Bantuan
Free Tele x

Disebut Bagus untuk Diet, Ini Manfaat Teh Hijau Lainnya yang Sebaiknya Tidak Diabaikan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Oct 2021

Bagikan

Disebut Bagus untuk Diet, Ini Manfaat Teh Hijau Lainnya yang Sebaiknya Tidak Diabaikan

Sudahkan Anda tahu apa saja manfaat teh hijau? Salah satu manfaat teh hijau yang paling populer, yaitu dapat menurunkan berat badan. Namun sebenarnya, masih banyak manfaat teh hijau bagi kesehatan dan tidak hanya itu saja. 

Lalu apa saja manfaat teh hijau bagi kesehatan yang tidak dapat diabaikan tersebut? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai manfaat teh hijau bagi kesehatan.

Baca Juga: Sedang Ingin Menurunkan Berat Badan? Berikut Ini Buah untuk Diet Yang Dapat Dikonsumsi

Manfaat Teh Hijau

Manfaat teh hijau datang dari berbagai kandungan yang dimilikinya. Beberapa kandungan yang dimiliki teh hijau, yaitu kalium, katekin, dan kafein. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan. 

  1. Mencegah Kanker

Manfaat teh hijau yang tidak dapat diabaikan pertama, yaitu dapat mencegah kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah, yaitu kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker prostat. Manfaat yang satu ini datang dari kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker. 

  1. Mencegah Diabetes

Teh hijau dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam bekerja. Hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya diabetes yang disebabkan kadar gula yang tinggi, bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan risiko diabetes melitus tipe 2 hingga 42%. 

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat selanjutnya dari teh hijau bagi kesehatan, yaitu dapat meningkatkan fungsi otak serta kecerdasan. Manfaat ini berasal dari kandungan kafein di dalam teh hijau yang dapat meningkatkan daya ingat. Selain itu, kandungan  kafein juga akan  bekerja sama dengan asam amino L-teanin. Kerjasama kedua zat ini akan meningkatkan kinerja otak. 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengendalikan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Dalam hal ini teh hijau akan mencegah kolesterol jahat mengalami oksidasi yang dapat memicu penyakit jantung. Selain itu, teh hijau juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat serta trigliserida yang dapat memicu berbagai masalah pada jantung. 

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, kandungan antioksidan di dalam teh hijau juga dapat menjaga kesehatan tulang. Kandungan antioksidan ini dapat membuat tulang menjadi lebih kuat sehingga terhindar dari patah tulang. Tidak hanya itu, teh hijau juga memiliki kandungan lain yang dapat memadatkan tulang, yaitu fenol. 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat teh hijau yang tidak dapat Anda abaikan yang selanjutnya, yaitu dapat menjaga kesehatan kulit. Manfaat yang satu ini datang dari  kandungan polifenol di dalam teh hijau yang dapat melindungi kulit dari paparan sinat ultraviolet dan mempercantik kulit. Tidak berhenti sampai di situ, teh hijau juga dapat mempertahankan kekenyalan kulit dan membuat kulit tetap kencang karena mampu mencegah terjadinya kerusakan kolagen dan serat elastis pada kulit.

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang paling populer dari teh hijau, yaitu dapat menurunkan berat badan. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa teh hijau dapat membantu pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Tidak hanya itu, teh hijau juga bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Maka tidak mengherankan apabila teh hijau sangat populer digunakan untuk diet karena dapat menurunkan berat badan. 

Efek Samping Teh Hijau

Perlu diingat, walaupun disebutkan teh hijau memiliki banyak manfaat, bukan berarti Anda harus mengonsumsi teh hijau dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentunya dapat menimbulkan berbagai efek samping seperti berikut ini. 

  • Mengalami masalah pada penyerangan zat besi. 

  • Mengalami gangguan tidur atau insomnia

  • Mengalami ketergantungan terhadap kafein.

  • Mengalami gangguan kecemasan.

  • Memperburuk anemia.

  • Menyebabkan detak jantung tidak beraturan.

  • Menyebabkan berbagai masalah pada pencernaan

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat teh hijau bagi kesehatan yang tidak boleh Anda abaikan. Selama mengkonsumsi teh hijau dalam batas wajar, Anda masih dapat merasakan berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Namun tetap perlu dibarengi dengan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan rutin melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tidak Hanya Baik untuk Diet, Berikut Ini Manfaat Lobak Lainnya yang Perlu Diketahui

 

Sumber :

Gunnars, Kris. 2020. 10 Evidence-Based Benefits of Green Tea

Lawle, Moira. 2019. All About Green Tea: Why It's Good for You and the Risk of Drinking Too Much.

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami