Bantuan
Free Tele x

Alternatif Cara Menghilangkan Kutil yang Bisa Dilakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Nov 2021

Bagikan

Alternatif Cara Menghilangkan Kutil yang Bisa Dilakukan

Apakah Anda tahu bagaimana alternatif cara menghilangkan kutil selain secara medis? Pada dasarnya, kutil pada kulit tidaklah menimbulkan rasa yang sakit. Akan tetapi, kutil pada kulit mungkin membuat penampilan menjadi terganggu. Oleh karena itu, beberapa orang mungkin akan mencari cara untuk dapat menghilangkannya. Lalu bagaimanakah cara menghilangkan kutil?

Apa itu kutil?

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkan kutil, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu kutil. Kutil itu sendiri merupakan penyakit yang menular dan tergolong ke dalam tumor jinak yang disebabkan oleh virus. Kondisi ini membuat adanya pertumbuhan yang berlebih pada kulit yang umumnya berbentuk seperti kembang kol. 

Human papillomavirus (HPV) merupakan penyebab utama kutil dengan cara menginfeksi lapisan kulit dan bertumbuh dengan cepat. Anda akan semakin berisiko terinfeksi virus apabila terdapat luka terbuka pada kulit. Selain itu, menyentuh orang lain yang telah terinfeksi Human papillomavirus juga dapat menularkan kutil.

Alternatif cara menghilangkan kutil

Untuk dapat menghilangkan kutil, sebenarnya terdapat beberapa cara, yaitu secara medis atau secara alami. Menghilangkan kutil melalui cara medis biasanya dengan memberikan obat cantharidin.  Beberapa kasus juga mungkin akan dilakukan dengan cara cryotherapy dan masih banyak lainnya. 

Bagi Anda yang ingin menghilangkan kutil, tetapi tidak mau menggunakan cara medis, tidak perlu khawatir karena ada alternatif lainnya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutil. Berikut ini beberapa cara menghilangkan kutil menggunakan bahan-bahan alami. 

  1. Menempelkan bawang putih pada kutil

Cara menghilangkan kutil yang bisa Anda lakukan pertama, yaitu dengan  menempelkan bawang putih. Pasalnya, di dalam bawang putih terdapat kandungan antibakteri dan antiviral yang mungkin saja dapat mengobati kutil. Cara menggunakannya, yaitu dengan mengiris bawang putih lalu tempelkan pada kulit. Namun sebelum itu, oleskan minyak zaitun pada area kutil terlebih dahulu. Langkah terakhir, yaitu menutup irisan  bawang putih yang telah ditempel menggunakan plester dan tunggu hingga esok hari.

  1. Mengoleskan lidah buaya

Anda juga bisa menggunakan lidah buaya dalam menghilangkan kutil. Hal ini karena lidah buaya sudah sangat terkenal dengan berbagai manfaatnya dalam kesehatan kulit. Dalam sebuah penelitian pernah disebukan bahwa lidah buaya mampu melawan virus Herpes simpleks tipe 1. Akan tetapi penelitian spesifik mengenai virus Human papillomavirus belum ada. Namun tidak ada salahnya untuk mencobanya. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya secara langsung dan lakukan sebanyak 3 kali setiap hari. 

  1. Mengoleskan cuka apel

Cara menghilangkan kutil pada kulit yang mengganggu selanjutnya, yaitu dengan mengoleskan cairan cuka apel. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan merendam kapas di dalam cairan cuka apel. Setelah itu, oleskan kapas yang telah terendam tersebut pada area kutil. Anda bisa membiarkannya semalaman hingga bangun di pagi hari. Namun Anda perlu memberikan perban agar kapas tersebut tidak jatuh atau bergeser saat Anda tidur. 

  1. Mengoleksan baking powder

Umumnya baking powder digunakan untuk membuat adonan kue, tetapi ternyata baking powder dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kutil. Cara menggunakannya, yaitu dengan mencampurkan minyak kastor dengan baking powder hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan pasta tersebut pada area kutil lalu biarkan semalaman. Anda juga perlu memberi perban pada area yang sedang diobati. 

  1. Pola makan sehat

Cara menghilangkan kutil yang terakhir, yaitu dengan menerapkan pola makan  sehat. Pasalnya, pola makan yang sehat akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat. Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi, yaitu kacang-kacangan, biji-bijian, sayur-sayuran, lemak, dan daging. Selain itu, Anda juga perlu menghindari konsumsi rokok, alkohol, dan makanan yang mengandung banyak lemak.

Demikianlah beberapa informasi mengenai apa itu kutil dan bagaimana alternatif cara menghilangkan kutil. Walaupun Anda menghindari pengobatan secara medis dalam menghilangkan kutil, tetapi sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak adanya masalah yang bisa ditimbulkan pada kulit dikemudian hari.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Lapisan Kulit Manusia: Memahami Struktur dan Fungsi Dari Kulit

 

Sumber:

Nunez, Kirsten. 2019. 16 Natural Home Remedies for Warts

Genital warts. 

Cross, Karen. 2018. Can you treat genital warts at home?.

Tag :
Bagikan artikel ini