Ayo, Ikut Komunitas Diabetes!

17 Oct 2019 • Diabetes

Ditulis oleh: dr. Rianty Lais Manna
Telah di review oleh: dr. Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD, FES


“Ibu Wati sudah menderita diabetes selama 20 tahun. Ia sering bertengkar dengan keluarganya, tetapi sejak ikut komunitas diabetes semuanya berubah menjadi lebih baik.”

Diabetes merupakan penyakit menahun yang memerlukan banyak perhatian dalam melakukan aktivitas sehari-hari untuk mengontrol gula darah. Penyakit diabetes sangat kompleks dimana penanganan yang dilakukan tidak hanya melalui obat-obatan, tetapi juga dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti diet dan olahraga.

Diabetes memerlukan perhatian secara fisik dan mental. Salah satu upaya terbaik dalam membantu permasalahan mental adalah dengan dukungan sosial dari sesama penderita diabetes.

Terdapat banyak komunitas dan perkumpulan diabetes di Indonesia. Komunitas ini menjadi wadah bagi penderita diabetes untuk saling berbagi dan memperoleh informasi mengenai penyakit diabetes.

Komunitas ini membentuk suatu ketertarikan dan timbal balik dalam memberikan informasi, dukungan psikologis dan pembelajaran mengenai pengobatan diabetes terbaru, diet sehat, olahraga yang baik serta tips menjalankan kebiasaan sehari-hari untuk memperbaiki kadar gula darah penderita diabetes.

Informasi yang didapatkan tidak hanya berupa edukasi untuk menangani penyakit diabetes, tetapi juga informasi tentang cara mencegah sebelum terjadi sakit atau mencegah supaya tidak terjadi komplikasi.

“Dokter tidak mengerti perasaan saya karena dokter tidak mengalami hal seperti saya”

Dukungan psikologis besar dirasakan oleh para penderita. Bagi para penderita tersebut, terdapat perbedaan apabila mereka berkonsultasi dengan tenaga kesehatan dibandingkan dengan saling berbagi pengalaman antara sesama penderita ataupun keluarga penderita diabetes.

Dokter mampu menjelaskan kondisi pasien secara medis, namun sering kali tidak dapat memahami persoalan, pergumulan serta rasa frustasi yang dirasakan oleh penderita sehari-hari. Berbeda halnya dengan sesama penderita diabetes yang menghadapi permasalahan sama, apalagi bila terdapat kemiripan dalam usia, etnis dan budaya.

Disamping itu, adanya komunitas atau perkumpulan diabetes membuat penderita terhubung dalam suatu kebersamaan bahwa mereka tidak sendiri. Penderita yang telah lama menderita diabetes dan terawat dengan baik dapat menjadi contoh dan panutan yang memotivasi penderita diabetes lainnya.

Tidak hanya bagi penderita, keluarga penderita diabetes pun dapat saling berbagi tentang pengalaman mereka dalam merawat penderita diabetes di rumah. Saling berbagi cerita tentang kesulitan dan cara menangganinya dapat mengurangi beban stress yang dialami keluarga.

Tingginya jumlah penderita diabetes di Indonesia membuat pentingnya peranan masyarakat untuk bersama-sama melawan diabetes. Di era digital saat ini, internet menjadi sumber berbagai informasi ataupun wadah untuk berbagi informasi. Berbagai forum online, blogspot ataupun sosial media menuliskan informasi mengenai kesehatan penderita diabetes.

Sumber informasi ini dapat memberi dampak baik ataupun buruk. Oleh karena itu penting untuk memilah informasi yang baik dan relavan untuk diikuti serta sebaiknya mengikuti informasi online yang diasuh oleh dokter.

Informasi yang salah dapat membawa pengaruh buruk, seperti informasi mengenai pengobatan yang salah, iklan-iklan mengenai produk yang belum berbukti secara ilmiah ataupun tulisan yang memuat emosi negatif yang sifatnya menakut-nakuti.

Terdapat 2 komunitas resmi yang dapat dipercaya di Indonesia yaitu IKADAR (Ikatan Keluarga Penyandang Diabetes Anak dan Remaja) dimana komunitas ini terutama untuk diabetes tipe 1 dan PERSADIA (Persatuan Diabetes Indonesia). PERSADIA selalu memlih pasien diabetes terbaik yang disebut “pandu”. Pandu ini berperan sebagai contoh dan panutan untuk pasien diabetes lainnya serta membantu memberi edukasi mengenai diabetes.

Komunitas ini secara aktif mengadakan acara rutin seperti seminar, kampanye pencegahan diabetes, cara hidup sehat, olahraga bersama seperti jalan sehat, senam diabetes, pemeriksaan gula darah dan konsultasi penyakit ataupun konsultasi gizi pada tenaga ahli.

Itu dia berbagai manfaat bergabung dalam komunitas diabetes. Jangan patah semangat dan mari bersama-sama hidup sehat berkualitas melawan diabetes!

 

Referensi:

Dari berbagai sumber