Bantuan
Bantuan

Bagaimana Cara Mengatasi Keputihan? Temukan Jawabannya Di Bawah Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Nov 2021

Bagikan

Keputihan: Pengertian & Cara Mengatasinya

Mungkin diantara Anda pernah mengalami keputihan, namun apakah Anda tahu bagaimana cara mengatasi keputihan? Keputihan tentunya pernah dialami oleh setiap wanita, minimal sekali dalam hidupnya.

Pada dasarnya, keputihan merupakan reaksi tubuh yang normal. Akan tetapi, kondisi ini seringkali membuat Anda kurang nyaman. Lantas, bagaimanakah cara mengatasi keputihan? Temukan jawabannya di bawah ini. 

Keputihan Pada Wanita

Sebelum menerapkan cara mengatasi keputihan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apakah keputihan yang sedang dialami wajar atau tidak. Keputihan itu sendiri merupakan sel dan cairan vagina yang meluruh. Untuk mengetahui apakah keputihan tersebut normal atau tidak, bisa dilihat dari warna, tekstur dan juga baunya. 

Cairan keputihan yang normal akan berwarna bening atau putih seperti susu dengan tekstur yang lengket dan tidak berbau. Sebaliknya, apabila cairan keputihan yang dikeluarkan berbau, berwarna kekuningan, kemerahan, atau kehijauan, serta vagina terasa gatal dan kemerahan, maka keputihan yang sedang Anda alami tidak normal.

Apabila terjadi kondisi ini, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter agar segera mendapatkan penanganan. 

Baca Juga: Waspadai, Ini Penyakit pada Sistem Reproduksi Wanita yang Perlu Anda Ketahui

Cara Mengatasi Keputihan 

Pada dasarnya, apabila keputihan yang sedang Anda alami masih tergolong normal, maka tidak perlu untuk diatasi karena dapat hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, apabila keputihan yang sedang Anda alami berlebihan dan mengganggu aktivitas, maka lakukanlah beberapa cara mengatasi keputihan berikut ini. 

  1. Rutin Mengganti Celana Dalam

Cara mengatasi keputihan yang pertama yaitu mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari. Terutama ketika keputihan sedang banyak-banyaknya, maka sesering mungkin mengganti celana dalam. Hal ini bertujuan untuk menjaga vagina tetap kering dan bersih.

Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan celana dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat, apabila banyak melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat. Apabila celana dalam yang Anda gunakan tidak dapat menyerap keringat, maka bakteri dapat berkembang biak dengan subur. 

  1. Menjaga Kebersihan Vagina

Menjaga kebersihan vagina merupakan salah satu cara mengatasi keputihan yang penting untuk Anda lakukan. Bilaslah vagina hingga bersih ketika selesai buang air kecil atau buang air besar dan juga sebelum dan setelah berhubungan seksual.

Cara membilasnya pun harus diperhatikan, sebaiknya Anda membilas vagina dengan air hangat yang tidak terlalu panas ataupun dingin, kemudian tarik dari depan hingga belakang. Membilas vagina dari depan hingga belakang bertujuan agar kuman yang berada di anus tidak berpindah ke vagina. 

  1. Menghindari Sabun Pembersih Vagina

Ketika Anda mengalami keputihan, sebaiknya bersihkan dengan air mengalir dan hindari sabun pembersih vagina. Hal ini karena, sabun pembersih vagina dapat menyebabkan kulit vagina menjadi sensitif dan rawan iritasi.

Apabila Anda memerlukan sabun, maka pakailah sabun yang tidak mengandung parfum, pewarna, zat antiseptik atau bahan kimia lainnya. Apabila Anda ragu dengan sabun yang akan Anda gunakan, sebaiknya bertanyalah kepada dokter.

  1. Menghindari Celana dan Rok yang Ketat

Cara mengatasi keputihan yang selanjutnya yaitu menghindari menggunakan celana atau rok yang ketat. Hal ini karena, celana atau rok yang terlalu ketat dapat membuat kulit vagina menjadi iritasi dan juga keringat yang Anda keluarkan akan terperangkap.

Kondisi ini dapat menyebabkan vagina menjadi lembab, sehingga bakteri dapat berkembang biak dengan subur. Selain itu, vagina yang lembab menyebabkan proses penyembuhan keputihan akan semakin lama. 

  1. Rutin Memeriksakan Diri ke Dokter

Cara mengatasi keputihan yang terakhir yaitu dengan rutin memeriksakan diri ke dokter. Hal ini karena perawatan yang Anda lakukan belum tentu dapat menghilangkan keputihan seutuhnya. Perawatan yang Anda lakukan sekadar untuk menghindari infeksi vagina yang menyebabkan keputihan tidak normal.

Anda perlu memeriksakan diri ke dokter apabila setelah menjalani perawatan sendiri tidak mengalami perbaikan. Nantinya dokter akan memberikan beberapa obat dan juga perawatan yang lebih ampuh serta mempercepat penyembuhan.

Itulah beberapa cara mengatasi keputihan yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat kembali, apabila keputihan yang Anda alami menunjukkan gejala seperti bau tidak sedap, berwarna selain putih atau bening, maka sebaiknya segera untuk memeriksakan diri.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali Seluk Beluk Sistem Reproduksi Wanita Berikut Ini

 

Sumber:

1. Vaginal Discharge: What’s Abnormal? (2020)

2. Holland, Kimberly. 7 Tips When Dealing with Vaginal Odor (2020)

Tag :
Bagikan artikel ini