Bantuan

Disebut sebagai Produk Skincare Penting, Manfaat Night cream Adalah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Feb 2022

Bagikan

Night Cream

Dalam rangkaian skincare, penggunaan night cream sudah umum digunakan. Perawatan kulit wajah bukan hanya dilakukan pada pagi hari saja, tetapi pada malam hari pun skincare menjadi sangat penting. Hal ini disebabkan karena di malam hari tubuh akan memperbaiki sel dan jaringan yang rusah, termasuk kulit wajah. Salah satu produk skincare yang wajib digunakan di malah hari, yakni krim malam. Krim malam diyakini dapat memberikan nutrisi untuk kulit secara lebih optimal. Oleh karenanya, proses regenerasi sel kulit wajah Anda dapat berjalan dengan lebih maksimal. Bagi penggemar skincare, mungkin krim malam sudah tidak asing lagi. Dimana krim malam biasa digunakan untuk perawatan kulit wajah. Bukan hanya untuk menjaga kelembapan kulit saja, namun juga untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. 

Didalam krim malam atau night cream terdapat kandungan yang umum ada, yakni seperti niacinamide, air, retinol, emolien, dan humektan seperti AHA dan hyaluronic acid. Night cream juga mengandung beberapa bahan lain, yaitu minyak jojoba, asam laktat, shea butter, minyak zaitun, antioksidan, serta vitamin. 

Manfaat Night cream

Dibawah ini adalah beberapa manfaat yang Anda dapatkan dari penggunaan produk skincare night cream

  1. Memperbaiki lapisan kulit wajah

Penggunaan sabun wajah yang memiliki bahan keras, stres, dan juga paparan polusi udara serta sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan lapisan kulit teratas Anda menjadi rusak. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya ragam masalah kulit, yakni seperti iritasi kulit, jerawat, gatal-gatal, dan hiperpgimentasi. Guna mencegahnya maka disarankan untuk anda menggunakan night cream dengan kandungan yang mampu memperbaiki sel kulit wajah Anda. Salah satu kandungan dalam night cream yang dapat memperbaiki lapisan kulit, yakni ceramides. Ceramides disebutkan dapat mengatasi permasalah kulit seperti jerawat, kulit kering, dan gatal di kulit wajah, sedangkan kandungan minyak alami seperti biji bunga matahari, jojoba, dan chamomila dapat memperbaiki kerusakan di lapisan kulit teratas. Ini dikarenakan kandungan tersebut mempunyai sifat antioksidan dan antiradang. 

  1. Mencerahkan kulit

Penggunaan night cream dapat bantu mencerahkan kulit wajah Anda, terutama jika anda menggunakan produk skincare krim malam dengan kandungan AHA. Dimana AHA mampu mengangkat sel kulit mati serta menghambat produksi melanin. Oleh karenanya, kulit wajah Anda menjadi terlihat lebih cerah. Untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam serta mencegah tanda-tanda penuaan muncul, maka Anda dapat menggunakan krim malam yang mengandung vitamin E dan vitamin C. Tentu saja krim malam ini menjadi sebuah solusi untuk orang yang memiliki masalah kulit seperti noda hitam dan bekas jerawat, terutama jika kulit wajah juga disertai dengan kusam dan terlihat tidak segar. 

  1. Menyamarkan kerutan di kulit wajah

Produksi kolagen seiring berjalannya waktu akan semakin menurun sehingga kulit pun akan semakin mengendur. Hal ini menyebabkan kulit mengalami tanda penuaan, yakni seperti garis halus serta keriput yang mulai muncul. Oleh karena itu, disarankan untuk anda menggunakan night cream yang mengandung retinol atau juga hyaluronic acid. Di mana kedua kandungan tersebut dapat menstimulasi produksi kolagen sehingga kerutan akan berkurang dan tersamarkan. Walau demikian, night cream yang memiliki kandungan retinol sebaiknya digunakan dengan bertahap. Guna mencegah kulit mengalami iritasi, apalagi jika Anda memiliki tipe kulit yang sensitif. 

  1. Menjaga kelembapan kulit

Sebelum Anda tidur, mencuci wajah dengan bersih menggunakan sabun muka sangatlah penting. Di mana akan bantu mencegah munculnya jerawat karena kulit wajah yang tidak bersih. Akan tetapi, Anda perlu tahu bahwa mencuci wajah tanpa menggunakan pelembab dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Terlebih jika Anda tidur di kamar yang ber-AC. Penggunaan krim malam dengan rutin bisa mencegah dan juga mengatasi kulit kering di wajah. Beberapa kandugan yang bantu menjaga kelembapan kulit, yakni gliserin dan hyaluronic acid, sedangkan untuk menghaluskan kulit dapat dibantu oleh night cream dengan kandungan emolien. 

Perlu dijadikan catatan bahwa anda harus memerhatikan kandungan yang ada dalam produk skincare krim malam yang akan digunakan. Gunakanlah krim malam yang sesuai dengan jenis dan juga kebutuhan kulit Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih, Ini Bahaya Cream Pemutih Yang Siap Menanti Anda!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

American Academy of Dermatology Association. 10 Skin Care Secrets for Healthier-Looking Skin. 

Harvard Health Publishing Harvard Medical School (2020). 9 Ways to Banish Dry Skin. 

Cleveland Clinic (2020). Q&A: What to Look for in a Facial Cream. 

Mayo Clinic (2019). Healthy Lifestyle. Skin Care: 5 Tips for Healthy Skin. 

Mayo Clinic (2019). Moisturizers: Options for Softer Skin. 

Oakley, A. & Elghblawi, E. DermNet New Zealand (2019). Alpha Hydroxy Acid Facial Treatments. 

Mosley, R. Healthline (2021). The Best Night creams. 

Watson, K. Healthline (2021). What is Retinol Burn and How to Prevent It. 

Perkins, S. Healthline (2020). What to Know About Your Skin Barrier and How to Protect It. 

Aswell, S. Healthline (2019). 6 Ways to Maximize Your Beauty Sleep for #WokeUpLikeThis Skin. 

Palmer, A. Verywell Health (2020). Should You Add Hyaluronic Acid to Your Skincare Routine?

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang