Bantuan

Berbagai Cara Mengatasi Hipertensi Tanpa Obat yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Feb 2022

Bagikan

kafein

Tahukah Anda, ternyata ada cara mengatasi hipertensi tanpa obat yang bisa Anda lakukan. Hipertensi merupakan suatu kondisi di mana seseorang mengalami tekanan darah yang tinggi. Apabila kondisi ini tidak ditangani, maka dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya seperti serangan jantung dan juga stroke. 

Seseorang dikatakan mengalami hipertensi jika memiliki tekanan darah melebihi 140/90 mmHg. Sedangkan pada orang normal, tekanan darah biasanya berkisar antara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. 

Cara Mengatasi Hipertensi Tanpa Obat 

Ada banyak penyebab mengapa seseorang bisa mengalami darah tinggi,  salah satunya gaya hidup yang tidak sehat hingga. Oleh karena itu, Anda bisa mengatasi hipertensi dengan memulai gaya hidup yang sehat. Berikut ini beberapa cara mengatasi hipertensi tanpa obat yang bisa Anda lakukan. 

  1. Kurangi konsumsi garam

Cara mengatasi hipertensi tanpa obat yang wajib Anda lakukan pertama, yaitu mengurangi konsumsi garam. Pasalnya, garam ini merupakan asupan yang paling berperan dalam hipertensi. Bahkan, hanya sedikit mengurangi konsumsi garam harian bisa meningkatkan kesehatan jantung. Bagi Anda yang sudah memiliki riwayat tekanan darah tinggi, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi garam melebihi 1.500 mg setiap harinya. Anda juga perlu memeriksa setiap  makanan kemasan yang hendak di makan. Perhatikan berapa banyak kandungan garam yang ada di dalamnya. 

  1. Kurangi asupan kafein

Tidak hanya garam, Anda juga perlu mengurangi asupan kafein setiap harinya. Pasalnya, mengonsumsi kafein dipercaya dapat meningkatkan tekanan darah hingga 10 mmHg jika dikonsumsi oleh orang yang jarang minum kafein, sedangkan pada orang yang sudah sering mengonsumsi kafein dipercaya hanya berdampak sedikit pada kenaikan tekanan darah. Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk mengurangi kafein agar tidak memicu naiknya  tekanan darah. 

  1. Olahraga teratur

Salah satu cara mengatasi hipertensi tanpa obat yang penting, yaitu olahraga yang teratur. Dengan berolahraga teratur, maka jantung akan menjadi lebih kuat dan efisien dalam memompa darah. Olahraga yang dilakukan pun tidak perlu yang sulit, cukup dengan berjalan kaki setiap hari maka Anda sudah terhitung berolahraga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan olahraga secara rutin dan teratur. Anda cukup berolahraga selama 30 menit setiap harinya. 

  1. Kurangi alkohol

Tahukah Anda, alkohol menyumbang 16% kasus tekanan darah tinggi yang ada di seluruh dunia. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengatasi hipertensi mulailah untuk mengurangi alkohol. Namun, bagi Anda yang sudah memiliki riwayat tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi alkohol terlebih dahulu. Hanya dengan menghindari alkohol, maka tekanan darah bisa turun sebanyak 4 mmHg. 

  1. Jaga berat badan ideal

Selain membuat penampilan tetap baik, menjaga berat badan ideal juga sangat berpengaruh pada kesehatan. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, maka akan terjadi peningkatan risiko tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badannya hingga ideal. Dengan menurunkan 1 kg berat badan, maka tekanan darah pun akan menurun sebanyak 1 mmHg.

  1. Kelola stres

Kerap disepelekan, ternyata stres menjadi salah satu penyebab utama terjadinya hipertensi. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengatasi hipertensi mulailah dari mengelola stres terlebih dahulu. Stres dapat berasal dari keluarga, pekerjaan, finansial, atau hal lainnya. Jika Anda ingin mengelola stres mulailah dari mengetahui  penyebabnya terlebih dahulu. Setelah itu coba tenangkan diri dan lakukan hal-hal yang Anda sukai atau bercerita dengan orang lain. 

  1. Cukupi waktu istirahat

Cara mengatasi hipertensi tanpa obat yang bisa Anda lakukan terakhir, yaitu dengan mencukupi waktu istirahat. Hal ini karena saat Anda tidur maka tekanan darah akan menurun. Jadi, pastikan Anda telah mencukupi waktu tidur setiap harinya selamat  6-7 jam. Selain itu, pastikan juga Anda tidur secara teratur di waktu yang sama agar tidak mengalami gangguan tidur. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai cara mengatasi hipertensi tanpa obat yang bisa Anda lakukan. Cara diatas tidak hanya bisa diterapkan bagi mereka yang sudah terkena hipertensi saja. Anda yang masih sehat pun bisa menerapkannya agar tidak mengalami hal yang sama. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Berbagai Buah untuk Hipertensi yang Wajib Anda Konsumsi

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Jennings, Kerri-Ann. 2020. 15 natural ways to lower your blood pressure. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318716

Hecht, Marjorie.2021.  17 Effective Ways to Lower Your Blood Pressure. https://www.healthline.com/health/high-blood-pressure-hypertension/lower-it-fast

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang