Bantuan
Free Tele x

Anda Tidak Perlu Khawatir, Berikut Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Jul 2021

Bagikan

Anda Tidak Perlu Khawatir, Berikut Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Apakah Anda tahu bagaimana cara mengatasi hidungtersumbat pada bayi? Biasanya bayi yang mengalami hidung tersumbat akan reweldan menangis karena merasa tidak nyaman. Apabila Anda menemukan bayi sepertiini, tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut tidak berbahaya.


Selain itu,ada cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang dapat Anda lakukan agar bayikembali nyaman. Lantas, bagaimana cara mengatasi hidungtersumbat pada bayi? Temukan jawabannya di bawah ini. 


Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi


1.  Membersihkan hidung dari ingus danlendir

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalammengatasi hidung bayi yang tersumbat yaitu membersihkan hidung dari ingus danlendir. Tidak jarang ditemukan lendir atau ingus bayi yang mengeras dan menjadikerak. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua perlu rutin membersihkannya baikdalam keadaan sehat ataupun flu. Ketika membersihkan hidung bayi, Anda dapatmenggunakan korek kuping yang telah dibasahi dengan air hangat agar dapatmengambil kotoran yang telah mengeras. 


2.  Mengatur posisi tidur

Pada saat hidung bayi sedang tersumbat, makaaturlah posisi tidurnya dalam keadaan nyaman. Anda dapat mengatur posisinyadengan meninggikan bagian kepala agar bayi dapat menghirup udara. Tidak hanyaitu, posisi dengan kepala lebih tinggi membuat lendir tidak menggumpal di dalamhidung. Selain itu, Anda juga perlu mencukupi cairan bayi agar lendir tidakmenyumbat pernapasan. 


3.  Memastikan kecukupan cairan padabayi

Mencukupi kebutuhan cairan sang bayi merupakansalah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Ketika kebutuhan cairansang bayi tercukupi, maka jaringan hidung akan terus terjaga kelembabannya.Untuk memenuhi kebutuhan cairan bayi, Anda dapat memberikan air putih danmenghindari memberikan minuman manis. Apabila bayi Anda masih menyusui, maka susuibayi sesering mungkin. 


4.  Menepuk perlahan punggung bayi

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yangselanjutnya yaitu menepuk punggungnya dengan perlahan. Cara untuk melakukannyayaitu dengan memposisikan bayi dalam keadaan tengkurap, setelah itu tepukperlahan punggungnya. Menepuk punggung bayi secara perlahan ini akan membantumengeluarkan lendir-lendir yang menyumbat di dalam hidung. Cara ini dapatmembantu menenangkan bayi yang rewel karena hidung tersumbat.


5.  Menyedot ingus bayi

Anda juga dapat membantu mengeluarkan lendiratau ingus dari dalam hidung bayi dengan menyedotnya. Anda dapat menggunakanbulb syringe atau alat penyedot ingus untuk bayi. Cara menggunakannya yaitudengan memencet bagian yang menggembung. Setelah itu masukkan pipet ke dalamhidung dan lepaskan bagian yang menggembung. Cara ini cocok untuk dilakukanpada anak yang berusia dibawah 6 bulan. 


6.  Menggunakan obat saline

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yangselanjutnya yaitu dengan menggunakan obat saline. Obat saline itu sendirimerupakan obat semprot hidung yang aman untuk bayi hingga anak-anak. Obat inidapat mengurangi lendir yang menyumbat hidung sang bayi. Sebaiknya Andamemberikan obat ini ketika bayi atau anak dalam keadaan berbaring. Anda dapatmenyemprotkan obat ini sebanyak 2 hingga 3 kali melalui lubang hidung. 


7.  Menggunakan humidifier

Humidifier merupakan alat yang dapatmenghasilkan uap sehingga mampu melembabkan hidung. Selain itu, penggunaan alatini juga dapat membuat udara di dalam ruangan menjadi lembab dan hangat,sehingga lendir tidak menjadi keras di dalam hidung. Apabila Anda tidakmemiliki humidifier, Anda dapat menggunakan uap hangat yang dimasukkan ke dalambaskom atau wadah agar bayi dapat menghirup uapnya.


8.  Memijat sekitar hidung bayi

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yangterakhir yaitu memberikan pijatan lembut pada bagian hidung. Anda dapat memijatpada bagian alis, tulang pipi, hidung, dan garis rambut. Pijatan lembut yangAnda berikan dapat membuat bayi menjadi lebih tenang sehingga tidak rewelkarena merasa tidak nyaman akibat hidungnya tersumbat. 

Nah, itulahcara mengatasi hidung tersumbat yang dapat Anda lakukan. Jadi saat ini Andatidak perlu khawatir lagi, bukan? Biasanya hidung tersumbat pada bayi akanhilang dengan sendirinya dalam waktu satu minggu. 

 

Referensi 

  • Norris, Taylor. How to Treat Nasal and ChestCongestion in a Newborn (2020)
  • What Kind of Stuff Clears Up a Stuffy Nose?(2015)
  • How to Help Your Baby or Toddler Clear a StuffyNose (2018) 
Bagikan artikel ini