Bantuan

Beberapa Obat Gusi Bengkak serta Tindakan Pencegahan Gusi Bengkak

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Nov 2021

Bagikan

Beberapa Obat Gusi Bengkak serta Tindakan Pencegahan Gusi Bengkak

Beberapa diantara And, mungkin akan segera mencari obat gusi bengkak ketika mengalami gusi bengkak. Hal ini karena gusi bengkak akan menimbulkan rasa nyeri yang nyut-nyutan, membuat Anda susah makan dan minum serta berbicara. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, banyak orang ingin segera mengonsumsi obat untuk mengatasinya. 

Lantas, obat apa saja yang ampuh mengatasi gusi yang bengkak? Berikut ini beberapa obat yang dapat Anda konsumsi.

Obat gusi bengkak

  1. Parasetamol

Obat gusi bengkak yang pertama yaitu parasetamol. Obat yang satu ini sangat mudah ditemukan. Anda dapat menemukannya di apotek hingga warung. Walaupun dapat dibeli tanpa resep dokter, Anda juga harus mengetahui dosis dan frekuensi minum obat ini. Parasetamol dapat dikonsumsi setiap 4 hingga 6 jam sekali. Pada orang dewasa, dosis aman untuk dikonsumsi yaitu 500 mg hingga 1 g. Sedangkan untuk bayi 2 bulan hingga 2 tahun, dosis yang aman yaitu 60 mg hingga 120 mg. 

  1. Larutan hidrogen peroksida

Obat gusi bengkak yang selanjutnya yaitu larutan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida itu sendiri merupakan antiseptik cair yang mampu melawan bakteri penyebab masalah pada gigi. Cara kerja larutan ini yaitu dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan area kulit yang terluka. Anda dapat menggunakan larutan ini dengan cara berkumur. Akan tetapi, Anda perlu mencampurkannya dengan air sebelum digunakan berkumur. Apabila tidak mencampurkan dengan air, maka dapat melukai gusi. 

  1. Ibuprofen

Obat ibuprofen merupakan obat gusi bengkak yang selanjutnya. Obat yang satu ini tidak hanya meredakan nyeri pada gusi bengkak, tetapi mampu juga meredakan demam. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti mengonsumsinya setelah makan, karena perut kosong hanya akan memperparah peradangan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan dosis aman untuk dikonsumsi. Pada orang dewasa, dosis aman berkisar antara 200 mg hingga 400 mg dan dapat dikonsumsi 4 hingga 6 jam sekali.

  1. Chlorhexidine

Obat gusi bengkak yang terakhir yaitu chlorhexidine. Berbeda dengan 3 obat sebelumnya yang didapatkan tanpa resep dokter, maka obat yang satu ini perlu resep dokter. Obat yang satu ini merupakan obat antiseptik yang bekerja dengan cara mencegah tumbuhnya bakteri penyebab gusi bengkak. Selain itu, obat ini juga terdiri dari beberapa jenis seperti obat kumur, salep dan larutan. Akan tetapi, obat kumurlah yang digunakan untuk gusi bengkak.  

Pencegahan gusi bengkak

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi, sebelum Anda merasakan nyeri yang menyebabkan Anda tidak nyaman, lebih baik untuk mencegahnya. Namun bagaimana cara mencegah gusi bengkak? Simak penjelasan mengenai pencegahan gusi bengkak di bawah ini. 

  1. Menjaga kebersihan mulut

Cara mencegah gusi bengkak yang pertama yaitu tentu dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Anda harus rutin menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang aman. Namun, Anda hanya perlu menyikat gigi dengan pelan agar tidak merobek gusi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan obat kumur untuk membersihkan bakteri. Pastikan obat kumur yang Anda gunakan bebas alkohol. 

  1. Perbanyak minum air putih

Walaupun terdengar sederhana, namun perbanyak minum air putih dapat membantu Anda terhindar dari gusi bengkak. Dengan mengonsumsi banyak air putih akan membuat risiko gusi bengkak menjadi rendah. Hal ini karena, air minum dapat merangsang produksi air liur. Air liur berfungsi dalam melembapkan dan juga membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan. 

  1. Berhenti merokok

Mungkin Anda juga sudah mengetahui, bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai masalah pada mulut. Hal ini karena kandungan rokok seperti tar dan nikotin dapat membuat mulut menjadi kering. Mulut yang kering akan menjadi lebih asam sehingga sangat rentan untuk bakteri berkembang. Lebih baik Anda membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung kalsium dan vitamin C. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai obat gusi bengkak dan juga cara mencegahnya. Apabila gusi bengkak Anda tidak segera sembuh, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Gingivitis dan Obat Gusi Bengkak

 

Sumber: 

 

Frothingham, Scott. Home Remedies for Swollen Gums (2018)

Tag :
Bagikan artikel ini