Bantuan
Bantuan

Beragam Jenis Gandum Terbaik untuk Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Feb 2022

Bagikan

Gandum untuk kesehatan

Mengetahui jenis gandum terbaik untuk kesehatan penting untuk Anda ketahui. Dimana saat kantong sedang menipis, tetapi Anda tetap harus mengonsumsi makanan yang bergizi untuk memenuhi asupan nutrisi kesehatan, daripada mengonsumsi makanan cepat saji, yang mana tidak menyehatkan. Maka, Anda dapat memilih mengonsumi gandum untuk menu makanan. Bahan makanan satu ini banyak menyimpan manfaat kesehatan. Rasanya pun tidak kalah enak dengan makanan lainnya. Biaya yang akan Anda keluarkan untuk gandum juga tidak mahal sehingga cocok sekali untuk mengatasi kantong tipis akhir bulan.

Ada beragam jenis gandum terbaik untuk kesehatan, yang mana terkenal dengan manfaatnya yang baik. Salah satu kandungan yang dimiliki gandum, dimana cukup bermanfaat dalam jenis-jenis gandum adalah serat. Kelebihan gandum lainnya adalah dapat dipadukan dengan berbagai jenis bahan makanan lainnya sehingga juga akan menghasilkan hidangan yang lezat dan sehat. Di bawah ini adalah beberapa jenis gandum terbaik untuk kesehatan yang perlu untuk Anda ketahui:

Baca juga: “Isi Piringku”, Slogan Makanan Sehat Pengganti “4 Sehat 5 Sempurna”

  1. Brown rice 

Jenis gandum satu ini dapat menjadi pengganti nasi putih. Mengonsumsi beras cokelat menjadi cara mudah untuk menyerap lebih banyak serat, mineral, dan vitamin. Tak hanya menyehatkan tubuh, tetapi beras cokelat juga memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga Anda tidak berpikir dua kali untuk mengganti nasi putih dengan beras merah. 

  1. Quinoa

Jill Merkel, seorang sports performance and wellness dietitian di nutrition for endurance mengungkapkan bahwa jenis gandum terbaik untuk kesehatan yakni quinoa menandung lebih banyak protein dibanding dengan beras merah. Maka dari itu, mengonsumsi quinoa dapat memberikan lebih banyak nutrisi. Jenis gandum quinoa juga menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang sedang mengikuti diet vegetarian. 

  1. Oats

Mungkin jenis gandum ini paling sering Anda dengar. Oats menjadi makanan sumber serat yang baik untuk tubuh. Jika Anda sedang mengikuti program diet dan ingin merasa lebih kenyang dalam jangka waktu yang lama. Maka, mengonsumsi oats menjadi pilihan terbaik. Oats dapat Anda jadikan menu sarapan, yang mana bisa membantu Anda merasa kenyang sampai siang hari. Rasa oats cocok untuk dijadikan menu manis atau gurih seperti bubur. Jika Anda menjalani diet, usahakan untuk tidak memberikan topping berlebihan serta yang mengandung gula tambahan. 

  1. Barley

Jenis gandum ini memiliki rasa lezat dan sedikit pedas. Barley cocok menjadi tambahan dengan sop, sayuran, atau jenis masakan lainnya yang mana membutuhkan nasi atau biji-bijian. Anda dapat menggunakan barley yang kulitnya telah dikupas terlebih dahulu sehingga Anda tidak perlu merendam terlebih dahulu sebelum dimasak. 

  1. Buckwheat

Jenis gandum terbaik untuk kesehatan ini biasa dikenal dengan nama sorgum. Banyak manfaat yang Anda dapatkan dengan mengonsumsi jenis gandum ini, yakni seperti untuk kesehatan jantung. Banyak juga kandungan nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh seperti, kalsium, vitamin B, protein, serat, dan magnesium. Perlu Anda ketahui juga, bahwa buckwheat merupakan jenis gandum yang bebas gluten atau gluten free

  1. Farro

Jenis gandum ini memiliki bentuk yang menyerupai beras padi. Sama seperti barley, kandungan dalam farro juga adalah seperti protein dan serat. Namun, jika membandingkan kedua jenis gandum ini maka, farro diklaim memiliki manfaat kesehatan yang jauh lebih banyak. Anda dapat menambahkan farro ke dalam menu makanan sehat Anda sehari-hari. 

  1. Soba

Memiliki bentu biji-bijan, jenis gandum ini adalah bahan makanan serba guna yang bebas gula. Soba juga merupakan bahan utama dalam pembuatan mie tradisional Jepang, yakni soba noodles. Dikatakan bahwa gandum soba cocok untuk Anda yang sedang menjalani diet. Tak hanya termasuk mudah, cara memasak soba juga dapat divariasikan ke dalam beberapa menu masakan, seperti bubur. Soba memiliki banyak kandungan vitamin sehingga cocok dijadikan makanan pendamping supaya asupan gizi menjadi seimbang. 

Tak hanya lezat dan menyehatkan bagi tubuh, harga yang murah menjadi kelebihan gandum. Dengan mengonsumsi gandum, kantong aman dan asupan nutrisi Anda pun akan terpenuhi. So, tunggu apalagi? Yuk, mulai konsumsi gandum.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Baca juga: Makanan Sehat untuk Mendapatkan Tubuh yang Sehat

Referensi

https://www.google.co.id/amp/s/m.medcom.id/amp/GNGjoDrK-jenis-jenis-gandum-sehat-dan-manfaatnya

https://www.google.co.id/amp/s/www.cermati.com/artikel/amp/kaya-serat-dan-baik-untuk-kesehatan-ini-dia-jenis-jenis-gandum-dan-manfaatnya

Bagikan artikel ini