Bantuan

Banyak Digunakan Dalam Produk Skincare, Niacinamide Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Banyak Digunakan Dalam Produk Skincare, Niacinamide Adalah?

Niacinamide adalah salah satu kandungan yang cukup populer digunakan dan dicari-cari dalam berbagai macam produk skincare. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat begitu banyak manfaat yang dapat didatangkan dari jenis bahan aktif yang satu ini. Namun apa sebenarnya niacinamide itu dan apa saja manfaat yang didatangkannya untuk kulit? Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut, simak terus penjelasan di bawah ini.

 

Apa itu niacinamide?

Niacinamide adalah salah satu bentuk dari vitamin B, salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai salah satu turunan dari vitamin B, niacinamide ini dapat ditemukan pada berbagai jenis ikan, daging, hingga tepung. Untuk penggunaan pada produk skincare, kandungan niacinamide ini tergolong aman dan dapat ditoleransi oleh kulit, bahkan digadang-gadang mampu membuat berbagai kandungan skincare lainnya bekerja dengan lebih optimal. 

 

Manfaat niacinamide bagi kulit

Dalam kaitannya dengan kecantikan, kandungan niacinamide yang dapat ditemukan dengan mudah dalam berbagai macam produk skincare ini memiliki beberapa manfaat bagi kulit. Adapun beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah:

  1. Melembapkan

Manfaat paling terasa dari niacinamide adalah melembabkan kulit. Hal ini karena niacinamide mampu merangsang pembuatan ceramide yang sangat penting dalam rangka mengunci kelembaban kulit. Manfaat melembapkan dari niacinamide ini sejatinya dapat dirasakan oleh segala jenis kulit.

  1. Mengontrol minyak

Tidak hanya baik bagi kulit kering, kandungan niacinamide juga baik bagi mereka dengan tipe kulit berminyak. Dalam hal ini, niacinamide mampu mengendalikan produksi minyak oleh kelenjar sebasea, agar tidak berlebih dan menyebabkan jerawat.

  1. Melawan jerawat

Bagi Anda yang memiliki permasalahan berupa kulit berjerawat, kandungan niacinamide mungkin dapat menjadi alternatif. Kandungan niacinamide dalam hal ini mampu mengatasi berbagai jenis jerawat, bahkan yang meradang dan cukup parah sekalipun.

  1. Memudarkan bekas jerawat

Tidak hanya baik bagi jerawat, manfaat lainnya niacinamide adalah mampu memudarkan noda hitam akibat bekas jerawat. Dengan konsentrasi sebesar 5% saja, kandungan niacinamide sudah dapat terbilang cukup untuk mengatasi bekas-bekas jerawat. 

  1. Melawan tanda penuaan

Wajah Anda mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti timbulnya kerutan dan garis halus? Jangan khawatir karena kandungan niacinamide mampu mengurangi tanda-tanda penuaan tersebut, yang biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari.

 

Efek samping niacinamide

Meskipun kandungan yang satu ini tergolong cukup aman dan baik bagi kulit, namun tidak menutup kemungkinan bahwa menggunakan niacinamide ini mampu memicu timbulnya efek samping tertentu. Dalam kaitannya dengan niacinamide, beberapa efek samping yang mungkin timbul adalah kulit kemerahan dan terasa gatal, hingga sensasi terbakar bersifat ringan. 

Untuk dapat menghindari efek samping dari kandungan niacinamide ini, alangkah baiknya Anda menjalankan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakan produk skincare dengan kandungan niacinamide ke wajah. Apabila setelah 24 jam kulit Anda tidak menunjukkan reaksi-reaksi tertentu, maka dapat dikatakan bahwa kandungan niacinamide tidak berbahaya untuk kulit Anda dan oleh karenanya pemakaian bisa segera dilanjutkan. 

Selain cara ini, Anda juga bisa berkonsultasi dengan tenaga medis profesional untuk mendapatkan panduan dan juga arahan mengenai pemakaian kandungan niacinamide, sesuai dengan kondisi kesehatan dan permasalahan kulit yang Anda alami.

 

Menggunakan skincare dengan niacinamide

Jika tertarik untuk mencoba kandungan bahan aktif yang satu ini, Anda dapat menemukan kandungan niacinamide pada banyak produk skincare, seperti pada toner, pelembab, hingga masker. Namun, dalam hal ini Anda mungkin akan lebih sering menemukan kandungan niacinamide ini pada jenis skincare seperti serum.

Untuk pemakaiannya sendiri, Anda dapat langsung mengaplikasikan produk dengan kandungan niacinamide ke kulit sesuai dengan urutan jenis skincare yang Anda gunakan. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan niacinamide pada malam hari sebelum tidur, setelah mencuci wajah dengan bersih. Hindari penggunaan niacinamide dengan bahan aktif lainnya dengan konsentrasi yang cukup tinggi, karena dikhawatirkan akan menyebabkan timbulnya iritasi. 

Demikianlah penjelasan mengenai niacinamide dan manfaatnya bagi kulit. Bagaimana, tertarik untuk mulai menggunakan jenis kandungan skincare yang satu ini? Jangan lupa untuk memulai dengan produk skincare dengan kandungan niacinamide dalam konsentrasi rendah terlebih dahulu.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Cherney, Kristeen. 2018. Everything you should know about niacinamide. 

Jahns, Erin & Carolyn Hanson. 2020. Niacinamide (Vitamin B3) for Skin: The Complete Guide. 

 

WebMD. 2021. Niacinamide: Overview, Uses, Side Effects, Precautions, Interactions, Dosing and Reviews, WebMD.

Bagikan artikel ini