Apakah Tisu Magic dapat Mengatasi Ejakulasi Dini?

17 Feb 2021 • Lain-lain

Apa itu tisu magic?

Tisu magic adalah sejenis tissue basah yang dapat membantu mengatasi ejakulasi dini. Ejakulasi dini didefinisikan sebagai kondisi mencapai klimaks dalam waktu yang cepat, sehingga menyebabkan perasaan yang tidak puas bagi kamu atau pasangan.

Jika kamu mengalami ejakulasi dini, kamu tidak sendirian karena kondisi ini mempengaruhi sekitar 30 - 40% pria. Perlu diingat bahwa tidak semua pria mau mengakui bahwa dirinya menderita ejakulasi dini, sehingga angka kejadiannya bisa lebih tinggi dari yang dilaporkan. 

Tisu magic digunakan sebelum melakukan hubungan seksual. Tisu magic dioleskan pada seluruh permukaan dari kepala atau glans penis. Kemudian, kepala penis dibiarkan kering terlebih dahulu sebelum melakukan penetrasi ke dalam vagina.

Kandungan zat aktif di dalam tisu magic adalah benzocaine 4%. Zat tersebut termasuk dalam golongan obat anestetik yang berfungsi untuk mematikan sementara sel saraf pada permukaan kepala penis. Dengan demikian, stimulasi yang dirasakan oleh kepala penis akan berkurang dan kamu dapat menahan ejakulasi lebih lama. 

Efektivitas tisu magic

Sebuah penelitian berhasil membuktikan efektivitas dari penggunaan tisu magic. Kelompok pria yang menggunakan tisu magic melaporkan durasi hubungan seksual yang lebih lama dibandingkan dengan kelompok pria yang tidak menggunakan tisu magic. Kemudian, kelompok pria yang menggunakan tisu magic juga melaporkan tingkat kepuasan yang lebih tinggi saat berhubungan seksual dengan pasangannya. 

Setelah 1 bulan penggunaan tisu magic, rerata durasi hubungan seksual kelompok pria adalah 165 detik atau 2 menit 45 detik. Kelompok pria yang tidak menggunakan tisu magic hanya bertahan selama 110 detik atau 1 menit 50 detik secara rata-rata. Durasi hubungan seksual bertambah lama setelah pemakaian 2 bulan. Kelompok yang menggunakan tisu magic bahkan mampu bertahan hingga 330 detik atau 5 menit 30 detik. 

Cara lain untuk mengatasi ejakulasi dini

Tisu magic bisa menjadi alternatif dalam mengatasi permasalahan ejakulasi dini tanpa perlu minum obat. Namun, jika kamu mengalami iritasi, alergi akibat pemakaian tisu magic, atau bahkan tidak efektif untuk mengatasi permasalahan ejakulasi dini, berikut cara lain yang mungkin bisa membantumu:

Masturbasi sebelum berhubungan seksual

Ejakulasi dengan cara masturabasi 1–2 jam sebelum berhubungan seksual dengan pasangan dapat membantu mengatasi ejakulasi dini. Kamu akan merasakan lebih rileks dan kurang sensitif, sehingga bisa menghambat tercapainya klimaks saat berhubungan seksual.

Latihan otot dasar panggul

Otot dasar panggul adalah otot yang dapat menghentikan aliran urine saat berkemih dan mencegah kamu untuk kentut. Dengan otot dasar panggul yang lebih kuat, kamu dapat mencegah ejakulasi.

Pertama, kamu harus dapat mengidentifikasi otot dasar panggul. Caranya adalah dengan berusaha menghentikan aliran urine saat berkemih atau menahan kentut. Kuatkan otot tersebut saat kamu berbaring di atas tempat tidur. Kemudian, tegangkan otot tersebut selama tiga detik dan kemudian istirahatkan selama tiga detik juga. Ulangi manuver ini selama beberapa kali dan setelah itu lakukan latihan ini saat duduk, berdiri, atau bahkan saat berjalan.  

Teknik pause-squeeze

Teknik ini mengharuskan kamu untuk berhenti memberikan stimulasi kepada penis, sesaat sebelum ejakulasi. Kemudian, remas ujung kepala penis selama beberapa detik untuk menahan ejakulasi. Setelah perasaaan ingin ejakulasi hilang, lanjutkan hubungan seksual bersama pasanganmu. Lakukan teknik ini beberapa kali hingga akhirnya dapat ejakulasi. Perlu diperhatikan untuk tidak meremas penis terlalu keras karena dapat menyebabkan cedera penis. 

Kondom

Selain untuk menghindari penularan penyakit menular seksual, kondom juga dapat mengurangi stimulasi pada penis. Dengan tujuan yang sama dengan tisu magic, kondom juga dapat membantu mengatasi ejakulasi dini

Konseling pasangan

Hubungan seksual harus membuat kedua pasangan nyaman. Oleh sebab itu, jika ejakulasi dini menjadi masalah bagi salah satu pasangan, konseling pasangan mungkin diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Tisu magic hanyalah salah satu pilihan untuk mengatasi permasalahan ejakulasi dini. Selalu konsultasikan kepada dokter jika mulai muncul gejala atau nyeri setelah pemakaian tisu magic. 

Referensi:

  1. Shabsigh R, Perelman MA, Getzenberg RH, Grant A, Kaminetsky J. Randomized, placebo-controlled study to evaluate the efficacy, safety, and tolerability of benzocaine wipes in subjects with premature ejaculation. J Mens Health. 2019 Oct 31;15(3):e80-8.
  2. Preidt R. A new treatment for premature ejaculation? [Internet]. WebMD; 2017 May 15 [cited on 2021 Feb 3]. Available from: https://www.webmd.com/men/news/20170515/a-new-way-to-avoid-an-embarrassing-male-sexual-problem#1 
  3. Premature ejaculation [Internet]. Mayo Clinic; 2020 Aug 27 [cited on 2021 Feb 3]. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-ejaculation/diagnosis-treatment/drc-20354905