Bagaimana Cara Menghitung BMI Pada Orang Dewasa dan Anak-anak?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Bagaimana Cara Menghitung BMI Pada Orang Dewasa dan Anak-anak?

Salah satu cara menghitung BMI atau Body Mass Index yaitu dengan cara berat badan dibagi tinggi badan yang telah kuadratkan. BMI merupakan cara untuk menghitung berat badan dengan rumus berat badan ideal berdasarkan tinggi badan dan berat badan seseorang. 

Terdapat perbedaan antara menghitung berat badan orang dewasa dan menghitung berat badan pada anak-anak. Berikut cara menghitung berat badan orang dewasa dan anak-anak yang perlu Anda ketahui.


Menghitung berat badan dengan rumus broca

Salah satu cara menghitung BMI yaitu dengan menggunakan rumus broca. Rumus broca merupakan pengukuran berat badan, dimana cara pengukuran berat badan laki-laki dan perempuan berbeda. Rumus broca ditemukan pada tahun 1871 oleh dr. Pierre Paul Broca dan kemudian dipopulerkan oleh dr. BJ Devine pada tahun 1970-an. 

Rumus Broca untuk Perempuan:

Cara menghitung berat badan ideal perempuan berdasarkan rumus broca untuk wanita ialah: (tinggi badan – 100) – (15% x (tinggi badan – 100)). Maka jika tinggi badan Anda 168 cm, berat badan idealnya bisa Anda hitung dengan cara:

(168-100)-((168-100)x15%)
=68-10,2
=57,2 Kg

Jadi berat badan ideal untuk perempuan yang memiliki tinggi 168 cm ialah 57,2 Kg.

Rumus Broca untuk Laki-laki:

Adapun cara menghitung berat badan ideal laki-laki dengan menggunakan rumus broca adalah dengan rumus ((berat badan – 100) – (10% x (tinggi badan -100)). Maka jika Anda memiliki tinggi badan 168cm, berat badan idealnya adalah:

(168-100) – ((168-100) x 10%)

= 68 – 6,8 = 61,2 kg

Jadi berat badan ideal untuk laki-laki yang memiliki tinggi 168 cm ialah 61,2 Kg.


Menghitung berat badan menggunakan kalkulator BMI

Selain cara diatas, Anda juga dapat menghitung berat badan ideal dengan kalkulator BMI. Melalui kalkulator BMI ini, Anda dapat mengetahui cara menghitung berat badan ideal yang mengacu pada kategori BMI. Berikut adalah rumus menghitung berat badan menggunakan kalkulator BMI. Cara menghitungnya, berat badan harus dalam satuan kilogram dan tinggi badan dalam satuan meter kuadrat.

Contoh:

Jika Anda memiliki berat badan 70 kilogram (kg) dan tinggi badan 160 centimeter (cm) atau 1,60 meter (m). Anda dapat mengalikan tinggi badan dalam kuadrat misal: 1,60 x 1,60 = 2,56. Lalu, bagi berat badan Anda dengan hasil kuadrat tinggi badan yaitu 70:2,56 = 23,4. Jika dilihat berdasarkan standar World Health Organization (WHO), berat badan Anda termasuk normal.

Berikut Kategori BMI:

Berat Badan Kurang = Kurang dari 18.5

Berat Badan Normal = 18.5-24.9

Berat Badan Berlebih = 25-29.9

Berat Badan Obesitas = Lebih dari 30


Menghitung berat badan pada ibu hamil

Cara menghitung berat badan ibu hamil juga berbeda dengan menghitung berat badan orang dewasa, karena menghitung berat badan pada ibu hamil mempertimbangkan lamanya usia kehamilan dan berat badan normal janin di dalamnya. 

Rumus menghitung berat badan ideal ibu hamil = berat badan ideal + (usia kehamilan (dalam hitungan minggu) x 0,35).

Contoh: 

Jika seorang ibu hamil memiliki usia kehamilan minggu ke-20. Berat badan idealnya dihitung dengan menggunakan rumus broca ialah 51 kg. Maka berat badan ideal ibu hamil di minggu ke-20 ialah : Berat badan ideal = 51 + (20 x 0,35) = 58 kg


Menghitung berat badan ideal bayi usia 0-12 bulan

Tidak hanya orang dewasa yang harus diperhatikan berat badan idealnya. Namun, anak-anak juga perlu diperhatikan berat badannya agar tidak mengalami kekurangan ataupun kelebihan berat badan.

Berikut adalah cara menghitung berat badan anak usia 0-12 bulan:

Berat badan ideal bayi = (umur saat ini (umur dalam satuan bulan) : 2) + 4


Menghitung berat badan anak usia 1-10 tahun

Cara menghitung berat badan seorang anak yang berusia 1 tahun, yaitu dengan menggunakan rumus: 

Berat badan ideal anak = 2n + 8

*n = usia anak dalam satuan tahun

Itulah beberapa cara menghitung berat badan BMI pada orang dewasa dan anak kecil yang perlu Anda ketahui, agar Anda dan anak dapat mengontrol berat badan dan terhindar dari penyakit obesitas.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber :

NHS. BMI healthy weight calculator.

Patient. BMI Calculator.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi