mar 2022

Bagikan

anxiety ring

Pernah Anda mendengar kata anxiety ring? Beberapa waktu lalu, anxiety ring sedang ramai menjadi perbincangan. Benda berupa cincin ini diklaim mampu mengatasi gangguan kecemasan atau anxiety disorder. Namun, apakah benar cincin ini mampu mengatasi gangguan kecemasan? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus penjelasan mengenai fakta dari anxiety ring di bawah ini. 

Gangguan Kecemasan

Sebelum Anda mengetahui fakta dari anxiety ring, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu gangguan kecemasan. Pada dasarnya, perasaan cemas merupakan hal yang sangat wajar terjadi pada setiap orang. Akan tetapi, jika perasaan cemas ini dirasakan terus menerus dan berlebihan, maka kemungkinan Anda mengalami gangguan kecemasan. 

Gangguan kecemasan ini tidak dapat dianggap sepele karena lebih berbahaya dari pada depresi.  Pasalnya orang dengan gangguan kecemasan akan merasakan perasaan cemas, panic, dan takut di situasi yang bagi kebanyakan orang mungkin biasa saja. Orang dengan gangguan kecemasan yang cukup parah mungkin akan mengalami gangguan dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. 

Oleh karena itu, anxiety ring yang diklaim mampu mengatasi gangguan kecemasan menjadi salah satu kabar baik. Namun apakah benar anxiety ring ini membantu mengatasi gangguan kecemasan?

Fakta Anxiety ring

Seperti namanya, anxiety ring merupakan cincin yang sekilas mirip dengan cincin pada umumnya. Lalu bagaimana cincin ini bisa mengatasi gangguan kecemasan? Hal ini karena cincin ini telah dirancang khusus agar bisa mengatasi gangguan cincin. 

Pernahkah Anda mendengar spinner yang beberapa saat lalu booming? Yap, salah satu desain khusus dari anxiety ring ini mirip dengan spinner tersebut. Pada bagian tengah cincin ini terdapat bagian yang bisa diputar-putar dengan jari lainya. Jadi, saat Anda mulai memutar cincin ini dan fokus melakukan hal ini, maka fokus Anda akan mulai teralihkan sehingga serangan panik atau gangguan kecemasan dapat mereda. 

Namun apakah anxiety ring ini benar-benar dapat membantu? Menurut beberapa ahli, anxiety ring ini mungkin bisa menjadi alternatif dan membantu saat tiba-tiba mengalami gangguan kecemasan. Pasalnya, orang yang mengalami gangguan kecemasan atau serangan panik umumnya akan berpikir untuk melarikan diri. Namun, dengan fokus pada anxiety ring ini maka orang yang mengalami gangguan kecemasan dapat dikembalikan ke masa sekarang sehingga ia akan menyadari dirinya kembali. 

Walaupun begitu, masih dibutuhkan banyak penelitian lagi untuk mengetahui keakuratan dan keefektifan dari penggunaan benda ini. Namun tidak ada salahnya untuk memanfaatkan anxiety ring ini sebagai pertolongan pertama saat mengalami gangguan kecemasan.

Menangani Gangguan Kecemasan

Selain menggunakan anxiety ring untuk mengatasi gangguan kecemasan, sebaiknya Anda juga menerapkan beberapa lain untuk mengatasinya. Adapun cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan, yaitu sebagai berikut. 

  1. Berolahraga 

Cara yang dapat Anda lakukan pertama dalam mengatasi gangguan kecemasan, yaitu dengan berolahraga. Saat Anda sedang cemas, hindari melakukan hal-hal buruk. Lampiaskan semua kecemasan tersebut dengan berolahraga. Dengan berolahraga maka suasana hati akan menjadi lebih baik sehingga perasaan cemas akan berkurang. 

  1. Cerita dengan orang lain

Pada saat Anda merasakan kecemasan yang berlebihan, cobalah untuk bercerita dengan orang lain. Dengan bercerita dengan orang lain, maka perasaan cemas yang Anda rasakan bisa berkurang sehingga Anda bisa menjadi lebih lega. Pilihlah teman bercerita yang dekat dan bisa memahami Anda. 

  1. Lakukan hal yang Anda senangi

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan, yaitu dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi. Pada saat Anda melakukan hal-hal yang Anda senangi, maka hormon oksitosin yang dapat meredakan kecemasan akan dilepaskan oleh tubuh. Jadi, perasaan cemas yang sebelumnya Anda rasakan akan mulai berkurang. 

Mungkin cukup demikianlah penjelasan mengenai fakta anxiety ring yang perlu Anda ketahui. Apabila gangguan kecemasan yang Anda alami semakin parah dan tidak ada lagi orang yang bisa membantu Anda, sebaiknya segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi gangguan kecemasan yang Anda alami.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Anxiety depression: Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Depresi dan Gangguan Kecemasan Menyerang

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

Richards, Evelyn. 2021. What are anxiety rings and do they actually work?. https://metro.co.uk/2021/10/08/anxiety-rings-what-are-spinner-rings-and-do-they-actually-work-15381906/

Weingus, Leigh. 2021. What's The Deal With Anxiety rings And Do They Help Symptoms? https://www.huffpost.com/entry/anxiety-rings-help-symptoms_l_61780509e4b0931432105c8b

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang