Bantuan
Free Tele x

Apakah Tanda-Tanda Hamil 1 Minggu Dapat Terdeteksi? Ketahui Jawabannya Disini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Dec 2021

Bagikan

Bagaimanakah Mendeteksi Tanda-Tanda Hamil 1 Minggu?

Tanda-tanda hamil 1 minggu kerap tidak disadari oleh ibu hamil. Ini karena masa kehamilan umumnya baru bisa terdeteksi ketika usia kehamilan telah memasuki 3 hingga 4 minggu. Pada usia kehamilan 1 minggu, janin belum terbentuk, sehingga perubahan dalam perut ibu hamil belum bisa terlihat.

Namun Anda bisa menyadari tanda-tanda Anda hamil 1 minggu ketika Anda mengalami perubahan pada payudara. Selain adanya perubahan pada payudara masih banyak tanda-tanda lain yang bisa Anda sadari melalui pembahasan di bawah ini. 

Tanda-Tanda Hamil 1 Minggu

Salah satu tanda-tanda hamil 1 minggu yang paling sering dialami oleh wanita hamil adalah telat menstruasi. Namun terkadang telat menstruasi tidak bisa dipastikan sebagai pertanda seseorang tengah hamil. Dugaan yang keliru seringkali mengecewakan mereka yang sangat mendambakan kehadiran sang buah hati. Anda bisa memastikan kehamilan jika Anda mengalami beberapa tanda-tanda kehamilan berikut:

  1. Merasa Mual

Tanda-tanda hamil 1 minggu bisa Anda sadari ketika Anda sering merasa mual di pagi hari. Meskipun rasa mual tidak selalu menandakan kehamilan, namun Anda tetap bisa membedakan rasa mual ketika hamil dengan rasa mual yang ditimbulkan oleh penyakit lain, seperti maag. Rasa mual yang timbul karena adanya kehamilan biasanya berlangsung lama, sedangkan mual yang disebabkan oleh naiknya asam lambung atau maag paling lama berlangsung hingga 2 jam. 

  1. Mudah Merasa Lelah dan Ngantuk

Mudah merasa lelah dan ngantuk merupakan salah satu tanda-tanda kehamilan yang bisa Anda rasakan pada usia kehamilan 1 minggu. Tanda-tanda hamil 1 minggu ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada ibu hamil. Jika Anda mudah merasa lelah dan ngantuk setelah melakukan aktivitas sehari-hari, Anda tidak perlu khawatir karena bisa jadi Anda sedang hamil. Jika Anda ragu terhadap tanda kehamilan ini, Anda bisa melakukan tes pack untuk memastikannya. 

  1. Perut Terasa Kembung 

Perut terasa kembung merupakan salah satu tanda-tanda hamil 1 minggu. Ini karena ibu hamil mengalami peningkatan hormon progesterone, sehingga memperlambat proses pencernaan di dalam perut. Lambatnya proses pencernaan menyebabkan gas terperangkap di dalam perut, akibatnya perut menjadi kembung. Meskipun perut kembung sering dialami oleh mereka yang tidak hamil, namun perut kembung yang disertai dengan sendawa secara terus menerus bisa menjadi pertanda seseorang tengah hamil.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat?

  1. Sensitif Terhadap Bau

Tanda-tanda hamil 1 minggu yang bisa Anda ketahui selanjutnya adalah sensitif terhadap bau. Jika Anda mengalami kondisi ini bisa jadi Anda tengah hamil muda. Kondisi ini telah banyak dirasakan oleh seseorang yang tengah hamil. Banyak orang hamil melaporkan bahwa mereka sangat sensitif ketika mencium bau parfum dari pakaian seseorang atau bahkan mereka sangat sensitif ketika berdekatan dengan suaminya. 

  1. Sakit Punggung Bagian Bawah

Sakit punggung bagian bawah biasanya sering dirasakan oleh mereka yang tengah hamil muda atau memasuki usia 1 minggu kehamilan. Jika Anda sering mengalami sakit punggung bagian bawah dan sangat mengganggu kenyamanan Anda saat tidur, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Diagnosis yang tepat diperlukan agar Anda tidak salah mengonsumsi obat, sebab obat-obatan yang salah sangat berbahaya bagi seseorang yang tengah hamil.

  1. Perubahan Selera Makan

Perubahan selera makan bisa terjadi pada seseorang yang tengah memasuki usia kehamilan 1 minggu. Tidak heran jika mereka yang tengah hamil muda mengalami perubahan selera makan seperti terkadang nafsu makannya meningkat atau bahkan menurun. Nafsu makan meningkat pada orang hamil biasanya disertai dengan permintaan makanan tertentu. 

Beberapa tanda-tanda di atas bisa Anda rasakan ketika memasuki usia kehamilan satu minggu. Namun perlu Anda ingat bahwa untuk memprediksi seseorang hamil atau tidak, tidak dilihat dari 1 tanda saja, masih ada tanda-tanda lain yang perlu Anda pahami. Jika Anda mengalami beberapa tanda di atas, bisa jadi Anda tengah hamil muda. Jika Anda ragu, Anda bisa memastikannya dengan melakukan test pack atau konsultasi langsung dengan dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Perubahan Fungsi Biologis Tubuh Selama Masa Kehamilan

 

Sumber:

1. Mayo Clinic: Getting pregnant. 2019.

2. Better Health: Pregnancy - signs and symptoms. 2018.

Bagikan artikel ini