Bantuan

Agar Berlangsung dengan Nyaman dan Aman, Ketahui Tips Membawa Bayi saat Mudik Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Apr 2022

Bagikan

tips membawa bayi saat mudik

Menjelang hari raya Idul Fitri, tips membawa bayi saat mudik adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh para orang tua. Terlebih jika sang buah hati tersayang masih berusia di bawah 12 bulan. Tentunya membutuhkan perhatian ekstra dan ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan serta tidak boleh terlewatkan.

Mengapa demikian? Bayi tentunya membutuhkan perlakuan berbeda, tidak sama halnya dengan anak usia balita hingga yang lebih besar. Oleh karena itu, para orang tua hendaknya mempersiapkan segala hal yang diperlukan selama perjalanan mudik dengan lebih teliti agar bayi tetap nyaman selama perjalanan. Jika Anda ingin mengetahui info lengkapnya, simaklah ulasan singkat berikut ini hingga tuntas.

Tradisi Mudik

Di Indonesia, momen lebaran atau hari raya Idul Fitri sangat erat kaitannya dengan kegiatan mudik. Pada momentum ini, masyarakat dari segala penjuru Nusantara beranjak pulang ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga. Adapun momen yang satu ini juga dinanti-nantikan oleh seluruh rakyat Indonesia dengan adanya hari libur yang panjang. 

Bagi orang yang sudah berkeluarga, maka kegiatan yang satu ini tentunya juga akan mengikutsertakan pasangan beserta buah hati tercinta. Terlebih jika sang buah hati masih bayi, rasanya menjadi sebuah kewajiban untuk diajak pulang ke kampung halaman agar bertemu dengan kakek serta nenek tercinta.

Oleh karena itu, penting halnya bagi para orang tua untuk mengetahui tips membawa bayi saat mudik. Jika Anda adalah salah satunya, maka ulasan singkat ini merupakan bahan bacaan yang tepat dan dapat digunakan sebagai panduan. Dengan demikian, Anda tidak perlu pusing tujuh keliling ketika mengajak bayi dalam perjalanan panjang.

Tips Membawa Bayi Saat Mudik

Berbagai jalur dan modus transportasi dimanfaatkan oleh para pemudik. Banyak yang menggunakan transportasi umum (kereta, bus, travel, dan pesawat). Namun tidak sedikit pula yang memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi dan memanfaatkan jalur darat.

Apa pun modus transportasi dan jalur yang Anda pilih, hendaknya selalu memperhatikan berbagai tips membawa bayi saat mudik. Hal ini semata-mata demi menjaga kenyamanan saat perjalanan dan tidak membuat Anda stres di tengah perjalanan. Oleh karena itu, tulisan ini menghadirkan beberapa tips yang dapat diikuti ketika membawa si kecil pulang ke kampung halaman.

  1. Memilih Waktu/Jadwal yang Tepat

Kegiatan mudik identik dengan perjalanan panjang yang melelahkan, terlebih jika menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, penting halnya bagi Anda untuk memilih jadwal yang tepat, yakni disesuaikan dengan jam tidur bayi. Akan lebih mudah bagi Anda jika bayi dapat tidur dengan tenang selama perjalanan.

  1. Mempersiapkan Konsumsi Bayi

Jangan sampai kekurangan konsumsi bagi bayi selama di perjalanan. Baik susu, snack, sereal, atau pun jenis makanan lainnya sesuai usia bayi. Jika bayi sampai merasa lapar, tentunya akan menjadi cranky bukan? Oleh karena itu, bawalah persediaan makanan dan minuman yang sekiranya cukup untuk dikonsumsi hingga sampai ke tempat tujuan.

  1. Membawa Perlengkapan Bayi

Poin yang satu ini juga wajib halnya untuk dipersiapkan. Mulai dari popok, baju ganti, bahkan hingga peralatan makan, semuanya jangan sampai ada yang terlewat. Alangkah baiknya jika mulai dicicil jauh-jauh hari dan diperiksa kembali pada H-1. Jika pirantinya sudah lengkap, maka Anda akan terhindarkan dari kerepotan di jalan.

  1. Membuat Strategi Menidurkan Bayi

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, akan jauh lebih mudah bagi Anda jika bayi menikmati tidur sepanjang perjalanan. Oleh karena itu, kuasailah berbagai strategi yang dapat membuai bayi Anda hingga tertidur lelap dan tidak terganggu selama perjalanan. Dengan demikian, Anda pun juga dapat menikmati perjalanan mudik dengan lebih tenang. 

Demikianlah berbagai tips membawa bayi saat mudik yang perlu diketahui oleh para orang tua. Jika Anda berencana mengajak sang buah hati dalam perjalanan mudik, maka pastikan bahwa segala tips yang tertuang dalam artikel ini tidak ada yang terlewatkan. Bayi merasa nyaman, perjalanan mudik pun terasa lebih menyenangkan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi

Dan Brewer, Celine. 2022. 5 Things You Must Know Before a Road Trip with Baby or Toddler. https://www.babycantravel.com/road-trip-with-baby-toddler/ 

Bagikan artikel ini