Bantuan

Banyak Dipercaya, Apakah Kacang dapat Menyebabkan Jerawat? Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh • 24 Mar 2022

Bagikan

kacang

Banyak orang beranggapan bahwa makan kacang menyebabkan jerawat, namun apakah kacang menyebabkan jerawat itu termasuk fakta atau mitos? Pengaruh kacang terhadap jerawat sebenarnya relatif kecil sekali, sehingga pengaruh kacang terhadap jerawat menurut para pakar adalah mitos. Jika Anda ragu terhadap informasi yang beredar, sebaiknya Anda cari tahu dahulu kebenarannya melalui beberapa sumber terpercaya. Beberapa jawabannya bisa Anda temukan melalui pembahasan di bawah ini.

Apakah Kacang Menyebabkan Jerawat?

Untuk menjawab pertanyaan apakah kacang menyebabkan jerawat? Jawabannya tentu tidak, karena menurut para ahli para ahli dari Harvard School of Public Health di Amerika Serikat yang telah melakukan penelitian, kacang tidak menimbulkan jerawat. Faktor pemicu jerawat sebenarnya adalah alergi, kulit berminyak dan sejumlah makanan yang membuat pori-pori tersumbat. Pengaruh kacang terhadap timbulnya jerawat sangat kecil, Anda bisa membuktikannya dengan mencoba mengonsumsi kacang selama 1 bulan, jika jerawat muncul ketika Anda rutin mengonsumsi kacang bisa jadi Anda memiliki alergi terhadap kacang. 

Penyebab Kulit Berjerawat

Untuk memastikan informasi di atas, Anda bisa mengetahui sejumlah penyebab jerawat yang paling memungkinkan. Sehingga Anda bisa terhindar dari masalah kulit berjerawat yang sesungguhnya bukan karena kacang. Berikut beberapa penyebab kulit berjerawat yang perlu Anda ketahui: 

  1.  Perubahan Hormon saat Menstruasi dan Hamil

Salah satu penyebab kulit berjerawat pada wanita adalah perubahan hormon saat menjelang menstruasi dan hamil. Ini karena saat menjelang menstruasi dan hamil, tubuh wanita mengalami ovulasi dan menimbulkan penurunan estrogen secara mendadak. Penurunan estrogen secara mendadak inilah yang memicu kelenjar minyak aktif dan menimbulkan jerawat.

  1. Makan yang di Goreng

Perlu Anda ketahui penyebab kulit berjerawat selanjutnya adalah makanan yang digoreng atau gorengan. Sehingga yang menyebabkan kulit berjerawat bukanlah kacangnya melainkan makanan yang digoreng, misalnya kacang goreng, tahu goreng atau pisang goreng. Pasalnya makanan yang digoreng mengandung kadar minyak jenuh cukup tinggi, pemicu jerawat. Sehingga apa pun makanan yang digoreng dengan minyak, itulah yang berisiko menimbulkan jerawat. 

  1. Makanan atau Minuman yang Mengandung Gula Tinggi

Makanan atau minuman yang mengandung kadar gula tinggi merupakan salah satu pemicu kulit berjerawat. Misalnya soda, kue manis dan beberapa jus buah kemasan yang dicampur dengan gula tambahan. Ini karena kandungan glukosa yang terkandung dalam makanan atau minuman dalam jumlah tinggi mampu memicu hormon insulin meningkat dan menyebabkan kulit berjerawat.

  1. Makanan atau Minuman yang Terbuat dari Susu

Makanan atau minuman yang terbuat dari susu inilah yang sesungguhnya menimbulkan kulit berjerawat. Keju, susu dan makanan olahan dari susu sapi lainya seperti es krim tidak hanya mengandung kalsium tinggi, tetapi juga bisa berisiko menimbulkan jerawat jika dikonsumsi secara berlebihan. Asam amino yang terkandung di dalam makanan yang terbuat dari susu dipercaya mampu memicu kelenjar minyak semakin aktif dan menyebabkan kulit berjerawat.

  1. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Penyebab kulit berjerawat sesungguhnya bukanlah kacang, melainkan sejumlah makanan yang mengandung karbohidrat relatif tinggi. Untuk menghindari kulit berjerawat, sebaiknya hindari makanan seperti keripik kentang, kentang goreng dan roti. Selain mengandung karbohidrat yang relatif tinggi, makanan tersebut mampu memicu kadar insulin dan glukosa meningkat di dalam tubuh.

  1. Alkohol

Alkohol merupakan salah satu minuman penyebab jerawat yang harus Anda hindari. Sebab alkohol bisa memicu produksi urine di dalam tubuh menjadi meningkat, sehingga tubuh kehilangan cairan dan kulit menjadi kering. Ketika kulit Anda kering, kulit bisa memicu lebih banyak minyak untuk menghilangkan semua kekeringan yang justru menimbulkan kulit berjerawat. 

Melalui pembahasan di atas bisa Anda simpulkan bahwa pengaruh kacang terhadap kulit berjerawat relatif kecil. Sehingga untuk menjawab pertanyaan apakah kacang menyebabkan jerawat itu fakta atau mitos? Jawabannya adalah mitos, sebab yang menyebabkan kulit berjerawat adalah alergi terhadap kacang, perubahan hormon dan sejumlah makanan atau minuman yang mengandung alkohol, gula, asam amino, minyak jenuh dan karbohidrat yang relatif tinggi. Anda bisa menjauhi sejumlah makanan atau minuman di atas agar terhindar dari kulit berjerawat.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Agar Terhindar dari Jerawat, Ini Dia Pilihan Jenis Skincare untuk Kulit Acne Prone

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang