Bantuan

Berikut Ini Cara Agar Rambut Tidak Mengembang Yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Jul 2021

Bagikan

Berikut Ini Cara Agar Rambut Tidak Mengembang Yang Bisa Anda Lakukan

Apakah Anda tahu bagaimana cara agar rambuttidak mengembang? Rambut yang mengembang seringkali membuat Anda kesal, karenasulit disisir dan juga diatur. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena adabeberapa cara yang dapat Anda lakukan agar rambut tidak mengembang. Apa sajacara tersebut? Simak penjelasan di bawah ini. 


1.  Menyisir rambut menggunakan tanganyang basah

Cara agar rambut tidak mengembang yang pertamayaitu menyisir rambut menggunakan tangan yang basah. Anda tidak dapat memaksamenyisir rambut yang mengembang karena hanya akan mengganggu kutikula rambutyang menyebabkan rambut rusak. Selain itu, menyisir rambut dalam kondisi keringjuga dapat merusak kutikula yang menyebabkan rambut kering. Oleh karena itu,Anda perlu menyisir rambut dengan tangan yang basah agar tidakmengembang. 


2.  Membatasi penggunaan alat perawatanrambut

Cara agar rambut tidak mengembang yangselanjutnya yaitu membatasi penggunaan alat perawatan rambut seperti catokandan hair dryer. Rambut yang terpapar panas secara terus menerus dapat mengalamikerusakan. Sebaiknya Anda mengeringkan rambut menggunakan kipas angin. Namun,jika terpaksa menggunakan alat perawatan rambut, Anda bisa mengoleskan produkrambut yang dapat melindunginya dari panas. 


3.  Menggunakan perawatan rambut yangtidak mengandung alkohol

Apabila Anda ingin memiliki rambut yang tidakmengembang, Anda bisa menggunakan produk perawatan rambut yang tidak mengandungalkohol. Produk perawatan rambut yang mengandung alkohol dapat membuat rambutmenjadi kering dan rentan mengembang. Oleh karena itu, menggunakan produkperawatan rambut bebas alkohol merupakan salah satu cara agar rambut tidakmengembang.


4.  Melindungi rambut dari paparan sinarmatahari

Dalam sebuahpenelitian dalam jurnal Collegium Antropologicum membutktikan bahwa paparansinar UV dari sinar matahari dapat mengganggu kondisi rambut. Sinar UV mampumerusak struktur batang rambut. Kerusakan yang terjadi berupa berkurangnyawarna rambut dan menghilangkan protein rambut yang menyebabkan rambut keringdan mengembang. Oleh karena itu, lindungi rambut Anda dari paparan sinarmatahari dengan menggunakan topi atau produk perawatan rambut.  


5.  Memakai sarung bantal berbahan satin

Menggunakan sarung bantal berbahan satin dapatAnda lakukan untuk mengatasi rambut yang mengembang. Hal ini karena, kainyang  berbahan satin mampu mencegah terjadinya gesekan pada batang rambutsehingga membuat rambut bebas dari kusut. Apabila Anda tidak memiliki sarungbantal berbahan satin, Anda bisa menggunakan gaya rambut kepang yang longgar.


6.  Menggunakan masker rambut

Cara agar rambut tidak mengembang yangselanjutnya yaitu menggunakan masker rambut secara rutin. Masker rambut iniakan menjaga kelembapan rambut sekaligus menutrisinya sehingga rambut bebaskusut. Anda bisa mendapatkan produk masker rambut di pasaran dan Anda juga bisamenggunakan bahan-bahan alami. Setidaknya Anda melakukan hal ini seminggusekali.


7.  Menghindari keramas yang terlalusering

Terlalu sering keramas, justru membuat rambutAnda kering dan sulit diatur. Hal ini karena, kulit kepala dan rambut akankering jika berlebihan di cuci. Selain itu, keramas yang terlalu sering akanmembuat minyak alami kepala berkurang. Minyak alami kepala ini berfungsi untukmenjaga kelembapan rambut, jika berkurang dapat menyebabkan rambut menjadi kakudan mengembang. 


8.  Mengeringkan rambut menggunakanhanduk microfiber

Cara agar rambut tidak mengembang yangselanjutnya yaitu mengeringkan rambut menggunakan handuk microfiber. Kainmicrofiber cenderung lebih lembut dan halus, sehingga membuat batang rambuttidak saling bergesekan. Tidak hanya itu, penggunaan handuk  ini jugadapat mengatasi rambut kusam dan bercabang.


9.  Mengoleskan cuka apel

Anda juga bisa mengoleskan cuka apel agar rambuttidak mengembang. Hal ini karena, rambut yang sehat umumnya bersifat lebihasam, sehingga ketika kondisi menjadi terlalu basa, maka kutikula akan terbukadan rambut tidak mengembang. Cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mencampurcuka apel dengan segelas air dan mengoleskan ke rambut selama 1-3 menit.Setelah itu, bilaslah dengan air sejuk dan keringkan. 


Nah, itulah beberapa cara agar rambut tidakmengembang. Pada dasarnya penyebab rambut mengembang adalah rambut yang keringdan kehilangan kelembapan. Oleh karena itu, sebaiknya jaga kondisi rambut Andatetap lembap agar terhindar dari rambut mengembang.  

 

Referensi :

  • Sara Spruch-Feiner. How To Get Rid Of Frizzy Hair: 14 Tricks To FightFrizz Fast. (2020).
  • Whelan, Corey. 5 Home Remedies for Frizzy Hair, Plus Tips forPrevention. (2019)
  • Fries, Wendy C. How to Tame Frizzy Hair. 
Bagikan artikel ini