Bantuan

Bisa Menjadi Pilihan, Inilah Obat Batuk Anak Tradisional Yang Ampuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Mar 2022

Bagikan

obat batu anak

Tentu menjadi penting untuk anda mengetahui obat batuk anak tradisional yang ampuh. Batuk merupakan cara tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan anda, baik dari dahak atau pemicu iritasi yang lainnya. Meskipun memiliki tujuan untuk melindungi tubuh tetapi, bantuk yang tidak cepat sembuh tentunya akan membuat anda kesal dan jengkel. Biasanya batuk akan semakin parah pada malam hari, utamanya saat anda sedang dalam posisi terbaring. Diketahui bahwa baik batuk kering atau biasa dan berdahak, adalah diakibatkan adanya infeksi virus atau bakteri, asam lambung, asma, dan asam lambung yang naik. 

Obat batuk anak tradisional yang ampuh 

Untuk dapat mengatasi batuk atau mengobatinya anda dapat membeli obat batuk biasa, juga atau ke dokter atau layanan kesehatan. Namun, pernahkah anda berpikir untuk mengobatinya dengan obat batuk anak tradisional yang ampuh? Bila anda belum tahu maka, simak obat batuk anak tradisional di bawah ini:

  1. Teh madu hangat

Dari studi yang dilakukan diketahui bahwa madu adalah obat batuk anak tradisional yang ampuh. Sebuah penelitian melakukan perbandingan anak-anak batuk yang diobati dengan madu, dan anak yang diberikan obat batuk dextromethorphan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa madu memberikan rasa lega, pada tenggorokan daripada obat batuk dextromethorphan. Untuk menggunakan obat ini juga sangatlah mudah, yang mana anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh madu dan air hangat, juga atau teh herbal. Kemudian anda dapat meminumnya setiap sekali atau dua kali sehari. 

  1. Banyak minum air

Selanjutnya adalah air meskipun ini bukan obat tradisional namun, tidak kalah dengan obat batuk anak tradisional yang ampuh. Perlu anda ketahui bahwa menjaga kadar cairan tubuh sangat penting untuk anak, yang sedang mengalami batuk maupun pilek. Penelitian menunjukkan bahwa minum air bisa meredakan gejala batuk, bersin, dan pilek yang anak alami. Minum air ini sebaiknya dengan suhu ruangan, bila batuk anak disertai radang tenggorokan maka, hindari minum air yang terlalu panas. Beberapa jenis bahan tradisional yang dapat anda campurkan dengan air adalah teh herbal, kaldu, dan wedang jeruk. 

  1. Jahe

Jahe adalah obat batuk anak tradisional yang ampuh selanjutnya. Rempah satu ini biasa digunakan sebagai bumbu dapur, atau bahan jamu yang mana memiliki senyawa anti radang. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa anti radang ini bisa melemaskan membran pada saluran udara. Maka dari itu, intensitas batuk dapat jadi berkurang. Anda dapat menyeduh 20 sampai 40 gram dari irisan jahe, ke secangkir air panas. Lalu diamkan selama beberapa menit sebelum anak minum. Untuk meningkatkan efek atau khasiatnya, anda dapat menambahkan bahan alami lainnya yakni seperti madu. Lemon juga dapat menjadi pilihan bahan alami untuk obat batuk anak tradisional ini. 

  1. Thyme

Sama dengan jahe, thyme juga menjadi rempah yang cukup sering digunakan untuk bumbu masakan. Tak hanya sebagai bumbu masakan, thyme juga berfungsi untuk obat batuk anak tradisional yang ampuh. Adanya kandungan antioksidan pada thyme bisa meredakan batuk anak. Terutama jika jenis batuk tersebut adalah bronkitis. Anda dapat seduh dua sendok teh thyme yang kering dengan secangkir air panas. Diamkan selama sepuluh menit, saring, kemudian anda dapat meminumnya. Obat tradisional satu ini bisa anda konsumsi dalam waktu beberapa kali sehari. 

  1. Peppermint

Dikenal mempunyai khasiat sebagai obat batuk anak tradisional yang ampuh, selanjutnya adalah peppermint. Peppermint mempunyai kandungan menthol yang mana mampu melegakan tenggorokan. Juga bertindak untuk pemecah lendir atau disebut dekongestan. Untuk mengolahnya sebagai obat batuk anak juga sangat mudah, dimana anda hanya perlu minum teh peppermint atau menghirup uap minyak esensial dari peppermint. 

Itu tadi obat batuk anak tradisional yang ampuh, yang bisa anda coba. Sangat mudah dan murah bukan? Obat tradisional tersebut dapat dengan mudah anda temukan di warung, pasar tradisional, juga pasar modern. Apabila anak sudah mengonsumsi obat tradisional ini selama 3 minggu namun, tidak ada perkembangan yang lebih baik. Maka, segeralah periksakan anak ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Ragam Obat Batuk Kering yang Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Medical news today

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang