Agar Fungsi Paru-Paru Tetap Terjaga, Lakukan Latihan Pernapasan Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Agar Fungsi Paru-Paru Tetap Terjaga, Lakukan Latihan Pernapasan Berikut Ini

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga fungsi paru-paru, termasuk dengan rutin melakukan latihan pernapasan. Dengan melakukan hal ini, paru-paru akan menjadi lebih sehat, sehingga dapat digunakan oleh tubuh dalam menyimpan kapasitas udara dalam jumlah yang cukup besar.

Apabila penyimpanan udara dalam paru besar, maka Anda tidak akan mudah merasa lelah dan terhindar dari berbagai penyakit seperti PPOK atau asma. Untuk itu, cobalah menjaga kesehatan organ paru-paru Anda dengan menerapkan beberapa teknik latihan pernapasan, sebagaimana yang akan dijelaskan pada pembahasan berikut. 

Teknik Latihan Pernapasan Tingkatkan Fungsi Paru-Paru

Paru-paru termasuk salah satu organ yang cukup penting dalam tubuh manusia, karena memiliki berbagai macam peran dan fungsi yang krusial bagi tubuh. Agar kapasitas dan kesehatan paru-paru ini meningkat, terapkan beberapa jenis teknik latihan pernapasan ini. 

  1. Pursed-lips breathing

Teknik latihan pernapasan yang bisa Anda lakukan pertama yaitu pursed-lips breathing. Latihan pernapasan ini sangat cocok dilakukan oleh mereka yang menderita penyakit paru obstruktif kronis. Cara melakukan latihan pernapasan ini yaitu dengan bernapas melalui hidung dan dikeluarkan melalui mulut. Pada saat Anda menghembuskan napas, lakukan selama mungkin bahkan hingga mulut mengerucut. Lakukan latihan pernapasan ini secara berulang ulang. 

  1. Latihan pernapasan diafragma

Latihan pernapasan yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu latihan pernapasan diafragma. Sesuai dengan namanya, latihan pernapasan ini akan melibatkan bagian perut dan diafragma. Untuk melakukannya, pertama-tama Anda perlu duduk santai dengan bersandar. Setelah itu, letakkan tangan Anda diperut dan didada. Kemudian tariklah napas selama dua detik melalui hidung dan rasakan udara yang masuk. Yang terakhir yaitu hembuskan napas selama dua detik melalui bibir sembari merasakan perut yang mengempis. 

  1. Numbered breathing

Pada latihan pernapasan kali ini dibutuhkan perhitungkan hingga 8 kali tanpa henti. Cara melakukannya yaitu dengan berdiri tegak dan mata tertutup. Setelah itu, tariklah napas yang dalam sembari membayangkan angka 1. Kemudian tahan beberapa detik dan dihembuskan. Lakukan hal yang sama dan membayangkan angkat selanjutnya, lakukan hingga Anda membayangkan angka 8. Latihan pernapasan ini sangat cocok untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. 

Tips untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru Lainnya

Selain rutin menerapkan teknik latihan pernapasan di atas, Anda juga dapat menjaga kesehatan paru-paru Anda dengan menerapkan beberapa tips berikut ini. 

  1. Rajin berolahraga

Rajin berolahraga adalah salah satu syarat penting demi mencapai paru-paru yang lebih sehat dan terjaga fungsinya. Dengan berolahraga secara rutin, paru-paru Anda akan lebih terbiasa untuk bekerja keras, terutama dalam kaitannya dengan fungsi untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh, dan juga mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Pada akhirnya, paru-paru akan menjadi lebih sehat dan kuat, dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang mengancam. 

  1. Menghindari polusi udara

Terus-menerus terpapar polusi udara akan membuat paru-paru Anda cepat mengalami kerusakan. Untuk itu, cobalah untuk menghindari paparan polusi dengan cara:

  • Membersihkan rumah dan perabot-perabot rumah secara rutin setiap minggunya.

  • Menjadikan rumah sebagai area bebas rokok.

  • Menjaga sirkulasi udara tetap terjaga dengan cara membuka jendela setiap hari.

  • Sebisa mungkin menghindari area lalu lintas padat, dan kalaupun termasuk harus melaluinya, kenakan masker yang dapat menyaring debu dan polusi.

  1. Menghentikan kebiasaan merokok

Selain polusi udara, sering terpapar asap rokok juga dapat membuat paru-paru Anda lebih mudah mengalami kerusakan. Selain itu, Anda juga akan lebih berisiko terkena berbagai jenis penyakit yang menyerang paru-paru, seperti PPOK, asma, hingga kanker paru. Mengapa demikian? Hal ini karena rokok mengandung banyak sekali bahan kimia berbahaya, yang dapat merusak jaringan di paru-paru. 

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai jenis teknik latihan pernapasan untuk menjaga fungsi paru-paru, serta beberapa tips lainnya yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Jika diterapkan secara rutin, beragam penyakit yang menyerang organ penting tubuh ini akan dapat dihindari. Selain itu, fungsi organ paru-paru juga akan semakin meningkat jika Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: KENALI LATIHAN PERNAPASAN METODE BUTEYKO

 

Sumber:

American Lung Association. 2020. Breathing Exercises

Whitworth, Gerhard. 2018. Breathing Exercises to Increase Lung Capacity.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi