Bagaimana Cara Menghindari Infeksi Virus Corona/Covid-19

18 Mar 2020 • Tips Kesehatan

Ditulis oleh               : dr. Yonathan Heru Suhalim

Telah direview oleh  : dr. Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD, FES


Banyak pengguna sosial media di Indonesia yang menggunakan tagar #DirumahAja untuk menangkal penyebaran virus Corona alias Covid-19. Langkah isolasi diri rumah dinilai sebagai salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Bagaimana jika Anda tidak memungkinkan untuk mengkarantina diri karena pekerjaan, atau sebab lainnya? Jangan khawatir, ikuti saja beberapa langkah di bawah ini

Rajin Mencuci Tangan

Menurut penelitian terbaru, cangkang pelindung Covid-19 ternyata sangat rawan dengan deterjen. Dengan kata lain, saat Anda mencuci tangan menggunakan sabun yang mengandung deterjen, pelindung Covid-19 akan hancur sehingga virus tersebut akan lebih cepat mati sebelum menginfeksi inangnya.

Bagaimana jika sedang berada di luar rumah? Gunakan hand sanitizer untuk mencuci tangan. Fungsi hand sanitizer di sini hanya sebagai pengganti sabun, bukan sebagai pencuci tangan utama pencegah infeksi Covid-19.

Jadi ingat, jika Anda masih punya akses untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, hand sanitizer sebenarnya tidak diperlukan. STOP Panic Buying!

Cuci Tangan Dengan Cara Yang Tepat

Jangan asal cuci tangan, cara mencuci tangan pun harus diperhatikan dengan baik. Menurut panduan WHO, mencuci tangan yang baik setidaknya dilakukan selama 20 detik. Selain itu, pastikan seluruh bagian tangan dicuci hingga bersih, termasuk pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku.

Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu (langsung dibuang), atau handuk bersih. Jika ada, Anda bisa menggunakan fasilitas mesin pengering tangan.

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh hewan, setelah menggunakan toilet, setelah membuang sampah, dan setelah batuk atau bersin. Sebelum masuk rumah dan bersentuhan dengan anggota keluarga, Anda pun disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Jaga Daya Tahan Tubuh Tetap Fit

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengatakan jika Covid-19 sebenarnya self limited disease atau penyakit yang bisa sembuh sendiri. Hal ini diamini oleh dr. Tompi, dan ketiga mantan pasien Covid-19 asal Depok (kasus 01, 02, dan 03) yang sudah dinyatakan sembuh.

Mereka kompak jika Covid-19 bisa sembuh sendiri, dengan syarat Anda konsisten menjalankan gaya hidup sehat dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mulai dari mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, jauhi rokok, jauhi minuman beralkohol, tetap berolahraga, dan jangan stres. Penting juga untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Apakah Harus Memakai Masker?

Perlu dipahami, virus Corona tidak menyebar lewat udara, melainkan lewat cairan droplets atau cairan yang keluar saat pasien Covid-19 batuk atau bersin. Dengan kata lain, yang wajib memakai masker itu orang yang sedang sakit, atau mereka yang selalu bersinggungan dengan pasien Covid-19.

Hal ini didukung oleh pernyataan representatif dari World Health Organization (WHO), yang menyebut menggunakan masker tidak efektif mencegah penularan Covid-19.

Sejumlah pakar pun setuju dengan hal ini. Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mengatakan jika penggunaan masker untuk mencegah Covid-19 tidak direkomendasikan. Cara terbaik mencegah infeksi virus tersebut adalah, dengan beristirahat di rumah ketika sakit dan rajin mencuci tangan.

Eli Perencevich, MD, MS, Profesor Epidemiologi di Universitas Iowa, Amerika, menyatakan jika orang sehat tidak perlu memakai masker jenis apa pun. Justru bagi orang sehat, menggunakan masker dengan cara yang salah bisa lebih berbahaya karena akan membuat mereka sering memegang wajah.

Tangan yang terkontaminasi virus Corona tersebut akan mudah masuk lewat hidung, mata dan mulut, atau malah virus tersebut menempel pada masker tersebut hingga akhirnya terhirup masuk ke dalam tubuh.

Jika Anda membutuhkan informasi terkait virus Corona dan cara menghindarinya, gunakan aplikasi aido health. Semua pertanyaan Anda akan dijawab oleh profesional di bidangnya, sehingga semua informasi yang Anda dapatkan bisa dipertanggungjawabkan secara medis.