Bantuan
Free Tele x

Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Terbilang Membandel

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Nov 2021

Bagikan

Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Terbilang Membandel

Apakah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat batu? Jerawat batu atau kistik merupakan salah satu jenis jerawat yang cukup parah. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Selain itu, jerawat batu juga dapat muncul karena adanya bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori sehingga menyebabkan terjadinya infeksi kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan munculnya benjolan besar berwarna merah yang berisikan nanah.  

Baca Juga: Penyebab Jerawat dan Cara Menanganinya dengan Baik dan Benar

Perbedaan Jerawat Batu dengan Jerawat Biasa

Pada dasarnya jerawat batu sama halnya dengan jerawat biasa, yaitu masalah kulit yang tidak menular dan disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pori-pori. Hal yang membedakan jerawat batu dan jerawat biasa, yaitu peran hormon dalam menyebabkan munculnya jerawat. Jerawat batu sangatlah dipengaruhi oleh keseimbangan kadar hormon androgen di dalam tubuh. Ketika hormon androgen diproduksi dalam jumlah yang berlebih maka dapat menyebabkan kelenjar sebasea menjadi lebih aktif. Pada akhirnya, sebum menjadi lebih banyak sehingga pori-pori akan mudah tersumbat. 

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Lantas bagaimanakah cara menghilangkan jerawat batu tersebut? Anda bisa menghilangkan jerawat batu tersebut dengan beberapa cara di bawah ini. 

  1. Menggunakan Es Batu

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam menghilangkan jerawat batu, yaitu menggunakan es batu. Pasalnya, es batu dapat mengurangi gatal, pembengkakan, kemerahan, peradangan, dan juga nyeri yang disebabkan oleh jerawat batu. Cara menggunakannya, yaitu dengan mengoleskan es batu pada jerawat batu hingga rasa dinginnya terasa mengganggu. Disarankan untuk melakukan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari. 

  1. Masker Kunyit

Anda juga bisa menghilangkan jerawat batu dengan menggunakan masker kunyit. Pasalnya di dalam kunyit terdapat kandungan anti inflamasi yang dapat menenangkan kulit dan juga membersihkan pori-pori. Cara menggunakannya, yaitu dengan mencampurkan sedikit air dengan bubuk kunyit, lalu oleskan pada jerawat batu selama 45 menit. Mungkin pada beberapa orang cara ini dapat menyebabkan munculnya iritasi, jadi Anda perlu berhati-hati. 

  1. Mengoleskan Lidah Buaya

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Cara menggunakannya yaitu dengan mengambil bagian gelnya saja. Setelah itu, oleskan langsung pada jerawat batu di dan diamkan hingga mengering. Selain menggunakan lidah buaya langsung, Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya yang telah banyak dijual di pasaran. 

  1. Mengoleskan Tea Tree Oil

Cara menghilangkan jerawat batu yang membandel selanjutnya, yaitu dengan mengoleskan tea tree oil atau minyak pohon teh. Hal ini karena, tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mengatasi jerawat batu. Cara menggunakan, yaitu dengan mengolesnya ke area jerawat batu. 

  1. Mengoleskan Cuka Apel

Cara menghilangkan jerawat batu yang terakhir, yaitu dengan mengoleskan  cuka apel. Hal ini karena cuka apel memiliki kandungan asam organik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, cuka apel juga dapat mengurangi produksi minyak yang berlebih. 

Menghilangkan Jerawat Batu Secara Medis

Selain menggunakan beberapa bahan alami seperti yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa menghilangkan jerawat batu secara medis. Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat batu secara medis. 

  1. Antibiotik

Apabila jerawat batu yang Anda alami disebabkan oleh infeksi bakteri maka cara mengatasinya, yaitu dengan memberikan antibiotik. Pemberian antibiotik ini bertujuan untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat dan juga meredakan peradangan. 

  1. Obat Topikal

Biasanya dokter akan memberikan obat topikal atau obat salep untuk mengatasi jerawat batu. Umumnya, obat topikal yang diberikan akan memiliki kandungan retinoid, benzoil peroksida, asam azelaic, dan dapson. 

  1. Terapi hormon

Selain melalui dua cara di atas, jerawat batu juga dapat diatasi dengan melakukan terapi hormon. Caranya, yaitu dengan memberikan obat-obatan khusus yang dapat mengendalikan hormon terutama pada wanita. 

Nah itulah dia beberapa cara menghilangkan jerawat batu yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat, apabila Anda mengalami jerawat batu sebaiknya hindari memencet ataupun menyentuhnya. Pasalnya, hal ini hanya akan memperlambat proses penyembuhan jerawat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Vitamin C Untuk Hilangkan Bekas Jerawat

 

Sumber:

Frothingham, Scott. 2020.  7 Home Remedies for Cystic Acne. 

Diaz, Lisa M. 2020. How to Get Rid of Cystic Acne: Tips from a Dermatologist.

Bagikan artikel ini