Bantuan
Free Tele x

Berikut Ini Adalah Cara Mandi Wajib di Bulan Ramadhan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 19 Apr 2022

Bagikan

cara mandi wajib di bulan ramadhan

Mari mengetahui bagaimana tata cara mandi wajib di bulan Ramadhan. Mandi wajib sesudah melakukan hubungan intim dengan suami adalah wajib bagi umat Muslim. Setiap umat Muslim diharuskan untuk mandi wajib atau mandi junub guna membersihkan diri dari hadast besar sebelum melakukan ibadah. Untuk wanita mandi wajib dilakukan sesudah berhubungan seks, berhenti haid, dan juga sesudah nifas. 

Namun, jika mandi wajib dilakukan sesudah terbit fajar saat Ramadhan, bagaimana hukumnya? Saat bulan Ramadhan datang, pertanyaan tersebut sering kali terlontar. Hal ini wajar saja karena masih banyak orang yang ragu ketika memaknai mandi wajib. Serta kaitannya dengan saat puasa di bulan Ramadhan. Di bulan Ramadhan, mandi wajib menjadi hal yang sangat disarankan guna menyempurnakan ibadah dan terbebas dari hadast besar. Bila Anda tidak mandi wajib atau mandi junub, maka ibadah dianggap tidak sah. 

Oleh karenanya, sangat penting untuk mandi junub terlebih lagi di bulan Ramadhan. Di mana pada bulan penuh berkah ini, umat Islam berlomba untuk memperoleh pahala sebanyak mungkin. Supaya tubuh selalu terbebas dari hadast besar, maka tidak ada salahnya untuk menjalankan mandi junub di bulan Ramadhan. Sebab-sebab yang mengharuskan seseorang mandi wajib yakni bersetubuh, terhentinya darah menstruasi bagi wanita, keluarnya darah nifas, keluarnya air mani secara sengaja atau tidak bagi pria, meninggal dunia selain mati syahad, dan wiladah atau saat wanita selesai melahirkan secara normal. 

Walau yang dilahirkan masih berupa daging atau segumpal darah, mandi wajib tetap harus dilakukan. Sedangkan mandi wajib untuk mereka yang melahirkan secara caesar, masih menimbulkan perdebatan antara para ulama.

Tata Cara Mandi Wajib di Bulan Ramadhan

Ritual mandi junub sebenarnya sama dengan membersihkan diri saat mandi sehari-hari. Akan tetapi, Anda perlu membaca niat serta mengikuti bagaimana tata cara mandi wajib di bulan Ramadhan. Sesuai urutannya, maka tata cara mandi wajib di bulan Ramadhan yakni sebagai berikut: 

  1. Terlebih dahulu membaca niat mandi wajib, di mana Anda harus menyesuaikan niat dengan tujuan melakukan. Untuk wanita ada tiga niat mandi junub yakni niat mandi wajib secara umum, niat mandi wajib sesudah nifas, dan juga niat mandi sesudah menstruasi. 

  2. Kemudian membersihkan telapak tangan sebanyak tiga kali, lalu bersihkan dubur serta alat kelamin. Mengikuti sunnah Rasallullah, maka mencuci tangan dapat dilakukan sebanyak tiga kali. Hal ini agar tangan menjadi bersih dan guna menghindari najis. 

  3. Lalu, bersihkan kemaluan, dubur, bawah ketiak, pusar, dan bagian lainnya. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang menempel di sekitarnya menggunakan tangan kiri. 

  4. Cara mandi wajib di bulan Ramadhan selanjutnya yaitu dengan mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau menggosokkannya ke tanah.

  5. Saat tangan sudah bersih dari hadast, maka Anda dapat wudhu sempurna seperti ketika akan shalat. 

  6. Kemudian Anda dapat mengguyurkan air pada bagian kepala sebanyak tiga kali sampai ke pangkal rambut.

  7. Lalu Anda dapat mencuci kepala sebelah kanan dilanjutkan ke bagian kiri.

  8. Membersihkan atau menyela-nyela rambut sampai ke bagian dalam rambut menjadi cara mandi wajib di bulan Ramadhan selanjutnya.

  9. Cara mandi wajib di bulan Ramadhan terakhir yakni dengan mengguyurkan air di seluruh badan. Mulai dari bagian kanan dan lanjut ke bagian kiri tubuh. 

Jangan pernah anggap remeh mandi wajib, karena dalam Islam ini terkait dengan kesucian ibadah yang penting diperhatikan. Salah satu hal faktor penting dalam rumah tangga yakni dengan menjaga hubungan suami istri agar tetap harmonis. Hubungan intim bukanlah hanya mengenai biologis, namun dalam Islam juga mengenai bentuk ibadah kepada Allah SWT. 

Salah satu hal penting untuk menyempurnakan ibadah ini yakni dengan memperhatikan cara mandi wajib atau mandi junub yang benar sesudah melakukan hubungan intim. Di mana mandi junub merupakan suatu hal yang harus dilakukan guna membersihkan diri dari hadast besar, yang mana sebelumnya sudah dijelaskan. Sesudah Anda memahami dengan baik bagaimana tata cara mandi wajib di bulan Ramadhan. Maka, semoga ibadah yang Anda jalankan selama bulan penuh berkah ini diterima oleh Allah SWT. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Manfaat Mandi Air Dingin yang Wajib Anda Ketahui

Referensi

https://islam.nu.or.id/thaharah/niat-cara-dan-adab-mandi-wajib-atau-mandi-junub-Km7xi

https://islam.nu.or.id/thaharah/ini-sebab-sebab-mandi-wajib-hKBlr

https://akuislam.com/blog/ibadah/cara-mandi-wajib/

Islampos

Muslim.or,id

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami