Bantuan
Free Tele x

Bahaya Plastik Zipper Bag bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Jun 2022

Bagikan

Bahaya Plastik Zipper Bag bagi Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda mengenai bahaya plastik zipper bag bagi kesehatan? Kantong plastik atau zipper bag menjadi praktis dipakai, guna menyimpan makanan sampai menjaga perlengkapan bayi agar tetap higienis. Akan tetapi, tidak semua kantong plastik aman untuk dipakai sebagai perlengkapan bayi dan menyimpan makanan. Plastik zipper bag umumnya terbuat dari berbagai bahan kimia, yang mana sangat berbahaya, sehingga akan mengganggu kesehatan tubuh Anda serta keseimbangan ekosistem. Ketika terpapar sinar matahari langsung atau panas, berbagai bahan kimia tersebut akan luhur. Kemudian, bercampur dengan makanan dan juga perlengkapan bayi. 

 

Bahaya Penggunaan Plastik Zipper Bag

Bisphenol A (BPA) adalah salah satu bahan kimia yang berbahaya dalam plastik zipper bag. BPA adalah zat kimia yang ada dalam bahan plastik resin epoksi dan polikarbonat. Resin epoksi digunakan guna melapisi bahan logam seperti pada kemasan makanan atau minuman kaleng. Sementara itu, plastik polikarbonat sering kali digunakan untuk membuat tempat makan atau botol air minum. Maka dari itu, zat ini mempunyai risiko besar tercampur dengan makanan dan minuman. Bahkan, risiko untuk masuk ke dalam tubuh manusia juga semakin besar. 

Bahaya plastik zipper bag bagi kesehatan dibuktikan dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa BPA bisa meningkatkan kematian prematur. Bukan hanya itu, BPA dalam plastik zipper bag juga bisa menurunkan sistem daya tahan tubuh, mengganggu kesehatan sistem pencernaan, serta mengakibatkan kematian pada bayi dan anak-anak. Tak hanya BPA, kandungan zat kimia yang lainnya juga bisa mengakibatkan gangguan hormon, kanker, bahkan meningkatkan risiko terjadinya kemandulan. Beberapa zat kimia yang menjadikan bahaya plastik zipper bag bagi kesehatan yakni

  • Polyethylene dan polypropylene yang mana mengakibatkan risiko kanker

  • Phthalates yang mengakibatkan potensi kanker payudara, mengganggu pertumbuhan syaraf pada anak. menyebabkan kemandulan, dan menurunkan IQ. 

  • Dioxin yang dapat menyebabkan gangguan hormon, kanker, dan juga menurunnya imunitas tubuh. 

Bukan hanya bahaya plastik zipper bag bagi kesehatan, namun penggunaan plastik ini juga buruk untuk lingkungan. Penggunaan plastik zipper bag yang non biodegradable bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan, yang mana plastik tersebut tidak bisa diurai oleh mikroorganisme. Baik itu di tanah ataupun di laut, oleh karenanya plastik akan terus dalam keadaan utuh dalam waktu yang sangat lama nantinya. Walau tidak dapat terurai, plastik zipper bag yang terbuat dari bahan non biodegradable bisa rusak menjadi mikroplastik atau bagian kecil. 

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa mikroplastik tersebut sangat rentan dikonsumsi oleh hewan laut atau darat tanpa sengaja. Hal ini tentu akan menyakiti dan membahayakan hewan yang tak sengaja mengonsumsinya. Ketika manusia mengonsumsi hewan tersebut, maka kandungan mikroplastik berbahaya juga dapat masuk ke tubuh. Kemudian, kesehatan manusia pun menjadi dalam kondisi berbahaya dan terganggu. 

 

Jenis Plastik Zipper Bag yang Aman

Lantas, apakah penggunaan plastik zipper bag ini harus berhenti? Sebenarnya Anda dapat menggunakan jenis plastik yang lebih sehat dan aman. Sekarang telah ada plastik zipper bag dengan bahan biodegradable atau ramah lingkungan sebagai alternatif. Berbeda dengan plastik zipper bag yang biasa, jenis plastik ini memiliki bahan yang mudah untuk diurai oleh jamur dan bakteri. Oleh karena itu, jenis plastik zipper bag ini dianggap lebih ramah lingkungan. Jenis plastik zipper bag ini terbuat dari tanaman seperti gandum, tepung maizena, dan tebu. Maka dari itu, jenis plastik ini mudah untuk diurai oleh bakteri dan jamur. Juga tidak akan mengganggu kesehatan serta ekosistem lingkungan. Walau terbuat dari bahan tanaman, jenis plastik ini tidak kalah kuat dari plastik biasa. Sehingga, ketika digunakan tidak akan mudah rusak guna menyimpan barang. 

Walau plastik ramah lingkungan kini banyak ditemukan, namun sudah sebaiknya Anda menggunakan kantong belanjaan non plastik, yang mana bisa digunakan berkali-kali. Selain tidak akan menghasilkan banyak sampah, penggunaan kantong tas seperti tote bag juga tentu akan lebih hemat. Jika memang Anda ingin menggunakan kantong plastik, maka pastikan bahwa plastik yang digunakan terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan anak dan lingkungan sekitar. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Banyak Terdapat Di Kosmetik, Ini Bahaya Mercury Bagi Tubuh

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

https://www.healthline.com/nutrition/eco-friendly-food-packaging 

https://www.medicalnewstoday.com/articles/what-do-we-know-about-microplastics-in-food 

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24397396/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang