Bantuan

Ciri-ciri Radang Tenggorokan yang Perlu Anda Waspadai

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Mar 2022

Bagikan

radang tenggorokan

Tahukah Anda apa saja yang menjadi ciri-ciri radang tenggorokan? Meskipun secara umum radang tenggorokan tidak begitu membahayakan, namun gejalanya dapat menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dan mengganggu. Rasa tidak nyaman ini sangat terasa terutama ketika Anda menelan ataupun berbicara. 

Nah, untuk itu sangatlah penting untuk Anda memahami ciri-ciri radang tenggorokan agar dapat segera diambil tindakan untuk mengobatinya. Dalam hal ini, radang tenggorokan itu sendiri cukup efektif disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Meskipun begitu, tentunya Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua kondisi radang tenggorokan dalam hal ini dapat diatasi oleh antibiotik. Penggunaan antibiotik pun perlu disesuaikan dengan penyebab dari radang tenggorokan itu sendiri, apakah disebabkan oleh virus ataukah oleh bakteri. 

Ciri-ciri radang tenggorokan

Terdapat beberapa ciri-ciri radang tenggorokan yang dapat dikatakan cukup mengganggu. Adapun beberapa ciri tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Timbulnya rasa sakit tenggorokan

  • Rasa nyeri ketika menelan

  • Terjadi demam

  • Terjadi pembesaran kelenjar getah bening di leher (biasa timbul sebagai tonjolan yang berada di sekitar leher)

  • Tenggorokan mengering

  • Amandel membesar

  • Timbul bercak kemerahan di langit-langit mulut

Sebelumnya telah dikatakan bahwa radang tenggorokan dapat disebabkan oleh dua hal, yakni virus dan bakteri. Apabila disebabkan oleh infeksi bakteri, Anda akan merasakan gejala berupa rasa sakit, kering dan juga gatal-gatal. Hal ini kemudian akan membuat Anda kesulitan saat menelan ataupun berbicara. Gejala lainnya yang menyertai radang tenggorokan akibat bakteri ini adalah demam. Adapun pada radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus, Anda mungkin akan mengalami gejala-gejala seperti batuk, bersin, dan hidung tersumbat. 

Mengatasi Radang Tenggorokan di Rumah

Apabila gejala radang tenggorokan yang dirasakan tidak begitu parah, maka sebaiknya Anda melakukan tindakan pertolongan pertama terlebih dahulu di rumah. Untuk meredakannya Anda bisa mengonsumsi obat-obatan seperti Ibuprofen, Paracetamol, dan juga Asam Mefenamat. Aspirin juga menjadi alternatif obat-obatan yang dapat dikonsumsi dalam mengatasi radang tenggorokan, namun sebaiknya hindari memberikannya pada usia di bawah 18 tahun.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai cara alami dalam meredakan ciri-ciri radang tenggorokan, yakni dengan mencoba beberapa cara sebagai berikut ini.

  1. Berkumur dengan air garam

Cara mengatasi radang tenggorokan secara mandiri di rumah yang paling efektif dan terbukti ampuh adalah dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Dengan cara ini, bengkak dapat mereda, dahak menggumpal dapat menjadi lebih cair, serta bakteri di tenggorokan juga dapat dibasmi. 

  1. Perbanyak minum air putih

Ketika mengalami ciri-ciri radang tenggorokan, sebaiknya Anda mengonsumsi lebih banyak air minum. Menjaga asupan cairan dalam hal ini sangatlah penting untuk menjaga tenggorokan tetap lembap dan tidak kering. Untuk itu, cobalah untuk mengonsumsi paling tidak 2 liter air putih dalam sehari.

  1. Mengonsumsi madu

Madu menjadi alternatif terbaik berikutnya yang dapat dikonsumsi ketika Anda mengalami gejala radang tenggorokan. Berkaitan dengan ini, Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung ataupun dengan mencampurkannya dalam teh atau perasaan air lemon. Madu dalam hal ini dikatakan efektif dalam penyembuhan luka dan rasa sakit pada tenggorokan. 

  1. Minyak peppermint

Peppermint selama ini telah banyak dikenal karena kemampuannya dalam menyegarkan napas. Nah ternyata, minyak peppermint bisa Anda gunakan untuk mengatasi radang tenggorokan pula. Dalam hal ini, peppermint sendiri memiliki kandungan mentol yang dapat membuat lendir menjadi lebih encer, sehingga rasa sakit tenggorokan dan batuk dapat teratasi.

  1. Konsumsi bawang putih

Memiliki kandungan senyawa allicin yang mampu melawan bakteri, konsumsi bawang putih kemudian dapat menjadi salah satu alternatif terbaik dalam mengatasi radang tenggorokan. Dengan menambahkan bawang putih ke dalam makanan, Anda mungkin bisa merasakan radang tenggorokan menjadi lebih reda karena khasiat antimikrobanya. 

Nah demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri radang tenggorokan yang perlu diwaspadai, serta beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya secara mandiri di rumah. Apabila gejala yang dirasakan tak kunjung sembuh, sebaiknya Anda konsultasikan kondisi kesehatan dengan dokter, untuk mendapatkan perawatan medis yang Anda butuhkan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Radang Amandel dan Perbedaannya dengan Radang Tenggorokan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

CDC. Strep Throat. https://www.cdc.gov/groupastrep/diseases-public/strep-throat.html

Watson, Stephanie. 2020. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment. https://www.healthline.com/health/sore-throat

Mayo Clinic. Sore throat. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/symptoms-causes/syc-20351635

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang