Emosi Sering Tidak Terkendali? Berikut Ini Cara Mengendalikan Emosi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Jul 2021

Bagikan

Emosi Sering Tidak Terkendali? Berikut Ini Cara Mengendalikan Emosi

Mungkin beberapa diantara Anda, sering mengalamiemosi yang tidak terkendali dan belum tahu bagaimana cara mengendalikan emosi?Emosi itu sendiri meliputi perasaan senang, sedih, marah dan lainnya. Apabilaemosi Anda sedang positif, maka aktivitas bisa berjalan lancar. Namun, apabilaemosi Anda sedang negatif dan tidak terkendali, maka bisa membuat segalaaktivitas Anda terganggu dan membuat Anda semakin terpuruk. Lantas bagaimanacara mengendalikan emosi tersebut?


Cara Mengendalikan Emosi


1.  Memunculkan emosi positif

Cara mengendalikan emosi yang pertama yaitudengan memunculkan emosi positif. Hal ini tentunya lebih bermanfaat, daripadamembiarkan diri terus menerus terpuruk dalam emosi yang negatif. Setelah Andamerasa cukup tenang, Anda bisa memikirkan apa yang menjadi penyebab emosinegatif Anda. Kemudian, Anda bisa mengambil sisi positifnya untuk bisa mencegahemosi negatif muncul. Mencari sisi positif dari emosi yang negatif merupakan suatuhal yang tidak mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, ketika Anda bisa menemukansisi positif dari emosi negatif Anda, maka bisa membantu Anda memunculkan emosiyang positif.


2.  Menghindari reaksi buruk

Mungkin beberapa diantara Anda, ada yang seringmeluapkan emosi negatif dengan reaksi yang buruk seperti, menangis, memaki,menjerit atau menghancurkan barang-barang disekitar Anda. Namun, sebaiknya Andamemikirkan hal tersebut secara matang-matang terlebih dahulu sebelum Anda melakukannya.Hal ini karena, otak merupakan bagian tubuh yang terlibat dalam emosi yangsedang Anda alami. Ketika emosi Anda sudah memuncak, maka otak akan sulitmembuat keputusan yang masuk akal. Hal itulah yang membuat masalah yang terjadiakan semakin runyam apabila reaksi yang Anda lakukan berlebihan. 


3.  Membuang pikiran buruk

Cara mengendalikan emosi yang bisa Anda lakukanselanjutnya yaitu dengan membuang jauh-jauh pikiran buruk. Walaupun cara inimungkin sudah sering terdengar oleh Anda, namun hal ini sangat berpengaruhdalam mengendalikan emosi. Pasalnya, otak selalu mencari jalan keluar terbaikdari suatu permasalahan, namun tanpa Anda sadari yang menciptakan emosi negatifitu sendiri yaitu pikiran atau asumsi buruk yang Anda buat sendiri. Jadi, mulailahuntuk membuang semua pikiran buruk Anda, dan berilah waktu untuk menenangkandiri seperti menghirup udara segar atau bermain. 


4.  Mencoba berlapang dada

Berlapang dada bisa menjadi cara mengendalikanemosi yang selanjutnya. Setelah Anda merasa telah berjuang melawan semua emosinegatif, waktunya untuk bangkit. Mulailah untuk menerima bahwa tidak semua halbisa dirubah sesuai yang Anda inginkan. Seberat apapun masalah yang mungkinAnda alami, cobalah untuk menerimanya dengan lapang dada dan berpikir positif agardapat bangkit dari masalah yang menghantui Anda. 


5.  Mengambil napas yang dalam

Cara mengendalikan emosi yang selanjutnya yaitudengan mengambil napas yang dalam. Walaupun Anda berpikir hal ini tidakdapat berpengaruh, namun faktanya mengambil napas yang dalam dapat mengaktifkansistem parasimpatis yang mampu menenangkan emosi negatif yang telah memuncak.Jadi, apabila Anda merasa sedang mengalami emosi negatif, cobalah untukmengambil napas yang dalam. Setelah Anda tenang, otak dapat mengambil keputusanyang rasional. 


6.  Menghentikan konsumsi kafein

Pada dasarnya, kafein dapat memberikan Andaenergi. Akan tetapi, kafein juga dapat menghasilkan energi yang mirip denganperasaan cemas atau panik. Hal inilah yang membuat perasaan cemas muncul tanpatahu penyebabnya. Apabila Anda sedang merasa stres, kafein justru akan memparahemosi negatif Anda. Kafein dapat mempengaruhi tidur Anda secara negatif,sehingga ketika Anda kurang tidur maka emosi negatif akan sulit untukdikendalikan. 


7.  Melakukan meditasi

Cara mengendalikan emosi yang terakhir yaitudengan melakukan meditasi. Meditasi dapat membantu Anda meningkatkan kesadaranakan pengalaman dan perasaan. Ketika Anda melakukan meditasi, berarti Andasedang mengajari diri sendiri untuk menerima perasaan tersebut dan memperhatikantanpa harus menghakimi diri sendiri maupun berusaha pergi dari masalahtersebut. Meditasi juga akan membantu Anda untuk lebih rileks dan nyenyak saattidur. 


Demikianlahcara mengendalikan emosi yang bisa Anda lakukan. Cobalah semua cara tersebut,apabila Anda mulai dikuasai oleh emosi negatif. Semoga informasi ini, dapatmembantu mengatasi emosi negatif yang terkadang menghantui Anda.

 

Referensi :

  • Davis, Tchlkl. How to Control Your Emotions WhenThey Are Out of Control (2018)
  • Raypole, Crystal. How to Become the Boss of YourEmotions (2020)
  • Harra, Carmen. 6 Steps to Controlling YourEmotions (2013) 
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi