Bantuan
Bantuan

Cara Menghilangkan Stretch Mark secara Alami

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 19 Jul 2022

Bagikan

Cara Menghilangkan Stretch Mark secara Alami

Stretch mark atau yang dikenal dengan striae adalah garis pada kulit yang terjadi ketika kulit Anda berubah bentuk dengan cepat karena pertumbuhan atau penambahan berat badan seperti kegemukan atau obesitas. 

Kegemukan dan obesitas dapat menjadi penyebab utama munculnya stretch mark dikarenakan penambahan berat badan akan menarik kulit Anda. Menghindari kegemukan dan obesitas dapat menjadi cara alami mencegah terjadinya stretch mark.

Baik itu pria maupun wanita dapat mengalami stretch mark, tetapi umumnya stretch mark akan terjadi pada masa kehamilan dan pubertas. Sebagian besar stretch mark dapat memudar dengan sendirinya, tetapi Anda dapat mempercepat prosesnya dengan cara alami yang bisa Anda buat di rumah.

Baca  juga: 7 Tips Mencegah Stretch Mark yang Muncul Saat Hamil

 

Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Obat Alami

Ada beberapa solusi obat stretch mark alami yang dapat membantu Anda dalam mengurangi guratan pada kulit sebagai berikut ini. 

1. Lidah Buaya

Anda dapat menggunakan gel bagian dari daun lidah buaya sebagai obat alami memudarkan stretch mark. Isi gel lidah buaya dapat diiris untuk dioleskan pada stretch mark dan oleskan pada bagian kulit yang memiliki stretch mark, setelah itu cuci setelah 2-3 jam.

Baca juga: Segudang Manfaat Lidah Buaya, Dari Kesehatan Hingga Kecantikan

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan dan meringankan stretch mark oleh banyak orang. Anda dapat memijat lembut area di mana stretch mark terlihat dengan minyak kelapa murni.

3. Centella

Centella asiatica dapat merangsang sel-sel yang memproduksi kolagen (protein yang memberikan elastisitas pada kulit) sehingga dapat menghentikan aksi hormon glukokortikoid yang menghancurkan kolagen di kulit yang ada stretch mark.

4. Asam Hialuronat

Asam hialuronat dipercaya dapat melindungi sel-sel yang memproduksi kolagen. Anda dapat menerapkan asam hialuronat pada kulit secara langsung. Selain itu, asam hialuronat hadir dalam berbagai krim, lotion dan produk perawatan kulit lainnya juga.

5. Vitamin A

Vitamin A merupakan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini hadir dalam banyak produk perawatan kulit dengan nama retinol. Tretinoin adalah retinoid (bentuk Vitamin A) yang digunakan untuk mengobati stretch mark

Namun, sebuah penelitian memberikan peringatan bahwa vitamin A oral tidak boleh digunakan selama masa kehamilan, saat menyusui atau bahkan saat Anda mencoba untuk hamil karena diketahui menyebabkan efek berbahaya bagi wanita hamil dan terkadang dapat menyebabkan iritasi kulit.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E sehingga dapat melembabkan kulit Anda. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa penggunaan minyak zaitun secara teratur selama kehamilan dapat mengurangi terjadinya stretch mark, sementara minyak lain dalam penelitian tersebut tidak menunjukkan efek tersebut.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan 

7. Teh Hitam

Anda bisa merebus beberapa sendok teh hitam ke dalam air dan melarutkan sedikit garam di dalamnya, air rebusan teh hitam ini dapat dioleskan pada bagian stretch mark setelah dingin. Menggunakan teh hitam sebagai obat alami stretch mark harus dilakukan secara rutin agar benar-benar hilang. Teh ini mungkin memiliki sedikit bukti ilmiah tetapi teh hitam kini digunakan oleh banyak orang.

8. Jus Kentang

Kentang biasa digunakan untuk meringankan lingkaran hitam di bawah mata dan terkenal bisa mencerahkan bagian guratan stretch mark. Jus kentang sendiri disebut-sebut bermanfaat bahkan untuk memudarkan bekas luka akibat luka bakar sehingga hal ini diyakini sebagian masyarakat untuk menghilangkan stretch mark pada kulit.

9. Putih Telur

Telur dapat menghilangkan stretch mark. Anda dapat memisahkan kuning telur dari putih telur dan gunakan bagian putihnya untuk dapat dioleskan langsung ke bagian stretch mark.

Itulah bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan stretch mark.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Pharmeasy. 2022. Natural Home Remedies for Stretch Marks. https://pharmeasy.in/blog/home-remedies-for-stretch-marks/.

Healthline. How to Get Rid of Stretch Marks: 11 Ingredients to Try. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-stretch-marks.

Health US News. Stretch Mark Treatments. https://health.usnews.com/drugs/rankings/top-rec-stretch-mark-treatments.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang