Bantuan
Free Tele x

Berapa Banyak Sebenarnya Kebutuhan Kalori Harian Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Jul 2021

Bagikan

Berapa Banyak Sebenarnya Kebutuhan Kalori Harian Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh?

Mengetahui kebutuhan kalori harian bagi tubuhmenjadi hal yang perlu diketahui. Apa itu kalori? Kalori adalah nilai yangmenunjukkan seberapa banyak, jumlah energi yang dapat diperoleh dari makanandan minuman. Kalori penting untuk tubuh manusia, tanpa kalori maka sel-seldalam tubuh akan mati. Tak hanya itu, organ-organ vital seperti paru-paru danjantung,  serta tidak akan mampumenjalankan proses dasar yang diperlukan untuk hidup.

 

Tubuh manusia membutuhkan kalori untuk bertahanhidup, mendapatkan kebutuhan kalori harian yang dibutuhkan setiap harinya darimakanan dan minuman yang dikonsumsi, maka anda akan mendapatkan kehidupan yangsehat. Tahukah anda bahwa kekurangan ataupun kelebihan dapat menyebabkanmasalah dalam kesehatan, lho! Apabila tubuh kekurangan kalori, maka dapatmenyebabkan masalah seperti :

 

  1. Kerontokanrambut, kebutuhan kalori harian yang kurang dapat menyebabkan rambut andamudah rontok. Rambut yang sehat dan kuat dipengaruhi oleh makananberkalori tinggi, juga yang mengandung zat besi, biotin, dan protein. Jikakalori kurang, tak hanya rambut rontok, maka kulit kepala juga terancammenjadi kering.
  2. Mudahlelah, jika asupan kalori anda kurang maka tubuh anda akan mudah merasalelah dan lemas. Hal ini dikarenakan makanan atau minuman berkaloritinggi, menjadi sumber energi untuk tubuh dapat menjalankan aktivitas.Biasanya sering terjadi pada pelaku diet yang salah, dimana orang tersebutmelakukan diet kalori berlebihan.
  3. Mudahmerasa emosi, ternyata kekurangan kebutuhan kalori harian dapatmenyebabkan anda merasa emosi seperti kesal dan marah terhadap segalasesuatu. Tubuh yang kekurangan kalori, juga akan mengalami kekuranganglukosa. Hal inilah yang menyebabkan otak akan memaksa tubuh, untukmemproduksi adrenalin. Adrenalin yang menimbulkan rasa ingin marah, kesal,dan emosi. 


Tak hanya kekurangan kebutuhan kalori harian,kelebihan kalori pun dapat mengganggu kesehatan tubuh anda. Beberapa penyakitseperti stroke, penyakit jantung, obesitas, dan hipertensi, akan semakinmeningkat risiko anda mengalaminya jika kalori berlebihan.


Lalu, seberapa banyak sebenarnya kebutuhankalori harian yang dibutuhkan tubuh? Kebutuhan kalori harian setiap orangberbeda-beda, tidak semua orang membutuhkan jumlah kalori yang sama. Hal inidikarenakan setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda, dan membakar energipada tingkat yang berbeda. Tak hanya itu, gaya hidup setiap orang juga berbeda.Pria membutuhkan 2.700 kkal per hari, sedangkan wanita kebutuhan kalori hariansebanyak 2.200 kkal.

 

Namun, ternyata kebutuhan kalori harian setiaporang, tergantung oleh beberapa faktor seperti berat badan, tinggi, bentuktubuh, bagaimana aktivitas hariannya, serta kesehatan tubuh orang tersebutsecara umum. Untuk mengetahui kebutuhan kalori harian, anda dapat melakukankonsultasi dengan dokter ahli. Mungkin terlihat sepele, namun hal ini pentinguntuk kesehatan anda tetap terjaga, agar dapat menjalankan aktivitas hariandengan normal. Saat ini, banyak kalkulator digitalyang dapat membantu anda menghitung kebutuhan kalori harian. Namun, jikaanda ingin coba menghitung sendiri, berikut ini cara menghitung kebutuhankalori harian :

 

  1. Tinggibadan (TB) dalam satuan cm.
  2. Beratbadan (BB) dalam satuan kg.
  3. Laluhitung berat badan ideal (BBI) anda, dengan cara :

BBI = (TB – 100) – (10% dari hasil TB – 100)

  1. Selanjutnya,ketahui kebutuhan kalori basal atau KKB, dengan cara :

Laki-laki        : 30 kkal xBBI

Wanita           : 25 kkal xBBI

  1. Terakhir,ketahui kebutuhan kalori harian dengan cara hitung KKT atau kebutuhankalori total, dengan cara :

KKT = KKB + % KKB aktivitas fisik -% KKB faktor koreksi

 

Bagaimana mengetahui persen dari aktivitas fisikdan faktor koreksi? Untuk aktivitas fisik dibagi menjadi tiga bagian,berdasarkan tingkat kesulitannya. Berikut rinciannya :

  1. Aktivitasringan, seperti membaca dan menyetir dengan persentase 10% dan berjalan 20%.
  2. Aktivitassedang, seperti menyapu 20% sedangkan jalan cepat dan bersepeda 30%.
  3. Aktivitas berat, seperti jogging, mendaki,dan aerobik dengan persentase 40%.

 

Untuk faktor koreksi yang perlu diperhatikanuntuk menghitung kebutuhan kalori harian, adalah seperti usia 40 sampai 59tahun dengan minus 5%, usia 60 sampai 69 tahun dengan minus 10%, lalu untukusia 70 tahun keatas maka faktor koreksinya adalah minus 20%. Nah, itu tadicara menghitung kebutuhan kalori harian yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Cukupmudah bukan? Dengan mengetahui ini, diharapkan anda lebih aware terhadap kalori dari makanan dan minuman yang akandikonsumsi.

 

Referensi :

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/263028
  • https://promkes.kemkes.go.id/wp-content/uploads/pdf/publikasi_materi_promosi/Informasi%20CERDIK/5.%20Diet%20Seimbang_425x28.5mm.pdf 
Bagikan artikel ini