Bantuan

Apa Saja Jamu yang Dilarang untuk Ibu Hamil? Ketahui Jawabannya di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Mar 2022

Bagikan

jamu yang dilarang untuk ibu hamil

Mengonsumsi minuman herbal sejenis jamu memang bagus, tapi ada beberapa jenis jamu yang dilarang untuk ibu hamil. Apa alasannya? Selain mengandung zat yang berbahaya bagi janin, beberapa jenis tanaman herbal juga menimbulkan efek samping bila dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Bila Anda sedang hamil, sebaiknya berhati-hatilah saat mau mengonsumsi jamu. Sebab, ada produk herbal yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, namun ada juga yang tidak aman. Makanya, telitilah sebelum membeli bahan-bahan herbal untuk jamu. 

Jenis-Jenis Herbal yang Tidak Boleh Diminum Saat Hamil

Sebagai seorang ibu hamil sekaligus calon ibu, Anda harus selalu memperhatikan kebutuhan nutrisi dari janin yang Anda kandung. Pemenuhan nutrisi untuk janin bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari makanan yang Anda konsumsi hingga minuman yang Anda minum. 

Bila Anda suka meminum ramuan-ramuan herbal sejenis jamu, coba teliti lagi bahan-bahan herbal yang Anda pakai. Apakah bahannya aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Jika Anda bingung, ayo cari tahu sama-sama tentang jenis-jenis herbal yang dilarang diminum oleh ibu hamil. 

1. Black Cohosh

Bagi Anda yang tinggal di kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia, pasti asing mendengar tanaman herbal yang satu ini. Black Cohosh merupakan salah satu tanaman herbal yang berasal dari negeri Paman Sam, Amerika Utara. 

Bahan herbal ini memang bisa diracik menjadi bahan ramuan untuk jamu. Tapi sayangnya, Black Cohosh termasuk ke dalam salah satu jamu yang dilarang untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan bayi lahir secara prematur. 

2. Echinacea

Bahan herbal selanjutnya yang pantang dikonsumsi oleh ibu hamil adalah Echinacea. Bila Anda masih asing dengan nama bahan yang satu ini tentu saja wajar. Sebab tanaman herbal ini asli berasal dari wilayah Amerika Utara. 

Tanaman Echinacea biasa digunakan sebagai obat untuk meredakan flu dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Meski tanaman ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, namun ibu hamil seperti Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya, karena dapat menurunkan tingkat kesuburan pria maupun wanita.  

3. Saw Palmetto

Tanaman yang satu ini terkenal bisa dipakai untuk mengobati penyakit gangguan kandung kemih, nyeri panggul kronis, rambut rontok, ketidakseimbangan hormon, hingga kanker prostat. Cara pengolahan tanaman ini biasanya dengan digiling, dikeringkan, atau bisa juga dikonsumsi secara langsung. 

Meski memiliki segudang manfaat yang luar biasa, namun tanaman Saw Palmetto ini juga dikenal sebagai bahan ramuan jamu yang dilarang untuk ibu hamil. Dalam beberapa kasus, buah Palmetto ini akan memicu gangguan pada fungsi organ hormonal, lalu menyebabkan komplikasi saat kehamilan. 

4. Saint John's Wort

Selama berabad-abad, tanaman St. John's Wort telah digunakan untuk mengobati penderita gangguan mental serta nyeri saraf. Namun, perkembangan medis baru-baru ini membuat St. John's Wort dipakai untuk obat mengatasi depresi, insomnia, hingga gangguan kecemasan. 

Sayangnya, bagi ibu hamil tanaman ini justru dapat mengakibatkan efek samping yang cukup buruk. Ketika sudah diracik menjadi obat maupun ramuan, tanaman St. John's Wort bisa meningkatkan potensi terjadinya mutasi genetik pada janin. Selain itu, mengonsumsi tanaman ini juga dapat menurunkan tingkat kesuburan Anda. 

5. Ephedra

Tanaman Ephedra berasal dari kawasan Asia Tengah dan Mongolia. Bentuknya hampir mirip seperti semak-semak cemara yang biasa ada di kawasan tersebut. Tak hanya di Asia, tanaman ini juga tumbuh subur di wilayah barat daya Amerika Serikat. 

Biasanya, tanaman ini akan diolah menjadi sebuah ramuan untuk mengobati gejala demam, pilek, asma, sakit kepala, hingga mengi. Bila tanaman ini dikonsumsi dalam jangka waktu panjang, akan ada efek samping yang Anda rasakan. Misalnya saja dapat menyebabkan kadar gula dalam tubuh meningkat. 

Bagi Anda yang sedang hamil, tanaman ini juga tidak bagus untuk dikonsumsi. Ibu hamil yang nekat mengonsumsi tanaman ini akan mengalami diabetes gestasional yang tentunya berdampak buruk bagi kesehatan Anda dan calon bayi yang dikandung. 

Demikianlah ulasan tentang jenis-jenis jamu yang dilarang untuk ibu hamil. Jika Anda tidak sengaja mengonsumsi salah satu jamu tersebut dan mengalami keluhan, segeralah hubungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk pertolongan pertama. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Waspadai, Ternyata Ada Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mirchandani, Anita. 2019. 5 herbs to avoid during pregnancy. https://www.mother.ly/pregnancy/all-pregnancy/herbs-avoid-during-pregnancy/?amp=1 

Saha, Ria. 2022. 11 Dangerous Herbs You Should Avoid During Pregnancy. https://www.momjunction.com/articles/dangerous-herbs-you-should-avoid-during-pregnancy_00334785/ 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang