Efektifkah Pengobatan Akupuntur Titik Refleksi Kaki Untuk Asam Lambung?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Dec 2021

Bagikan

Apakah Pengobatan Akupuntur Untuk Asam Lambung Efektif?

Melakukan pengobatan dengan metode akupuntur titik refleksi kaki untuk asam lambung, apakah ampuh? Akupuntur itu sendiri bisa dikatakan sama dengan metode pijat refleksi. Dimana akupuntur bekerja dengan cara menusukkan jarum halus dan kecil di titik tertentu pada tubuh. Dari sisi ilmiah, teknik pengobatan ini diyakini mampu menyembuhkan penyakit, yakni dengan cara menumbuhkan saraf sensorik yang berada di bawah otot dan kulit.

Lalu, benarkah pengobatan akupuntur ini ampuh untuk mengatasi asam lambung? Asam lambung yang naik dapat mengganggu, ini karena dapat menimbulkan sensasi panas di dada, sesak napas, dan juga mulut yang terasa pahit. 

Pengobatan akupuntur untuk asam lambung memang disebut cukup efektif, namun Anda tidak bisa sembarang melakukannya. Jangan berani untuk melakukan pengobatan ini dengan tenaga non profesional. 

Akupuntur untuk Asam Lambung

Diketahui bahwa terdapat hubungan antara titik refleksi kaki untuk asam lambung, sehingga banyak pengobatan yang titik refleksi kaki guna menyembuhkan naiknya asam lambung. Namun, efektifkah hal ini? Sebenarnya pengobatan dengan metode akupuntur ini dapat memberikan hasil yang baik. Terdapat uji klinis yang menunjukkan bahwa akupuntur dengan signifikan bisa menurunkan gejala GERD atau asam lambung ini.

Adanya klaim ini juga didukung dengan adanya penelitian lain, yang mana menyatakan akupuntur bisa bantu menurunkan asam lambung. Tak hanya itu, akupuntur juga bisa memperbaiki kerja dari LES atau katup kerongkongan. Sehingga, akan mencegah asam lambung naik kembali. 

Jika Anda ingin melakukan pengobatan akupuntur titik refleksi kaki untuk asam lambung, maka sudah sebaiknya dilakukan oleh dokter spesialis akupuntur yang sudah terpercaya. Hal ini untuk mengurangi risiko adanya kesalahan prosedur, baik sesudah atau sebelum pengobatan dilakukan. Selain akupuntur biasa, elektroakupuntur juga dapat memberikan hasil yang baik untuk mengatasi asam lambung.

Apa itu elektroakupuntur? Ini adalah pengobatan yang menggunakan arus listrik sebagai metode pengobatannya. Terdapat sebuah penelitian yang mana ditemukan bahwa pengobatan akupuntur dengan arus listrik ini, bisa mengurangi asam lambung yang naik, serta meningkatkan kerja dari katup kerongkongan.

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Terapi Akupuntur

Risiko Pengobatan Akupuntur untuk Asam Lambung

Adakah risiko dari dilakukannya akupuntur titik refleksi kaki untuk asam lambung atau titik tertentu tubuh lainnya? Secara umum, pengobatan akupuntur ini mempunyai risiko relatif ringan. Dimana dokter spesialis akupuntur akan menggunakan jarum yang sudah steril.

Apabila efek samping muncul, maka itu biasanya hanya efek samping ringan saja seperti memar atau nyeri yang sementara pada area kulit yang ditusukkan jarum akupuntur. Namun, jika Anda memiliki kondisi tertentu maka pengobatan akupuntur harus diwaspadai. Berikut adalah kondisi yang dapat menimbulkan risiko:

  • Gangguan Perdarahan

Dimana pengobatan akupuntur akan berisiko mengakibatkan perdarahan besar atau memar, bila Anda mengalami atau menderita gangguan perdarahan. Untuk Anda yang mengonsumsi obat pengencer darah juga harus waspada jika ingin melakukan pengobatan akupuntur. 

  • Hamil

Anda perlu tahu bahwa terdapat beberapa jenis akupuntur, yang diyakini bisa merangsang persalinan. Ini bisa memicu ibu mengalami persalinan prematur, sehingga untuk ibu hai sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan, sebelum melakukan pengobatan akupuntur ini. 

  • Penggunaan Alat Pacu Jantung

Pengobatan elektroakupuntur juga bisa mengganggu cara kerja alat pacu jantung, seperti yang diketahui bahwa elektroakupuntur ini menggunakan arus listrik dalam cara kerjanya. Maka dari itu, untuk Anda yang menggunakan alat pacu jantung sebaiknya menghindari pengobatan asam lambung dengan metode akupuntur ini. 

Perubahan gaya hidup juga akan berpengaruh terhadap kesembuhan asam lambung Anda. Disarankan untuk Anda menghindari konsumsi makanan serta minuman yang bisa memicu asam lambung naik, yakni seperti kafein, coklat, makanan pedas dan berlemak, dan beralkohol. Anda juga disarankan untuk tidak langsung berbaring sesudah makan, serta menghindari penggunaan pakaian ketat. 

Bila Anda ingin melakukan pengobatan akupuntur, maka sebaiknya dengan bantuan dokter spesialis akupuntur yang mana sudah terpercaya. Dokter umumnya akan membuat rencana perawatan akupuntur, guna mengatasi keluhan asam lambung yang Anda alami. Jika sudah, jarum akan ditusukkan di titik akupuntur yang sudah ditentukan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Sebagai Alternatif Pengobatan, Ini Bahaya Terapi Bekam

 

Referensi:

1. Mayo Clinic

2. WebMD, heartburn gerd guide reflux disease gerd

3. NCBI

4. Healthline, alternative treatment acupuncture

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi