Bantuan

Berhati-Hatilah, Ini Dampak Kebanyakan Minum Kopi yang Mengintai Anda

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Mar 2022

Bagikan

dampak kopi

Sudahkah Anda tahu apa dampak kebanyakan minum kopi? Kopi sering kali dijadikan sebagai solusi untuk menghilangkan rasa kantuk agar lebih berkonsentrasi. Akan tetapi, mengonsumsi kopi secara berlebihan justru menimbulkan dampak yang tidak bisa dianggap remeh. 

Pada dasarnya, mengonsumsi kopi dalam batas yang wajar tidak akan menimbulkan masalah pada tubuh. Batas wajar mengonsumsi kopi yaitu 2 hingga 3 cangkir dalam sehari. Namun, jika Anda mengonsumsinya lebih dari 4 cangkir dalam sehari, maka bukan hal mustahil dampak kebanyakan minum kopi akan menghantui Anda. 

Dampak kebanyakan minum kopi

Lantas apa saja dampak kebanyakan minum kopi tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka simak terus penjelasan di bawah ini.

  1. Insomnia

Pada umumnya, kopi digunakan menghilangkan rasa kantuk karena memiliki kandungan kafein.  Akan tetapi, asupan kafein yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh membuat waktu tidur semakin berkurang dan tubuh tidak bisa tidur dengan nyenyak. Pada akhirnya Anda akan mengalami gangguan tidur salah satunya yaitu insomnia. Insomnia itu sendiri merupakan gangguan tidur yang membuat penderitanya sulit tidur walaupun memiliki waktu untuk tidur. 

  1. Kerusakan otot

Dampak buruk dari kebanyakan mengonsumsi kopi yang selanjutnya yaitu terjadinya kerusakan otot. Salah satu kerusakan otot yang disebabkan asupan kafein yang berlebih yaitu rhabdomyolysis yang merupakan kondisi di mana serat otot memasuki aliran darah. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal dan juga masalah lainnya. 

  1. Jantung berdetak lebih cepat

Mengonsumsi kopi terlalu banyak juga dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Hal ini dibuktikan dalam sebuah kasus percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh seorang wanita. Pada saat ini, wanita tersebut mengonsumsi kafein dalam jumlah besar sehingga mengakibatkan detak jantung yang berdetak cepat dan masalah kesehatan serius lainnya. 

  1. Kelelahan

Beberapa minuman berkafein seperti kopi sebenarnya dapat meningkatkan energi. Akan tetapi, dapat juga menimbulkan efek yang sebaliknya yang membuat tubuh Anda menjadi kelelahan. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin mengalami dampak buruk kebanyakan minum kopi yang satu ini, maka konsumsilah kopi dalam jumlah yang wajar. 

  1. Sering buang air kecil

Dampak kebanyakan minum kopi yang selanjutnya yaitu sering buang air kecil. Hal ini disebabkan karena kopi memiliki kandungan kafein yang bersifat diuretik sehingga dapat merangsang pembuangan urine yang membuat Anda lebih sering buang air kecil. Oleh karena itu, bagi orang yang terlalu banyak mengonsumsi kopi, akan cenderung lebih sering bolak-balik kamar mandi. 

  1. Caffeine withdrawal

Ketika seseorang sudah terbiasa mengonsumsi kopi, namun tiba-tiba berhenti maka akan mengalami caffeine withdrawal. Orang yang mengalami efek samping yang satu ini akan merasa pusing, mual, cepat lelah, sakit kepala, sulit berkonsentrasi sehingga suasana hati yang tidak stabil. Oleh karena itu, bagi Anda pecandu kafein yang ingin berhenti mengonsumsi kopi, lakukanlah secara bertahap dengan mengurangi porsinya. 

  1. Kecemasan 

Kebanyakan minum kopi juga dapat menyebabkan kecemasan. Hal ini, karena kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dengan cara menghalangi zat kimia yang membuat Anda merasa lelah atau efek edonosi. Akan tetapi, pada saat yang bersamaan terjadi pelepasan adrenalin yang terkait dengan meningkatkan energi. Ketika asupan kafein terlalu tinggi, maka efek ini akan semakin jelas sehingga menyebabkan kegugupan serta kecemasan. 

  1. Masalah pencernaan

Dampak kebanyakan minum kopi yang terakhir yaitu terjadinya masalah pada sistem pencernaan. Mungkin beberapa dari kamu pernah merasakan, ketika setelah minum kopi merasa ingin buang air besar. Hal ini karena kopi memiliki efek pencahar. Ketika terlalu banyak mengonsumsi kopi, maka usus akan menjadi lebih aktif sehingga membuat pergerakan usus menjadi lebih cepat.

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai dampak kebanyakan minum kopi yang menghantui Anda. Apabila Anda tidak ingin merasakan beberapa efek buruk yang sudah dijelaskan di atas, maka konsumsilah kopi dalam jumlah yang wajar. Selama Anda mengonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar, maka manfaatlah yang akan Anda dapatkan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengandung Kafein, Seberapa Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan?

Referensi

iSpritzler, Franziska. 2017. 9 Side Effects of Too Much Caffeine. https://www.healthline.com/nutrition/caffeine-side-effects#TOC_TITLE_HDR_2

Bagikan artikel ini