Apa Saja Manfaat Jahe Untuk Wanita?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Dec 2021

Bagikan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Wanita

Selain digunakan sebagai rempah-rempah untuk memasak, tahukah Anda ternyata banyak sekali manfaat jahe untuk wanita? Air perasan jahe banyak diminum untuk melancarkan pencernaan, menjaga kadar gula darah, kolesterol, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Banyaknya manfaat jahe untuk kesehatan, membuat jahe banyak dicari sebagai alternatif pengobatan tradisional. 

Anda bisa mencoba membudidayakan tanaman satu ini di pekarangan rumah untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Merawat tanaman jahe tidaklah sulit, hanya memerlukan lahan kecil dan suhu lingkungan yang tidak terlalu dingin. Dengan budidaya jahe Anda bisa panen hasilnya untuk mengobati sejumlah masalah kesehatan dan memasak.

Apa Itu Jahe? 

Jahe merupakan salah satu tumbuhan yang banyak digunakan untuk memasak dan mengobati sejumlah masalah kesehatan secara tradisional. Rimpang jahe berbentuk seperti jemari berwarna jingga muda hingga merah. Jahe memiliki aroma yang cukup tajam, serat kasar, dan rasa pedas. Rasa pedas yang dimiliki jahe membuat jahe cocok dikonsumsi ketika cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh dan tenggorokan. 

Manfaat Jahe untuk Wanita

Manfaat jahe untuk wanita sangat banyak sekali, tahukah Anda apa saja manfaatnya? Jahe banyak dikonsumsi sebagai minuman atau jamu oleh wanita untuk meredakan rasa mual ketika hamil atau karena efek samping pengobatan. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat jahe untuk wanita yang perlu Anda ketahui selengkapnya melalui pembahasan di bawah ini.

  1. Mengurangi Rasa Mual

Salah satu manfaat jahe untuk wanita adalah mengurangi rasa mual yang sering dirasakan ketika memasuki masa kehamilan. Rasa mual sering dirasakan oleh wanita hamil di waktu pagi. Manfaat jahe untuk mengurangi rasa mual ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan telah teruji melalui beberapa penelitian. Tidak hanya mengurangi rasa mual ketika hamil, jahe bisa digunakan ketika Anda mabuk perjalanan, mabuk laut, efek setelah operasi dan kemoterapi yang bisa menyebabkan Anda muntah-muntah. 

  1. Meredakan Kram Perut Ketika Menstruasi

Sebagian wanita mungkin pernah mengalami menstruasi yang disertai dengan kram perut, sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika Anda mengalami kram perut ketika menstruasi, Anda bisa mencoba mengonsumsi air rebusan jahe, karena jahe bisa menghambat produksi prostaglandin dan membantu meminimalisir otot rahim berkontraksi, sehingga sakit perut ketika menstruasi bisa sedikit berkurang.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Jahe Bagi Kesehatan? Temukan Jawabannya Di sini

  1. Mencegah Infeksi Vagina

Menjaga kesehatan organ intim sangat penting bagi wanita, Anda bisa menjaganya dengan mengonsumsi air rebusan jahe, karena jahe memiliki sifat antimikroba, anti inflamasi yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan area kewanitaan. Minum air rebusan jahe mampu menjaga kesehatan area vagina wanita tetap bersih dari dalam. 

  1. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan ideal adalah impian setiap wanita agar tetap terlihat menarik. Kandungan yang terdapat dalam jahe mampu meningkatkan suhu tubuh, sehingga metabolisme di dalam tubuh pun ikut meningkat. Meningkatnya metabolisme tubuh akan membantu proses pembakaran kalori menjadi lebih tinggi, sehingga penurunan berat badan dengan air jahe bisa lebih efektif. Selain mengonsumsi air jahe, Anda juga bisa menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga. 

  1. Membuat Kulit Terlihat Lebih Muda

Manfaat jahe untuk wanita selanjutnya adalah membuat kulit terlihat lebih muda. Mungkin banyak di antara Anda yang menggunakan krim wajah untuk membuat kulit terlihat lebih muda. Namun, tahukah Anda mengonsumsi air rebusan jahe bisa membuat kulit tampak cerah dan muda?

Menurut beberapa penelitian jahe mengandung antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas seperti polusi sinar UV. Sinar UV bisa membuat kulit rusak, sehingga membutuhkan antioksidan untuk memproduksi kolagen kulit, sehingga kulit tetap halus dan elastis. 

Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh jahe, membuat jahe banyak dicari sebagai alternatif pengobatan. Namun perlu Anda ketahui mengonsumsi jahe dalam jumlah banyak dan berlebihan bisa menimbulkan efek samping seperti sakit perut, perut kembung dan rasa panas dari dalam. Maka sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi air jahe. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air jahe secukupnya ketika Anda merasakan keluhan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tidak Hanya Baik Untuk Pencernaan, Berikut Ini Manfaat Wedang Uwuh Lainnya

 

Sumber: 

1. Miller, Marissa. 10 Health Benefits Of Ginger That Are Seriously Impressive.

2. Leech, Johe. 11 Proven Health Benefits of Ginger. 2021.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi