Bantuan
Bantuan

Aman dan Efektif, Ini Cara Menghilangkan Bulu Kemaluan Tanpa Mencukur

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Cara Menghilangkan Bulu Kemaluan Tanpa Mencukur

Cara menghilangkan bulu kemaluan tanpa mencukur kini bisa Anda lakukan. Ini merupakan salah satu cara untuk menghindari efek samping akibat mencukur bulu kemaluan, seperti rasa gatal dan iritasi. Tidak hanya itu, mencukur bulu kemaluan bisa menimbulkan peradangan pada pori-pori bulu atau folliculitis. Untuk menghindarinya, tahukah Anda bagaimana cara menghilangkan bulu kemaluan tanpa mencukur? Simak beragam cara menghilangkan bulu kemaluan tanpa mencukur di sini.

Cara Menghilangkan Bulu Kemaluan Tanpa Mencukur

Cara menghilangkan bulu kemaluan tanpa mencukur cukup beragam, dengan begitu Anda bisa memilih salah cara yang menurut Anda cocok dan nyaman. Sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan alat pencukur bulu. Berikut cara menghilangkan bulu kemaluan tanpa mencukur yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1. Waxing

Dengan cara waxing, Anda tidak perlu mencukur bulu kemaluan menggunakan alat cukur. Anda bisa menggunakan lapisan lilin cair hangat pada rambut di sekitar daerah kemaluan. Jangan lupa letakan kain tipis di atas lilin hingga lilin tersebut mengeras, selanjutnya Anda bisa menarik kain tersebut secara perlahan. Cara ini bisa Anda pilih agar bulu kemaluan tidak tumbuh dengan cepat, sebab dengan cara waxing bulu kemaluan bisa terangkat dari akarnya.

  1. Laser

Cara menghilangkan bulu kemaluan tanpa mencukur terbilang mahal dan membutuhkan seorang ahli untuk melakukannya. Menghilangkan bulu kemaluan dengan metode laser dilakukan dengan cara menggunakan seberkas cahaya kuat yang mampu menembus kulit. Cahaya kuat inilah yang akan menghancurkan folikel tempat bulu kemaluan tumbuh. Untuk hasil yang maksimal metode laser membutuhkan 6 sesi atau 6x1 jam.

Baca Juga: Mulai Mengganggu Penampilan? Berikut Ini Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

  1. IPL

IPL atau intense pulse light merupakan salah satu cara menghilangkan bulu kemaluan tanpa mencukur. IPL bekerja untuk menghancurkan sel yang menimbulkan tumbuhnya bulu kemaluan dengan menggunakan gelombang cahaya yang telah diubah menjadi energi panas. Cara ini cukup aman dan tidak menimbulkan efek samping. Sebelumnya seorang terapis akan memberikan gel agar Anda merasa nyaman saat proses IPL berlangsung.

  1.  Waxing Menggunakan Putih Telur

Putih telur dipercaya mampu menghilangkan bulu halus tanpa mencukur. Anda bisa mengoleskan putih telur yang telah dicampur dengan tepung jagung dan gula pada area kelamin atau di sekitar bulu kemaluan tumbuh. Jika putih telur yang Anda oleskan sudah kering, Anda bisa menariknya secara perlahan. Cara ini tidak membutuhkan biaya, namun cukup sakit dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat Anda menariknya, sehingga harus hati-hati.

  1.  Menggunakan Obat Perontok

Menghilangkan bulu kemaluan tanpa mencukur juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan obat perontok bulu. Obat perontok bulu berbentuk krim yang perlu Anda oleskan pada area tumbuhnya bulu kemaluan. Selepas itu, tunggu beberapa menit hingga krim kering dan seka krim untuk melihat hasilnya. Salah satu obat perontok yang bisa Anda gunakan adalah depilatory, dengan kandungan zat keratin, depilatory mampu merontokan bulu kemaluan.

  1.  Elektrolisis 

Elektrolisis merupakan cara menghilangkan bulu kemaluan tanpa mencukur yang bisa Anda lakukan secara alami dan sifatnya permanen. Elektrolisis dilakukan dengan elektroda berbentuk jarum untuk menghancurkan akar bulu kemaluan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, membutuhkan 25 sesi untuk menghilangkan semua akar bulu kemaluan. Biaya yang dibutuhkan pun cukup bervariasi bergantung pada jenis perawatan yang Anda pilih.

Tips Aman Menghilangkan Bulu Kemaluan

Sebelum menghilangkan bulu kemaluan, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa tips aman saat melakukannya. Berikut beberapa tips aman menghilangkan bulu kemaluan yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  • Menjaga Kebersihan

Sebelum menghilangkan bulu kemaluan, hal pertama yang harus Anda pastikan adalah kebersihan. Pastikan tangan Anda atau tangan seorang terapis telah dicuci di bawah air mengalir.

  • Gunakan Spatula yang Berbeda

Jika Anda memilih metode waxing, ganti spatula yang telah digunakan. Cara ini dilakukan agar bakteri dari spatula sebelumnya tidak berpindah ke lilin dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

  • Beri Pelembab

Setelah selesai menghilangkan bulu kemaluan, sebaiknya gunakan pelembab untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit. Anda bisa menggunakan lotion atau minyak alami yang aman digunakan di daerah kemaluan.

Itulah beberapa cara menghilangkan bulu kemaluan tanpa mencukur yang perlu Anda ketahui. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan tips aman menghilangkan bulu kemaluan agar terhindar dari iritasi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Trikhiasis, Ketika Mata Merah karena Bulu Mata

 

Sumber:

1. Watson, Kathryn. What to Do If You Need to Shave but Don’t Have a Razor. 2021.

2. Fletcher, Jenna. Best ways to remove pubic hair safely and at home. 2020.

Bagikan artikel ini