Bantuan

Apa Itu Ejakulasi Dini dan Cara Mengatasinya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Mar 2022

Bagikan

Ejakulasi

Apakah Anda tahu apa itu ejakulasi dini dan cara mengatasinya? Ejakulasi itu sendiri merupakan pelepasan sperma melalui penis. Sedangkan ejakulasi dini yaitu kondisi di mana pelepasan sperma ini berlangsung terlalu cepat ketika berhubungan seksual. 

Orang yang mengalami ejakulasi dini bisa mengalami pelepasan sperma ketika baru saat melakukan penetrasi ke vagina. Bahkan dalam beberapa kasus, pelepasan sperma bisa terjadi bahkan sebelum hubungan intim seperti saat foreplay.

Tentu saja masalah seperti ini menjadi keluhan tersendiri terutama terhadap hubungan antar pasangan. Karena baik pria dan wanita tidak dapat terpuaskan saat melakukan hubungan seksual.  Tidak hanya itu, ejakulasi dini juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti masalah kesuburan. 

Oleh karena itu, masalah ejakulasi dini harus segera diatasi secepat mungkin. Lalu bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini tersebut? Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa cara mengatasi ejakulasi dini yang bisa Anda lakukan. 

Penyebab Ejakulasi Dini

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini. Sebaiknya Anda memerhatikan beberapa penyebab ejakulasi terlebih dahulu. Salah satu faktornya yaitu psikologi seperti trauma, kecemasan, kegirangan dan trauma. Namun beberapa kondisi tertentu juga dapat menjadi penyebab Anda mengalami ejakulasi dini seperti, diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan efek samping obat-obatan. 

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Lalu bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Mengonsumsi Suplemen Zinc

Cara pertama dalam mengatasi ejakulasi dini yaitu dengan mengonsumsi suplemen seng atau zinc. Pasalnya, zinc dapat memberikan kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, dan produksi hormon testosteron, dan meningkatkan libodo. Dalam sebuah penelitian  disebutkan bahwa mengonsumsi zinc sebanyak 11 miligram per hari dapat memperpanjang waktu ejakulasi. Selain itu, penelitian  lain yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi zinc dapat mengatasi masalah seksual seperti ejakulasi dini. 

  1. Merubah Pola Makan

Selain mengonsumsi suplemen zinc, Anda juga perlu merubah pola makan Anda. pasalnya nutrisi lain seperti magnesium dapat berperan penting dalam menjaga kesehatan seksual dan  juga dapat mengatasi ejakulasi dini. Pasalnya, mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc dan magnesium dapat memperpanjang waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai klimaks. Beberapa makanan yang perlu Anda konsumsi yaitu kerang, kacang merah, kacang polong, kacang kedelai, daging sapi, kambing, dan coklat hitam. 

  1. Mengontrol Kilmaks 

Cara mengatasi ejakulasi yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu mengontrol klimaks saat berhubungan intim. Anda bisa mengontrol klimaks dengan cara menggunakan kondom. Pasalnya kondom mampu menurunkan sensitivitas dan juga menjaga seseorang melepaskan ejakulasi dini. Sebaiknya Anda mencari kondom yang mengandung lidokain atau benzokain. Kedua kandungan tersebut dapat memberikan efek mati rasa atau kebas. Anda juga bisa mencari kondom yang berbahan lateks tebal. 

  1. Masturbasi Sebelum Hubungan Intim

Tahukah Anda ternyata masturbasi sebelum melakukan hubungan intim dapat menjadi salah satu cara mengatasi ejakulasi dini. Jika Anda melakukan masturbasi 1 hingga 2 jam sebelum melakukan hubungan intim, maka dapat menunda ejakulasi ketika penetrasi. Pasalnya, masturbasi sebelum melakukan hubungan intim dapat mengurangi kebutuhan untuk mencapai klimaks dengan cepat. 

  1. Memberi Jeda Saat Berhubungan Intim

Cara mengatasi ejakulasi dini yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu dengan memberikan jeda saat berhubungan intim. Anda bisa mencoba melakukan aktivitas seksual lainnya selain penetrasi. Pasalnya penetrasi bukanlah satu-satunya cara untuk mencapai kepuasan seksual. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan cara lain dalam membuat pasangan merasakan kepuasan seksual. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai ejakulasi dini dan cara mengatasinya. Dapat disimpulkan, ejakulasi merupakan pelepasan sperma yang terlalu cepat. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi ejakulasi dini seperti yang telah dijelaskan di atas. 

Apabila beberapa cara mengatasi ejakulasi dini di atas tidak berhasil, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis Urologi. Nantinya Anda akan mendapatkan terapi yang tepat seperti terapi obat-obatan. Apabila tidak berhasil, maka akan dilakukan terapi vacum erection device. Terapi ini akan menyedot udara serta membuat aliran darah menuju penis menjadi lebih lancar. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bahaya Ejakulasi Dini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Seksologi & Reproduksi Pria

Mulai dari IDR 160.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Scaccia, Annamarya. 2021. 13 Best Home Remedies for Premature Ejaculation. https://www.healthline.com/health/mens-health/pe-home-remedies

Mayo Clinic. Premature ejaculation. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-ejaculation/diagnosis-treatment/drc-20354905#:~:text=Common%20treatment%20options%20for%20premature,be%20the%20most%20effective%20course.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Seksologi & Reproduksi Pria

Mulai dari IDR 160.000

Pesan Sekarang