Amankah Melakukan Pijat Di Titik Refleksi Kaki Untuk Asam Urat?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Dec 2021

Bagikan

Pijat Di Titik Refleksi Kaki Untuk Asam Urat, Amankah?

Pijat di titik refleksi kaki untuk asam urat, apakah aman? Asam urat merupakan kondisi dimana kristal urat menumpuk di sendi, yang mana mengakibatkan peradangan serta nyeri yang hebat. Kristal tersebut muncul saat tubuh mempunyai kadar asam urat yang tinggi, yang mana tubuh menghasilkan asam urat saat memecah purin. Purin adalah zat yang secara alami ada dalam tubuh. Zat ini juga bisa Anda temukan di makanan seperti jeroan, steak, serta makanan laut.

Minuman yang mengandung alkohol serta minuman manis juga dapat membuat kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Umumnya, asam urat akan larut dalam darah serta melewati ginjal, sehingga dibuang bersamaan dengan urine. Tetapi, jika asam urat terlalu banyak maka dapat menyebabkan terjadinya penumpukan. Serta akan membentuk kristal di jaringan atau sendi, yang menyebabkan rasa nyeri, peradangan, dan juga pembengkakan. 

Diketahui terdapat beberapa kondisi medis yang membuat Anda tidak boleh dipijat yakni salah satunya adalah demam. Hal ini karena memijat tubuh saat suhu tubuh sedang tidak normal, dapat menyebabkan efek tidak baik untuk tubuh. Selain itu, tekanan darah tinggi atau hipertensi juga mengharuskan Anda menghindari pijat.

Ini karena hipertensi rentan mengalami pembuluh darah pecah, jika dipijat terlalu keras. Sehingga, pijatan yang terlalu keras dapat menyebabkan dampak terhadap pembuluh darah yang menjadi pecah. Maka dari itu, penting untuk Anda memperhatikan kondisi kesehatan Anda jika ingin melakukan pengobatan alternatif seperti pijat.

Baca Juga: Jangan Asal Makan, Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Asam Urat Tinggi Berikut ini

Pijat Untuk Asam Urat, Apakah Aman?

Terjadinya asam urat bisa Anda alami secara tiba-tiba, bahkan mungkin kerap kali menyebabkan Anda terbangun di malam hari. Dimana Anda merasakan ibu jari yang terasa seperti terbakar. Sendi Anda yang sudah terinfeksi akan terasa panas, nyeri, dan mengalami pembengkakan. Tak jarang, asam urat menyerang sendi di pangkal ibu jari kaki.

Banyak faktor yang meningkatkan risiko Anda mengalami asam urat yakni seperti tekanan darah tinggi, obesitas, riwayat genetik, sindrom metabolik, dan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein. Tak hanya itu, mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman manis yang berlebihan, juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena asam urat. Diketahui bahwa laki-laki lebih memiliki risiko tinggi terkena asam urat, dibandingkan dengan wanita. 

Kemudian, apakah boleh pijat di bagian tubuh tertentu atau titik refleksi kaki untuk asam urat dilakukan? Perlu untuk Anda ketahui bahwa penanganan atau pengobatan untuk asam urat ini sangat bervariasi, yang mana akan bergantung pada kondisi asam urat akut atau kronis.

Selain pengobatan dengan medis, ternyata terdapat pengobatan alternatif yakni seperti akupuntur atau pijat pada titik refleksi kaki untuk asam urat. Pijat tidak hanya dilakukan pada titik refleksi kaki untuk asam urat saja, namun bisa juga terfokus pada area atau bagian tubuh yang mengalami nyeri, karena sendi yang terasa sakit.

Pijat menjadi sebuah metode kuno yang akan sangat membantu meningkatkan mekanisme sembuhnya tubuh dengan alami. Metode pengobatan ini dibuat untuk meningkatkan sirkulasi dalam darah ke sendi, dimana terjadinya kerusakan serta jaringan otot yang ada di sekitarnya. Bukan hanya itu, namun juga untuk menghindari kejang dan juga mengurangi rasa nyeri. 

Tahukah Anda bahwa pijat baik pada titik khusus atau titik refleksi kaki untuk asam urat ini juga dapat mengurangi nyeri dengan signifikan. Pijat juga dapat meningkatkan kerja lutut bagi penderita osteoarthritis, yang mana ini berarti bahwa penderita asam urat dapat melakukan pijat guna metode terapi pengobatannya.

Fakta lain yang penting untuk Anda ketahui adalah tidak ada obat yang dapat menyembuhkan asam urat, namun pijat mampu mengontrol gejalanya. Pengobatan pijat juga dapat membantu penderita asam urat untuk beraktivitas dengan normal, ketika asam urat terjadi. 

Jika Anda ingin melakukan pijat untuk pengobatan atau penanganan asam urat, maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Hal ini untuk mengetahui apakah ada kondisi medis lainnya, yang mengharuskan Anda menghindari pengobatan pijat ini. Jika tidak, maka dokter akan memberikan saran pengobatan lainnya untuk membantu Anda mengatasi asam urat yang dialami.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui Berbagai Macam Titik Refleksi Kaki Ini Untuk Meningkatkan Kesehatan!

 

Referensi:

1. Pacific College of Health and Science, 2020

2. Fiels, Tiffany, et al, 2006

3. IDN Times

4. Pearlman, Adam, 2006

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi