Bantuan
Free Tele x

Atasi Bekas Jerawat Membandel dengan Beberapa Cara Ini!

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 May 2021

Bagikan

Atasi Bekas Jerawat Membandel dengan Beberapa Cara Ini!

Siapapun yang mengalami breakout jerawat pasti merasa terganggu. Rasanya sangat sakit, tidak nyaman, mengganggu, dan dapat menurunkan kepercayaan diri karena pengaruhnya bagi penampilan kita. Ditambah lagi, tak hanya sampai situ, jerawat seringkali meninggalkan bekas yang tak kalah menyebalkan! 

Akan tetapi, sebagian besar bekas jerawat bersifat sementara. Bekas jerawat dapat diatasi dengan beberapa perawatan kulit yang dapat dilakukan sendiri di rumah dengan bantuan produk kecantikan kulit komersil, atau dapat juga diatasi dengan perawatan di berbagai klinik kecantikan kulit. 


Perawatan dengan produk-produk kecantikan kulit

Beberapa jenis bekas jerawat dapat diatasi cukup dengan produk-produk kecantikan kulit yang mudah ditemukan di pasaran. Berbagai produk kecantikan kulit mengandung zat aktif yang membantu mengatasi bekas jerawat.

  • Asam salisilat

Zat ini sudah umum dimasukkan dalam kandungan produk kecantikan kulit. Asam salisiliat ini memiliki fungsi membersihkan kotoran, sel kulit mati, serta kotoran-kotoran lainnya yang dapat menghambat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. 

Zat ini juga dapat mengurangi kemerahan pada area bekas jerawat sehingga bekas jerawat dapat memudar. Sebagai catatan, untuk kamu yang memiliki tipe kulit sensitif, jangan lupa ujikan produk pada area kecil pada kulit sebelum mengaplikasikannya ke wajah, karena asam salisilat terkadang dapat menyebabkan kulit kering atau iritasi.

  • Retinoid

Retinoid topikal dapat mencegah inflamasi (peradangan), mengurangi bekas jerawat, dan mempercepat regenerasi sel. Retinoid juga dianggap mampu mencerahkan hiperpigmentasi pada bekas jerawat, termasuk pula pada orang dengan kulit yang gelap. 

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa penggunaan retinoid dapat membuat kulit menjadi terlalu sensitif pada matahari. Jadi, jangan lupa menggunakan tabir surya, ya,  apabila kamu menggunakan retinoid untuk merawat bekas jerawat apabila hendak bepergian!

  • Alpha hydroxy acids (AHA)

AHA dapat membantu mengangkat sel kulit mati serta mencegah pori-pori yang tersumbat. Para dokter sering merekomendasikan AHA untuk merawat jerawat serta memudarkan bekas jerawat.

  • Asam laktat

Asam laktat dapat berperan sebagai peel yang lembut yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Zat ini mampu memudarkan bekas jerawat dan menghasilkan tekstur kulit yang lebih lembut.

Di sisi lain, untuk menghindari efek samping hiperpigmentasi, perlu untuk menguji produk yang mengandung asam laktat pada area kecil kulit sebelum menggunakannya untuk merawat bekas jerawat.


Perawatan dengan bahan-bahan alami

Selain memanfaatkan produk-produk kecantikan kulit yang dapat ditemukan di pasaran, beberapa bahan alami berikut ini juga ampuh untuk mengatasi bekas jerawat, lho!

  1. Madu

Madu telah dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan medis, seperti luka bakar, bekas luka, dan kondisi kulit akibat penyakit herpes. 

  1. Lidah buaya

Lidah buaya berperan dalam proses penyembuhan jerawat. Berdasarkan suatu penelitian, mengaplikasikan lidah buaya secara langsung ke bekas luka dapat mengurangi peradangan (inflamasi) pada area tersebut dan dapat mengecilkan ukuran bakar jerawatnya. 

Lidah buaya dapat ditemukan dalam bentuk gel di toko-toko terdekat, namun juga dapat ditanam sendiri di rumah. Cara memanfaatkan tanaman lidah buaya sendiri yaitu dengan cara memotong daunnya kemudian aplikasikan cairan di dalamnya langsung ke kulit.

  1. Minyak Biji Rosehip

Selain berfungsi memperlambat proses penuaan, minyak biji rosehip dapat membantu menyamarkan bekas luka. Penelitian membuktikan bahwa pengaplikasian minyak biji rosehip dua kali sehari mampu menyamarkan bekas jerawat dan perubahan warna kulit akibat jerawat.


Perawatan klinik

Berbagai perawatan kulit yang dilakukan di klinik kecantikan telah tersedia untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Dokter kulit biasanya merekomendasikan prosedur yang berbeda-beda tergantung pada jenis kulit dan tingkat keparahan bekas jerawat. Berbagai jenis perawatan yang biasanya tersedia antara lain:

  • Chemical peels

  • Injeksi

  • Dermal filler

  • Microneedling

  • Laser treatment

Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter kulit mengenai kondisi bekas jerawat yang dikeluhkan sehingga dokter kulit akan menentukan tindakan atau prosedur yang akan diberlakukan.


Bekas jerawat memang cukup mengganggu dan bahkan mampu mengurangi rasa percaya diri pada beberapa orang. Namun, beberapa bekas jerawat tidak bersifat permanen sehingga bisa ditangani dengan baik hingga memudar atau menghilang. 

Untuk bekas jerawat yang ringan, cobalah untuk menggunakan produk perawatan kulit maupun menggunakan bahan alami dengan penggunaan yang tepat. Apabila masih belum teratasi, konsultasikan masalah kulit kamu kepada dokter kulit kamu.


Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat


Referensi:

  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324784 

  2. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/expert-answers/acne-scars/faq-20058101 

  3. https://www.healthline.com/health/acne-scars#_noHeaderPrefixedContent 

  4. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/natural-products-for-acne-scars

Tag :
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami