Bantuan
Bantuan

Dipercaya Baik Bagi Diet, Berikut Ini Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Sep 2021

Bagikan

Dipercaya Baik Bagi Diet, Berikut Ini Manfaat Garam Himalaya Bagi Kesehatan Tubuh

Para pejuang diet menurunkan berat badan mungkin sudah familiar dengan manfaat garam himalaya bagi kesehatan tubuh. Jenis garam yang berwarna merah muda ini dipercaya baik untuk membantu proses diet dalam menurunkan berat badan. Namun, selain itu garam himalaya ini sejatinya memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh Anda dan keluarga.

Apa itu garam himalaya?

Garam himalaya adalah garam berwarna merah muda yang diekstrak dari Tambang Garam Khewra, yang berada di dekat Himalaya, Pakistan. Tambang garam ini adalah tambang garam tertua dan juga terbesar di dunia, yang terbentuk sejak jutaan tahun silam dari masa purba. Garam ini diekstraksi menggunakan tangan dan kemudian diproses untuk menghasilkan produk murni yang dianggap jauh lebih alami dibandingkan garam dapur biasa. Namun sebagaimana biasanya, baik garam dapur biasa maupun garam himalaya, keduanya terdiri dari sebagian besar natrium klorida, yakni sebesar 98 persen. Akan tetapi, karena proses pemanenannya terbilang lebih alami, garam himalaya disebut-sebut memiliki lebih banyak mineral dibanding garam dapur biasa. 

Bagaimana penggunaan garam himalaya?

Garam himalaya sejatinya digunakan dengan cara yang sama sebagaimana garam dapur, yakni pada saat memasak, ditaburkan pada makanan, hingga untuk mengawetkan makanan tertentu. Beberapa orang juga menggunakan garam himalaya ini untuk mandi, dan sebagai tempat untuk lilin. 

Manfaat garam himalaya

Lantas apa saja manfaat garam himalaya bagi kesehatan itu sendiri? Mulai dari meningkatkan kesehatan sistem pencernaan hingga membantu tubuh mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, berikut ini adalah beberapa manfaat garam himalaya yang perlu Anda ketahui.

  1. Kaya akan kandungan mineral

Manfaat garam himalaya yang pertama adalah banyaknya kandungan mineral dan elemen lainnya. Kandungan ini diantaranya adalah potasium, zat besi, hingga kalsium. Semua kandungan mineral ini dapat membantu proses detoksifikasi natural tubuh, dan mempromosikan pembasmian bakteri jahat dalam tubuh.

  1. Mudah diproses oleh tubuh

Karena proses pengolahannya, garam dapur memiliki lebih sedikit mineral dan lebih banyak natrium dibanding garam himalaya. Apabila Anda beralih dari garam dapur biasa ke garam himalaya, maka tubuh akan lebih mudah dalam memprosesnya karena garam himalaya tidak memerlukan banyak air untuk diproses. 

  1. Mengatasi dehidrasi

Anda menginginkan minuman yang mampu mengembalikan cairan tubuh setelah latihan di gym yang berat? Cobalah minum air garam himalaya dengan sedikit perasan lemon karena akan mampu mengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Dengan campuran air garam dan lemon ini, Anda bisa mengumpulkan mineral atau elektrolit yang hilang bersamaan dengan keringat pada saat berolahraga.

  1. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Memiliki kandungan mineral yang cukup kaya, garam himalaya sangat membantu dalam menyeimbangkan level pH dalam tubuh. Apabila pH dalam tubuh seimbang, tubuh Anda akan mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, dalam memproses hingga mencerna makanan.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Kerap terbangun di tengah malam dan kesulitan untuk tidur lagi? Bisa saja Anda memiliki permasalahan berhubungan dengan konsumsi garam harian. Di antara jam 2 hingga jam 4 malam, terjadi reaksi biokimia dalam tubuh yang dapat menyebabkan hormon stres meningkat, sehingga menyebabkan gangguan tidur. Penelitian menunjukkan hal ini bisa disebabkan oleh diet rendah sodium. Untuk mengatasi gangguan ini, Anda bisa mencampurkan madu dengan sejumput garam himalaya, kemudian dikonsumsi secara langsung ataupun dicampurkan dalam secangkir teh.

Itulah dia penjelasan mengenai garam himalaya dan juga manfaat dari garam himalaya itu sendiri. Setelah membaca penjelasan mengenai manfaat tersebut, apakah Anda berminat untuk beralih dari garam dapur biasa ke garam himalaya? Apapun pilihan Anda mengenai bumbu dapur yang satu ini, hingga kini belum banyak penelitian yang menunjukkan bahwa garam himalaya memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan dibanding garam dapur biasa. 

Apabila Anda bermaksud untuk mengganti garam dapur ini dengan garam himalaya, pastikan Anda hanya mengonsumsinya dalam jumlah secukupnya ya. Anda juga bisa menemukan garam himalaya ini di berbagai toko bahan organik ataupun di beberapa e-commerce yang ada di Indonesia. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Garam Himalaya untuk Kesehatan Tubuh


Sumber:

Olsen, Natalie. 2018. Does pink Himalayan salt have any health benefits?. 

Pearson, Keith. 2017. Is Pink Himalayan Salt Better Than Regular Salt?.

Bagikan artikel ini