Daftar Jus Untuk Darah Rendah yang Bisa Anda Konsumsi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Daftar Jus Untuk Darah Rendah yang Bisa Anda Konsumsi

Apakah Anda tahu apa saja jus untuk darah rendah yang bisa Anda konsumsi? Tekanan darah rendah atau juga disebut dengan hipotensi merupakan suatu kondisi ketika tekanan darah berada di bawah angka normal atau 90/60 mmHg. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari terdapat luka yang sulit sembuh, gangguan pencernaan, dehidrasi, hingga infeksi kronis.

Untuk mengobati kondisi ini ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan, seperti mengatasi penyebabnya. Selain itu, ada cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi jus untuk darah rendah. 

Jus untuk Darah Rendah

Lalu apa saja jus untuk darah rendah yang bisa Anda konsumsi tersebut? Berikut ini akan dijelaskan mengenai jus untuk darah rendah yang bisa Anda konsumsi. 

  1. Jus pisang

Jus untuk darah rendah yang bisa Anda konsumsi pertama yaitu jus pisang. Hal ini karena, salah satu penyebab seseorang mengalami tekanan darah rendah yaitu karena kekurangan asam folat dalam tubuh. Dalam hal ini, pisang merupakan buah yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi, sehingga dapat mengatasi tekanan darah rendah. Tidak hanya itu, di dalam pisang juga terdapat kandungan vitamin B6 dan potasium yang dapat mengontrol tekanan darah. 

  1. Jus Semangka

Buah yang kaya dengan kandungan air ini, ternyata merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh Anda yang memiliki tekanan darah rendah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab tekanan darah rendah yaitu dehidrasi.  Oleh karena itu, berkat kandungan air yang begitu banyak dalam semangka, maka dapat mengatasi masalah tersebut. Tidak hanya itu, semangka juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghilangkan radikal bebas pada aliran darah. 

  1. Jus Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C ini sangat penting dalam tubuh, bahkan seseorang yang mengalami kekurangan vitamin C bisa menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah. Selain itu, jeruk juga memiliki kandungan folat yang cukup tinggi. Dengan begitu, mengonsumsi jus jeruk merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tekanan darah rendah.

  1. Jus Alpukat

Jus untuk darah rendah yang bisa Anda konsumsi selanjutnya yaitu jus alpukat. Buah yang lezat ini mampu membantu mengontrol tekanan darah, jadi cocok bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan folat yang dapat mengatasi salah satu penyebab tekanan darah rendah yaitu anemia. Tidak hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat memelihara pembuluh darah tetap sehat.

Baca Juga: Alpukat dan Kesehatan Jantung

  1. Jus Kurma

Buah yang sangat identik dengan bulan Ramadhan ini, merupakan salah satu buah yang baik untuk penderita tekanan darah rendah. Hal ini karena, buah kurma memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Ketika tubuh Anda kekurangan asupan zat besi, maka dapat menyebabkan produksi sel darah merah terganggu. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan Anda mengalami tekanan darah rendah.

  1. Jus Buah Bit

Apakah Anda tahu apa itu buah bit? Buah bit merupakan salah satu buah yang sering digunakan sebagai pewarna makanan alami. Buah bit ini memiliki kandungan folat yang dapat membantu pembentukan sel darah merah, sehingga Anda terhindar dari tekanan darah rendah. Bahkan, berbagai kandungan nutrisi lainnya dalam buah bit mampu menormalkan tekanan darah. 

  1. Jus Lemon

Jus untuk darah rendah yang bisa Anda konsumsi terakhir yaitu jus lemon. Hal ini karena lemon efektif dalam mengatasi dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab tekanan darah rendah. Tidak hanya itu, lemon juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengembalikan tekanan darah menjadi normal serta mengatur sirkulasi darah. Anda dapat mengonsumsi lemon dengan cara meremasnya lalu memberikan sedikit garam dan gula. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai daftar jus untuk darah rendah. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengatasi masalah tekanan darah rendah yang Anda alami. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Faktor Apa Saja yang Menjadi Penyebab Darah Rendah?

 

Sumber:

1. Mayo Clinic. Low blood pressure (hypotension).

2. Leonard, Jayne. 2020. Fifteen foods that help to lower blood pressure.

3. Vandergriendt, Carly. 2020. 7 Drinks for Lowering Blood Pressure.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi