Bantuan

Banyak Diragukan, Apa Sebenarnya Efek Vaksin Covid?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Jul 2021

Bagikan

Banyak Diragukan, Apa Sebenarnya Efek Vaksin Covid?

Mungkin Anda sering melihat berbagai efek vaksinCovid yang diberitakan. Namun, apakah hal tersebut benar? Dan apa sebenarnyaefek yang ditimbulkan dari pemberian vaksin Covid? Untuk menjawab pertanyaanAnda, maka simak terus penjelasan di bawah ini.


Fakta dibalik efek vaksin Covid

Setelah pemberian vaksin, terkadang penerimavaksin akan merasakan efek vaksin berupa demam, sakit kepala, mual dan lainnya.Pada umumnya, efek samping yang muncul setelah vaksin hanya berupa gejalaringan hingga sedang.


Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwa vaksindiciptakan untuk membuat sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, setelahmendapatkan vaksin mungkin akan muncul beberapa efek seperti yang merupakan halnormal dan wajar karena tubuh sedang membangun sistem kekebalan tubuh.


Efek samping vaksin Covid 19

Ada beberapa efek vaksin Covid 19 yang umumnyamuncul. Beberapa efek samping Covid 19 tersebut sebagai berikut ini.

1.  Kelelahan 

Efek vaksin Covid yang umum terjadi yaitukelelahan. Efek samping ini merupakan suatu hal yang wajar terjadi. Kelelahanlebih banyak dialami oleh wanita dan juga orang yang berusia di atas 55 tahun.Oleh karena itu, setelah mendapatkan vaksin Covid 19, maka beristirahatlahterutama jika badan Anda terasa melelahkan. 

2.  Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan salah satu efek vaksinCovid yang sering terjadi setelah Anda menerima dosis kedua vaksin. Banyakorang yang mengira bahwa sakit kepala setelah vaksin merupakan gejala Covid 19.Akan tetapi hal tersebut tidak benar, karena vaksin tidak dapat membuatseseorang terinfeksi Covid 19. Apabila Anda mengalami efek samping ini,konsumsilah obat pereda nyeri

3.  Demam

Efek vaksin Covid 19 yang selanjutnya yaitudemam. Apabila Anda mengalami demam pada pemberian dosis pertama vaksin,sebaiknya untuk tidak mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Hal ini karena,ditakutkan obat penghilang rasa sakit dapat mengganggu kerja dari vaksin. JikaAnda mengalami demam, cukup istirahat dan konsumsi banyak air.  

4.  Nyeri pada lengan

Efek vaksin yang paling umum muncul yaitu nyeriatau sakit pada lengan. Pada beberapa orang mengatakan bahwa setelah menerimavaksin, lengan terasa sakit dan muncul kemerahan. Untuk meredakan rasa nyeriini, Anda bisa menggunakan kompres dingin pada area bekas suntikan. 

5.  Mual

Mual merupakan salah satu efek vaksin Covid yangmungkin muncul. Tidak hanya mual, beberapa orang juga dapat muntah. ApabilaAnda merasa mual setelah mendapatkan vaksin, maka cobalah untuk tetap menjagaasupan cairan tubuh dengan baik.


Berapa lama efek vaksin Covidbertahan?

Efek samping covid ini bertahan hanya dalambeberapa hari dan akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, apabila efeksamping tetap bertahan setelah beberapa hari atau bahkan menjadi lebih parah,maka sebaiknya untuk segera menghubungi dokter sesegera mungkin. Efek sampingyang muncul berupa tanda tubuh sedang membangun sistem kekebalan tubuh terhadapCovid 19.


Bagaimana menangani efek sampingyang muncul?

Mungkin diantara Anda ada yang berpikir untukmengonsumsi obat yang dijual bebas sebelum efek samping muncul untukmengantisipasi dan menangkal efek samping vaksin Covid yang mungkin sajamuncul. Akan tetapi, sebaiknya Anda tidak melakukan hal tersebut. Langkah yangharus Anda lakukan yaitu menunggu dan melihat efek samping yang Anda alamiseperti apa. Ketika Anda telah mengetahui efek samping yang muncul, barulahperlu ke apoteker untuk meminta obat sesuai dengan efek samping yang Andarasakan.


Akan tetapi, bagi Anda yang tidak inginmengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi efek samping yang muncul. Apabila Andamerasa demam atau kedinginan, maka Anda perlu untuk mencukupi kebutuhan airminum Anda dan menghindari dehidrasi.


Nah itu lah beberapa efek vaksin Covid yang bisasaja muncul. Perlu diingat lagi, bahwa efek samping yang muncul setelah vaksinmerupakan suatu hal yang wajar dan merupakan tanda tubuh sedang membangunsistem kekebalan tubuh. Semoga dengan informasi ini dapat memberikan informasiyang bermanfaat untuk Anda. 

 

 Referensi :

  • Amos, Audrey. COVID-19 vaccine: What to do aboutside effects (2021) Available At:https://www.medicalnewstoday.com/articles/covid-19-vaccine-what-to-do-about-side-effects#Home-remedies.(Accessed At 24 June 2021)
  • Side Effects of COVID-19 Vaccines (2021)Available At:https://www.who.int/news-room/feature-stories/detail/side-effects-of-covid-19-vaccines.(Accessed At 24 June 2021)

  • Possible Side Effects (2021) Available At:https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/vaccines/expect/after.html. (AccessedAt 24 June 2021)
Bagikan artikel ini