Bantuan

Cari Tahu Apa itu Eyelash dan Efek Sampingnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Mar 2022

Bagikan

eyelash

Sudahkah Anda tahu apa itu eyelash dan efek sampingnya? Untuk mempercantik bulu mata, maka ada salah satu cara yang dapat dilakukan yakni eyelash extension. Eyelash extension yakni prosedur atau metode kecantikan yang berfungsi untuk memperindah bulu mata. Dimana melalui pemasangan helaian bulu mata palsu, yang mana akan membuat bulu mata terlihat lentik. Prosedur kecantikan eyelash extension ini bersifat semi permanen, tanpa maskara. Tentunya ada perbedaan antara eyelash extension dan bulu mata palsu, jika bulu mata palsu bisa ditempelkan langsung pada ujung kelopak mata. Berbeda dengan eyelash extension yang mana menggunakan cara menyambung bulu mata palsu pada bulu mata alami Anda. Ini menggunakan lem perekat khusus dan tertentu, dengan ditempelkan satu per satu bulu mata palsu. 

Sangat penting untuk Anda yang ingin mencoba perawatan ini, untuk mengetahui apa itu eyelash dan efek sampingnya. Terdapat jenis-jenis bahan yang digunakan untuk membuat helaian bulu mata guna metode kecantikan ini. Misalnya seperti serat plastik, bulu imitasi, bulu, sutra, dan bahan lainnya. Perawatan kecantikan bulu mata ini dibuat guna tetap menempel di bulu mata, dan akan mengikuti siklus pertumbuhan bulu mata Anda. Waktu yang diperlukan untuk pemasangan eyelash extension ini adalah 2 sampai 3 jam. Umumnya bulu mata sambung akan mampu bertahan dari 1,5 bulan, sampai dengan 2 bulan. Meskipun begitu, Anda disarankan melakukan touch up setiap 3 sampai 4 minggu sekali. 

Efek samping atau bahaya eyelash 

Dapat membuat bulu mata menjadi lebih cantik dan lentik, tetapi Anda perlu tahu adanya efek samping dari perawatan kecantikan ini. Berikut adalah beberapa efek samping penggunaan eyelash extension:

  1. Alergi

Bagi sebagian orang, efek samping dari perawatan bulu mata ini adalah dapat memunculkan reaksi alergi. Apabila terjadi maka segera lepaskan bulu mata sambung Anda, tentunya dengan bantuan dari ahli. Gejala dari alergi biasanya akan timbul beberapa jam sesudah perawatan. Dimana gejala ditandai dengan mata yang memerah, bengkak, gatal, dan berair. Gejala ini bisa muncul pada salah satu mata, juga atau pada kedua mata Anda. Melihat efek samping seperti ini maka, sangat penting untuk Anda mengetahui apa itu eyelash dan efek sampingnya.

  1. Iritasi

Tahu apa itu eyelash dan efek sampingnya, menjadi wajib untuk Anda jika ingin mencoba perawatan bulu mata ini. Salah satu efek samping yang dapat Anda alami adalah iritasi. Dimana efek samping ini bisa terjadi 3 hari sesudah Anda melakukan perawatan. Anda akan mengalami kondisi dimana mata terasa gatal, nyeri, ruam, merah, iritasi, sampai bengkak. Iritasi karena eyelash extension juga bisa terjadi karena menggunakan lem perekat, yang mana mengandung formaldehida. Tak hanya itu, ada juga bahan kimia lainnya yang berpotensi untuk menimbulkan efek samping, yang tentunya berbahaya untuk kesehatan mata Anda. Penyebab efek samping iritasi ini juga bisa disebabkan karena zat pelarut, yang Anda gunakan untuk melepas bulu mata palsu. Penggunaan dari selotip bedah guna menutup kelopak mata saat proses perawatan bulu mata ini dilakukan, juga bisa menjadi penyebab terjadinya iritasi.

  1. Bulu mata lepas

Efek samping selanjutnya yang bisa terjadi adalah bulu mata alami yang rontok atau menjadi lepas. Walaupun begitu, efek samping perawatan bulu mata ini bisa Anda hindari, yakni dengan tidak menarik atau tidak menggosok bulu mata sambung. 

  1. Masalah pada mata

Masalah yang lebih serius bisa terjadi karena perawatan eyelash extension, yang tentunya perlu Anda waspadai. Bila tidak dilakukan dengan hati-hati maka, bisa mengakibatkan infeksi kelopak mata, peradangan dan pembengkakan kelopak mata, serta terjadinya infeksi kornea. 

Itu tadi penjelasan apa itu eyelash dan efek sampingnya yang perlu Anda ketahui, bila ingin menjalani proses perawatan kecantikan bulu mata ini. Selain memiliki efek untuk memperindah mata, perawatan ini juga bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk mata Anda. Penting juga untuk Anda melakukan konsultasi dengan ahli, jika ingin melakukan eyelash extension.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Healthline, eyelash extension side effects

Healthline, eyelash extension pros and cons

Medical news today

 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang