Bantuan

Cetirizine

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 09 Nov 2021

Bagikan

Cetirizine

Nama Dagang: Ceyrin, Cetzin, Cetirizine HCl, Cetirizine HCIT, Ozen, Lerzin, Frizin, Ryvel, Tiriz, Zine, Zenriz, Betarhin, Cerini, Cetinal

 

Cetirizine adalah obat antihistamin atau antialergi yang bermanfaat dalam meredakan gejala-gejala akibat kondisi rhinitis alergi, seperti mata berair, merah, dan gatal, hidung tersumbat, dan bersin. Cetirizine juga dapat digunakan untuk menghilangkan gatal-gatal pada kulit. Namun, obat ini tidak dapat digunakan untuk mencegah reaksi alergi, 

 

Golongan : Antihistamin (Antialergi)

Kategori : Obat keras

Manfaat : Meredakan gejala alergi dan gatal-gatal, seperti rhinitis alergi

Bentuk : Kapsul, sirup, drop, tablet (tablet minum, tablet kunyah, tablet isap cepat larut)

Dikonsumsi oleh : Anak-anak dan dewasa

 

Peringatan

Sebelum mengonsumsi cetirizine, beritahu dokter mengenai kondisi dan riwayat kesehatan Anda. Informasikan kepada dokter mengenai obat-obatan dan vitamin yang Anda konsumsi secara rutin. Selain itu, beritahu dokter jika Anda memiliki penyakit ginjal atau penyakit hati. Jika Anda sedang hamil, menyusui, atau berencana untuk hamil, dokter akan menyesuaikan dosis obat yang diberikan untuk mencegah efek samping.

Konsumsi cetirizine dapat membuat Anda mengantuk. Jika Anda mengalami rasa kantuk yang berlebih hingga tidak dapat beraktivitas secara normal, konsultasikan kepada dokter. Dokter akan menawarkan alternatif obat yang dapat Anda gunakan.

Dosis dan Aturan Pakai

Obat ini dapat dikonsumsi oleh anak yang setidaknya berusia 2 tahun. 

  • Pada anak berusia 2-6 tahun, dosis yang dapat dikonsumsi adalah 2,5 mg per hari. 

  • Pada anak berusia 6-12 tahun, dosis ditingkatkan menjadi 5 mg per hari. 

  • Anak di atas 12 tahun dapat menyesuaikan dengan dosis pada orang dewasa, yaitu 10 mg per hari. 

  • Dosis pada orang dewasa adalah 10 mg per hari

 

Namun, jika Anda pernah mengalami kondisi alergi ringan saat mengonsumsi obat ini, dokter dapat membagi dosis menjadi 5 mg sebanyak 2 kali sehari. Pastikan Anda meminum obat pada waktu yang sama setiap harinya.

Umumnya, dokter akan memberikan sediaan drops (obat tetes) atau sirup pada anak yang berusia di bawah 12 tahun. Jika drops atau sirup tidak tersedia, Anda dapat melarutkan tablet atau kapsul dalam pelarut air sesuai instruksi dokter dan tenaga kesehatan lainnya.

Dosis yang diberikan kepada pasien dengan gangguan ginjal dapat berbeda sesuai. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat ini, konsultasikan kondisi kesehatan Anda terlebih dahulu. Kondisi tertentu, seperti lansia, ibu hamil, menyusui, gangguan organ dapat meningkatkan kemungkinan efek samping obat. Dokter akan mengevaluasi kondisi penyakit, tingkat keparahan penyakit, dan keefektifan obat untuk mencegah efek samping yang mungkin terjadi.

Cara Menggunakan Obat

Cetirizine tersedia dalam bentuk tablet minum, tablet kunyah, tablet isap cepat larut, sirup, dan obat tetes (drop) dan biasanya diminum 1 kali sehari. Konsumsi obat dalam bentuk tablet dapat dibantu dengan segelas air minum untuk membersihkan sisa obat. Jika Anda mengonsumsi dalam bentuk sirup, takar obat dengan tepat sesuai dengan dosis yang diberikan. Selalu ikuti petunjuk yang diberikan oleh dokter. 

Jika gejala yang Anda alami tidak kunjung membaik, hubungi dokter segera. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk menghentikan konsumsi obat dan mengganti obat antialergi lainnya.

Cara Penyimpanan

Simpan obat ini dalam tempat yang diberikan oleh apotik, dan tutup dengan rapat. Obat ini sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan (20-25oC) dan jauhkan dari sinar matahari langsung maupun panas yang berlebih. Jangan menyimpan obat di tempat yang lembap. Letakkan obat di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak. Pastikan kemasan obat tetap rapat saat penyimpanan. Buang obat yang telah kedaluwarsa atau tidak dibutuhkan lagi.

Kontraindikasi

Hindari konsumsi obat ini jika Anda memiliki hipersentivitas atau pernah mengalami alergi akibat konsumsi obat ini dan sejenisnya. Obat ini juga tidak dapat dikonsumsi oleh pasien dengan gangguan ginjal berat. 

Efek Samping

Cetirizine dapat menyebabkan beberapa efek samping ringan, yaitu :

  • Mengantuk

  • Kelelahan berlebih

  • Mulut kering

  • Nyeri perut

  • Diare

  • Muntah

  • Mimisan

  • Perubahan warna lidah

  • Pembengkakan

  • Halusinasi

  • Penurunan tekanan darah 

Efek samping ringan biasanya akan hilang dalam beberapa jam setelah konsumsi obat. Namun, jika gejala yang Anda alami tidak kunjung hilang, segera hubungi dokter dan layanan kesehatan terdekat.

Beberapa efek samping berat juga dapat terjadi akibat konsumsi obat ini. Jika Anda mengalami kesulitan bernapas atau menelan, segera hubungi dokter atau layanan kesehatan lainnya.

 

Tagging (Gejala Umum)

  • Gatal

  • Bersin

  • Alergi

  • Mata berair

Cukup sekian informasi mengenai obat yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Referensi:

Drugbank. Celexocib.

Healthline. Celecoxib 

MedlinePlus. Celecoxib. 

 

MIMS. Celecoxib.

Tag :
Bagikan artikel ini