Cara-Cara Manjur Hentikan Kebiasaan Merokok

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 May 2021

Bagikan

Cara-Cara Manjur Hentikan Kebiasaan Merokok

Kita tentu telah mengetahui bahaya merokok bagi kesehatan, tetapi nyatanya tidak mudah untuk menghentikan kebiasaan merokok. Berhenti merokok cukup sulit bagi kebanyakan orang, baik bagi orang-orang yang merokok hanya pada keadaan tertentu saja maupun perokok berat yang dapat menghabiskan satu pak rokok dalam satu hari setiap harinya.

Merokok merupakan sebuah adiksi fisik dan kebiasaan psikologis. Nikotin yang terkandung dalam rokok memberikan efek adiktif walaupun hanya sementara. Menghentikan konsumsi nikotin setelah penggunaan rokok yang cukup lama dapat menjadi suatu hal yang sangat mengganggu.

Karena nikotin dapat menimbulkan efek rasa nyaman di otak, orang yang terbiasa merokok membutuhkannya untuk melepas stres, meningkatkan rasa percaya diri, dan merasa lebih rileks.

Merokok juga dianggap mampu mengatasi depresi, kecemasan, dan rasa bosan. Dengan berhenti merokok, artinya seseorang harus mencari cara yang lebih sehat untuk mengatasi perasaan-perasaan tersebut. 

Perilaku merokok juga sering kali berkaitan dengan ritual sehari-hari. Beberapa orang terbiasa menyalakan rokoknya sambil meminum kopi di pagi hari, saat istirahat kerja atau sekolah, atau saat perjalanan pulang dari hari yang melelahkan. Ditambah lagi, apabila lingkungan sosial mendukung perilaku merokok, kamu tentunya akan lebih cenderung ikut merokok.

Untuk dapat sepenuhnya berhenti merokok, kamu perlu memperhatikan adiksi dan kebiasaan merokokmu. Dengan cara yang benar, siapapun bisa berhenti merokok, meskipun sudah mencoba berkali-kali dan gagal berkali-kali juga. Simak tips mengenai cara berhenti merokok di bawah ini!


Tentukan alasanmu berhenti merokok

Agar dapat termotivasi, kamu akan perlu alasan yang kuat dan personal untuk berhenti merokok, misalnya untuk melindungi keluarga, atau mengurangi risiko kanker paru-paru dan penyakit lainnya, atau untuk merasa lebih sehat. Tentukan alasan yang cukup kuat dan berpengaruh untuk menghalangimu tiap rasa ingin merokok mulai muncul.


Mintalah bantuan orang-orang terdekatmu

Beritahu teman-temanmu, keluargamu, dan orang-orang tersayangmu lainnya bahwa kamu bersungguh-sungguh ingin berhenti merokok. Mereka bisa mendukungmu dan mengingatkanmu saat tidak tahan untuk menyalakan rokok. Terkadang, nasihat dan teguran orang lain lebih berpengaruh daripada pemikiran diri sendiri.


Cari cara lain yang lebih sehat untuk mengatasi masalah-masalah yang biasa diselesaikan dengan rokok

Zat nikotin yang terkandung dalam rokok dapat memberi efek menenangkan dan memberi rasa nyaman. Tidak adanya asupan nikotin setelah merokok dalam waktu yang lama mungkin akan menimbulkan rasa resah dan tidak nyaman. 

Oleh karena itu, kamu perlu mencari jalan lain untuk mengatasi rasa stres, cemas, dan perasaan-perasaan negatif lainnya yang biasa kamu atasi dengan rokok. Contohnya dapat berupa berolahraga untuk melepas tekanan, mendengarkan musik favoritmu, bertemu dengan teman-teman dekatmu, atau kamu dapat juga mencari hobi baru yang lebih positif. 

Sebisa mungkin hindari situasi yang dapat memicu stres pada beberapa minggu pertama kamu mulai berhenti merokok.


Hindari pemicu-pemicu rokok

Kenali kebiasaan merokokmu. Apakah kamu terbiasa merokok setiap saat seusai makan? Apakah kamu terbiasa merokok apabila berkumpul dengan teman-temanmu? Apakah kamu terbiasa merokok di pagi hari sambil meminum kopi? Mengenali pemicu dapat membantumu menghindari perilaku merokok. Beberapa pemicu yang umum yaitu:

  • Alkohol. Sebagian orang selalu merokok saat mereka sedang meminum alkohol. Coba gantikan alkohol dengan minuman non-alkohol atau minumlah di tempat di mana merokok tidak diperbolehkan.

  • Perokok lain. Ketika kamu dikelilingi oleh sesama perokok, kamu akan merasa lebih sulit untuk menahan diri untuk tidak merokok. Beritahu ke orang-orang sekitarmu bahwa kamu sedang mencoba berhenti merokok supaya mereka lebih menghargaimu dan tidak mengajakmu untuk ikut merokok.

  • Merokok setelah makan. Sebagian orang merasa tidak puas apabila tidak merokok setelah makan. Apabila kamu salah satunya, kamu bisa coba mencari pengganti rokok untuk dikonsumsi setelah makan, misalnya buah-buahan, makanan pencuci mulut yang lezat, coklat, permen karet, dan lain-lain.


Berhenti merokok pada awalnya memang terasa sangat sulit. Jangan langsung menyerah apabila kamu sempat gagal. Segera kembali hindari rokok dan minimalisir aksesmu dari rokok yang terlihat. Seiring waktu kamu akan mulai merasakan manfaatnya pada kesehatan tubuhmu dan suatu saat kamu akan sangat berterima kasih pada dirimu sendiri!


Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Pengaruh Rokok Terhadap Stroke


Referensi:

  1. https://www.helpguide.org/articles/addictions/how-to-quit-smoking.htm 

  2. https://www.webmd.com/smoking-cessation/ss/slideshow-13-best-quit-smoking-tips-ever

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi