Bosan dengan Rambut Pendek? Berikut Ini Cara Memanjangkan Rambut yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Ketahui Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat

Mengetahui cara memanjangkan rambut dengan cepat, merupakan hal yang sangat penting bagi mereka yang bosan dengan rambut pendek ataupun memiliki masalah dengan rambut rontok berlebihan.

Tidak perlu khawatir, karena cara memanjangkan rambut sejatinya sangatlah mudah dan bisa Anda lakukan dengan sendiri di rumah, tanpa perlu mengikuti perawatan yang mahal, ataupun mengkonsumsi suplemen yang belum terbukti efektivitasnya dalam mengatasi rambut rontok.

Berikut ini adalah beberapa cara memanjangkan rambut yang bisa Anda lakukan. Namun sebelum memasuki pembahasan mengenai hal tersebut, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu bagaimana rambut Anda tumbuh.

Bagaimana Rambut Bisa Tumbuh?

Setiap manusia pada dasarnya terlahir dengan folikel rambut yang cukup banyak, seratus ribu diantaranya berada di kulit kepala Anda. Dengan begitu, adalah hal yang wajar jika Anda kehilangan sekitar 50 sampai 100 helai rambut setiap harinya. Hal ini karena rambut yang rontok tersebut dapat tumbuh kembali dari folikel-folikel yang sangat banyak jumlahnya tadi.

Darah yang ada di kulit kepala Anda nantinya akan menuju ke setiap folikel rambut tersebut, untuk memasok oksigen dan juga nutrisi ke akar rambut. Hal inilah yang kemudian membantu rambut Anda tumbuh. 

Cara Memanjangkan Rambut

  1. Mencukupi Kebutuhan Protein Harian

Protein adalah salah satu hal penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk dalam hal memanjangkan rambut Anda. Apabila Anda melakukan diet secara berlebihan dan dengan sangat ketat, terlebih lagi jika Anda tidak memenuhi kebutuhan protein harian, maka rambut Anda tidak akan tumbuh dengan optimal, bahkan menjadi lebih rontok.

Untuk itu, cobalah untuk memenuhi kebutuhan protein harian, kira-kira sekitar 50 gram setiap harinya. Hal ini bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi telur, dada ayam, daging tanpa lemak, ikan tuna, dan sumber-sumber protein lainnya.

  1. Menggunakan Minyak Esensial

Cara memanjangkan rambut yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan menggunakan minyak esensial. Minyak esensial biji labu tidak hanya memiliki bau yang harum, namun juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut bagi pria.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa 400 miligram minyak esensial biji labu dapat membuat pertumbuhan rambut meningkat sebesar 40%. Tidak hanya minyak esensial biji labu, Anda juga bisa menggunakan minyak lainnya seperti minyak zaitun ataupun minyak kepala. 

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung, Ini Cara Melemaskan Rambut Yang Mengembang Dan Sulit Diatur

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Memenuhi kebutuhan nutrisi merupakan salah satu cara memanjangkan rambut yang bisa Anda lakukan. Makanan ataupun minuman yang Anda konsumsi memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, salah satu cara memanjangkan rambut yaitu dengan menerapkan pola makan sehat.

Apabila Anda ingin memanjangkan rambut, sebaiknya hindari diet yang dapat mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan. Apabila Anda tetap ingin diet, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gizi dan juga spesialis kulit untuk mengatur pola makan Anda. 

  1. Batasi Penggunaan Alat-Alat Bersuhu Tinggi

Apabila Anda ingin memanjangkan rambut, sebaiknya membatasi penggunaan alat-alat perawatan rambut yang berpotensi merusak rambut seperti hair dryer.

Hal ini karena suhu tinggi yang dihasilkan oleh hair dryer akan membuat rambut menjadi mudah rontok dan rapuh. Apabila Anda tetap ingin menggunakan hair dryer, sebaiknya gunakan krim anti panas untuk rambut terlebih dahulu agar tidak rusak. 

  1. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kencang 

Mengikat rambut dengan terlalu kencang adalah kebiasaan yang harus Anda tinggalkan apabila Anda ingin memanjangkan rambut dengan cepat. Hal ini karena cara ini hanya akan membuat rambut Anda rusak dan menyebabkan rambut cepat rontok.

Secara fisik pun, mengikat rambut dengan terlalu kencang dapat membuat rambut Anda tertarik ataupun putus. Untuk itu, cobalah mengubah kebiasaan ini jika Anda ingin rambut cepat panjang. 

Nah, itulah beberapa cara memanjangkan rambut yang dapat Anda lakukan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan Anda melakukan setiap cara yang telah dijelaskan di atas. Semoga informasi mengenai cara memanjangkan rambut ini bisa membantu Anda yang ingin segera memiliki rambut yang panjang. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berbagai Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Tidak Anda Sadari

 

Sumber:

1. Cobb, Cynthia. 2020. 10 Best Ways to Boost Hair Growth. 

2. Anushka F. 2021. How To Make Hair Grow.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi