Bantuan
Bantuan

Bisa Digunakan Sebagai Masker, Ini Manfaat Gandum untuk Kecantikan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Feb 2022

Bagikan

Manfaat Gandum

Tahukah Anda bahwa ada manfaat gandum untuk kecantikan? Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi kandungan nutrisi dalam gandum banyak digunakan orang untuk kecantikan. Gandum merupakan tanaman sereal berasal dari suku padi padian, yang mana mengandung banyak karbohidrat. Biasanya, gandum dimanfaatkan untuk memproduksi tepung terigu, juga pakan ternak. Gandum juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc, yang mana merupakan asam fitat dimana mampu mencegah dan mengikat mineral. Gandum menjadi salah satu makanan, yang banyak dipilih orang untuk dijadikan sebagai menu sarapan. Bahkan, bukan hanya untuk menu sarapan saja tetapi juga untuk menu makanan sehari-hari. Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa gandum sangat populer? Sederhana saja, ini karena gandum memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Manfaat gandum juga tidak main-main, seperti dapat menahan rasa lapar sepanjang hari. Gandum juga “ramah” dikonsumsi untuk seorang yang menderita diabetes.

Manfaat gandum untuk kesehatan

Miliki banyak kandungan nurtrisi, gandum tentu saja memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, yakni seperti:

  1. Menurunkan Kolesterol

Dimana gandum mampu mencegah tubuh untuk menyerap kolesterol. Hal ini akan berpengaruh pada tubuh yang tidak rentan terkena serangan jantung sehingga dikatakan juga gandum mampu mencegah risiko penyakit jantung. 

  1. Menurunkan Hipertensi

Mengonsumsi gandum dapat bantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tentu hal ini penting karena hipertensi dapat memicu seseorang terkena serangan jantung. Tak hanya bisa menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi mengonsumsi gandum juga mampu menurunkan level atau kadar gula darah. 

  1. Mencegah Batu Empedu

Manfaat gandum untuk kesehatan tubuh ini dapat dirasakan karena adanya kandungan serat larut. Dimana serat larut dapat menurunkan sekresi asam empedu. Asam empedu ini jika jumlahnya berlebihan dalam tubuh, maka dapat menyebabkan pembentukan batu empedu. 

Manfaat gandum untuk kecantikan

Tak hanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun ada manfaat gandum untuk kecantikan yang bisa Anda rasakan.

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Bisa dijadikan sebagai masker untuk wajah, gandum mengandung vitamin dan mineral. Dimana kedua kandungan nutrisi ini bisa merawat wajah, sampai wajah Anda terlihat menjadi lebih cerah. Kandungan mineral dan vitamin ini, bisa mengeluarkan kotoran yang mengendap pada wajah dan tubuh. Anda bisa mencampur gandum dan bahan alami lainnya, yakni, seperti air dan madu untuk dijadikan sebagai masker. 

  1. Melembapkan Kulit

Manfaat gandum untuk kecantikan selanjutnya tentu Anda akan suka. Di mana penggunaan gandum pada kulit, bisa menjaga kulit terhidrasi, yakni dengan membentuk lapisan yang tipis pada permukaan yang mana bertugas untuk menahan air di kulit. 

  1. Obat Jerawat

Untuk Anda yang memiliki masalah jerawat maka manfaat gandum untuk kecantikan ini bisa Anda coba. Adanya kandungan zinc dalam gandum, akan bantu mengatasi peradangan yang terjadi karena jerawat. Tak hanya itu, gandum juga akan berperan dalam melawan bakteri penyebab jerawat. Seperti yang adan ketahui bahwa jerawat terjadi karena adanya sel kulit kulit mati, minyak berlebih, dan adanya kotoran pada kulit. Disini, gadum bisa mengatasi ketiga hal tersebut, yang mana adalah penyebab utama munculnya jerawat. 

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Anda dapat menggunakan gandum sebagai eksfoliator wajah tanpa efek samping. Ini cocok untuk Anda yang mungkin khawatir atau takut, dengan produk skincare yang kandungannya tidak aman untuk kulit, bahkan mungkin akan berisiko untuk membuat kulit menjadi kemerahan atau sampai merusak kulit karena efek sampingnya. Dengan menggunakan gandum, Anda dapat mengaplikasikannya dengan lembut agar kulit tidak mengalami iritasi. 

  1. Atasi kulit kering dan gatal

Adanya pH lembut dalam gandum untuk menormalkan pH kulit. Gatal itu sendiri bisa muncul karena tingkat pH kulit yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering. Menggunakan gandum untuk kecantikan juga bisa bantu menenangkan kulit yang meradang. Kondisi meradang ini bisa disebabkan oleh infeksi atau adanya ruam.

Gandum cocok untuk Anda yang mungkin merasa takut atau khawatir menggunakan skincare karena kandungannya yang mungkin menyebabkan efek samping. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Beragam Jenis Gandum Terbaik untuk Kesehatan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Detik.com

Orange magazine

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang