Bantuan

Alami Hangover? Ini Dia Cara Menetralisir Alkohol dengan Makanan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Feb 2022

Bagikan

hangover

Cara menetralisir alkhohol diperlukan untuk mengatasi hangover karena hangover dapat menimbulkan rasa tidak nyaman selepas mengonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, hangover akan mengganggu aktivitas Anda nantinya, terlebih ketika hangover disertai dengan perasaan tidak enak badan akibat racun yang terkandung di dalam minuman beralkohol tersebut. Mari cari tahu beragam cara menetralisirnya melalui pembahasan di bawah ini.

Cara Menetralisir Alkohol dengan Hangover

Menegak minuman beralkohol seringkali menimbulkan efek tidak nyaman bagi tubuh, kondisi inilah yang dinamakan dengan hangover. Menurut penelitian dari Human Psychopharmacology menjelaskan bahwa pusing dan rasa tidak nyaman merupakan gejala hangover paling umum. Namun Anda tidak perlu khawatir karena hangover dapat dinetralisir dengan beragam cara di bawah ini.

  1. Sop Hangat

Sop hangat tentu tidak asing lagi bagi Anda yang senang mengonsumsi sayuran. Makanan yang terbuat dari beragam macam sayuran seperti kentang, buncis, wortel, seladri, dan tomat ini dikombinasikan dengan air kaldu yang lezat. Kandungan air dari sop inilah yang akan membantu mengatasi dehidrasi tubuh dan mengembalikan elektrolit di dalam darah.

  1. Telur

Cara menetralisir alkhohol selanjutnya ialah dengan mengonsumsi telur. Selain mudah dicerna, telur mengandung vitamin B12, dan asam amino seperti taurin dan sistein. Kandungan taurin dan sistein inilah yang akan merangsang kerja hati untuk membuang sejumlah sisa racun alkohol dari dalam tubuh yang kerap menimbulkan rasa pusing dan sakit kepala.

  1. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang banyak mengandung kalium dan dapat digunakan untuk mengatasi hangover selepas menegak minuman beralkohol. Ketika Anda mengalami hangover maka yang diperlukan oleh tubuh ialah zat kalium di dalam pisang.  Selain itu, pisang dipercaya dapat mengatasi gejala sakit kepala dan mengisi mineral yang hilang di dalam tubuh akibat alkohol.

  1. Salmon

Terlalu banyak minum alkohol akan membuat vitamin B-Kompleks di dalam tubuh hilang. Kehilangan vitamin B-Kompleks di dalam tubuh inilah yang menyebabkan timbulnya gejala hangover seperti lemas, pusing, dan mual. Untuk memulihkan kandungan B-Kompleks di dalam tubuh, sebaiknya konsumsi ikan salmon yang kaya akan lemak dan protein.

  1. Alpukat

Minum-minuman beralkohol dapat menghabiskan kadar kalium di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, sebaiknya konsumsi alpukat karena buah satu ini memiliki banyak kandungan kalium seperti halnya pisang. Dengan begitu gejala hangover seperti mual akan berkurang bahkan hilang. Selain itu, alpukat memiliki banyak serat, vitamin B, dan lemak sehat.

  1.  Air Putih

Alkohol merupakan cairan diuretik yang dapat membuat tubuh Anda kehilangan banyak cairan atau dehidrasi. Untuk menghindari gejala hangover, maka minumlah satu gelas air putih di sela menegak alkohol, semakin ringan rasa mabuk Anda maka akan semakin ringan juga efek hangover yang dirasakan. Asupan air putih dapat memperlambat kerja tubuh dalam menyerap alkohol.

  1.  Air Lemon

Selain air putih, minum air lemon dipercaya dapat menggantikan cairan yang hilang dari dalam tubuh atau dehidrasi. Sebelum meminumnya, tambahkan sejumput garam ke dalam jus lemon. Setelah itu, tambahkan 1 sendok makan cuka apel dan ½ sendok teh kunyit untuk memperlancar proses detoksifikasi alkohol atau penghentian asupan alkohol secara tiba-tiba di dalam organ hati.

  1.  Air Kelapa Muda

Sejak dulu, air kelapa muda dipercaya sebagai cairan yang mampu menetralisir beragam zat yang tidak diinginkan di dalam tubuh. Anda bisa menggunakan air kelapa muda untuk menetralisir alkohol karena memiliki kandungan kalium, sedikit kalori, dan natrium. Kandungan natrium di dalam kelapa muda inilah yang akan menggantikan cairan hilang di dalam tubuh selepas menegak alkohol dalam jumlah berlebihan.

Alkohol merupakan salah satu jenis minuman yang dapat mengurangi kadar air di dalam tubuh atau dehidrasi. Selain mengakibatkan dehidrasi, terlalu banyak minum alkohol dapat menimbulkan hangover atau perasaan tidak nyaman yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa gejalanya seperti mual, pusing, dan sejumlah kondisi lain yang membuat perut tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sejumlah makanan atau minuman sebagai salah satu cara menetralisasi alkhohol.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berapa Persentase Alkohol di Minuman Keras? Ketahui Jawabannya di Sini!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Streit, Lizzie. The 23 Best Hangover Foods. 2018. Available at: https://www.healthline.com/nutrition/best-hangover-foods (Accessed 20 Januari 2022).

Torrens, Kerry: How to cure a hangover. 2021. Available at: https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/how-cure-hangover (Accessed 20 Januari)

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang